Apa Itu Cokelat Compound?

Apa Itu Cokelat Compound?

cokelat compound adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan untuk keperluan memasak, pembuatan produk bakery, maupun pastry. Kenali lebih lanjut apa itu cokelat compound di artikel ini!

Masih ada banyak sekali orang yang belum mengetahui apa itu coklat compound. Padahal, cokelat compound ini merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan untuk keperluan memasak, pembuatan produk bakery, maupun pastry.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang belum mengetahui apa itu coklat compound, maka silakan temukan jawabannya melalui artikel ini. Anda akan memahami secara lebih mendalam mengenai cokelat compound.

Apa Itu Cokelat Compound?

Cokelat compound merupakan salah satu jenis ‘cokelat’ yang paling sering digunakan dalam industri makanan. Pasalnya, cokelat compound memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan cokelat lainnya. Selain itu, cokelat compound juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari sebagai salah satu bahan baku pembuatan makanan hingga dekorasi.

Cokelat compound sendiri dibuat dengan tujuan untuk menjadi alternatif pengganti cokelat asli seperti cokelat couverture, yang di mana harganya relatif lebih mahal. Jadi, dapat dibilang bahwa cokelat compound ini bukan merupakan cokelat asli, melainkan hanya cokelat imitasi yang dibuat agar orang dari berbagai macam kalangan dapat membeli cokelat.

Walaupun begitu, cokelat compound juga tersedia dalam beragam persentase kakao di dalamnya dan dibagi menjadi tiga jenis (hitam, susu, dan putih), sama seperti cokelat couverture. Namun, cokelat compound putih bukanlah cokelat karena tidak terdapat kandungan kakao sama sekali di dalamnya.

Kandungan Cokelat Compound

Sama seperti cokelat couverture, bahan utama pembuatan cokelat compound adalah biji kakao. Namun, perbedaan antara keduanya adalah kandungan cocoa butter yang ada di dalamnya. Tidak seperti coklat asli yang mengandung cocoa butter, cokelat compound tidak mengandung cocoa butter dan menggunakan lemak nabati, seperti kelapa, kedelai, atau minyak sawit, sebagai penggantinya.

Cokelat compound tidak terlalu rumit untuk diproduksi karena tidak memerlukan proses pemanasan dan tempering yang ada dalam pembuatan cokelat couverture untuk memberikan hasil akhir yang mengkilap. Meskipun dapat ditingkatkan dengan rasa, cokelat compound tidak akan pernah mendapatkan tekstur, rasa, dan aroma yang sama dengan cokelat couverture.

4 Perbedaan Cokelat Compound dan Couverture

Ada beberapa perbedaan antara cokelat compound dan couverture selain dari bahan baku dan harganya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan cokelat compound dan couverture yang perlu Anda ketahui.

1. “Snap”

Ketika mematahkan cokelat couverture batangan, Anda akan mendengar suara “snap” yang cukup jelas karena memang tekstur dari cokelat couverture ini dapat dibilang cukup “renyah” dan berkilau. Di sisi lain, cokelat compound tidak akan memiliki “snap” tersebut karena teksturnya yang lebih “lentur” dan lengket.

2. Tempering

Tempering adalah proses memanaskan dan mendinginkan cokelat agar cokelat tersebut memiliki tekstur dan konsistensi yang sesuai untuk dicetak menjadi berbagai macam kebutuhan. Ketika ingin menggunakan cokelat couverture, Anda harus melakukan tempering terlebih dahulu. Di sisi lain, cokelat compound dapat digunakan secara langsung tanpa melalui proses tempering terlebih dahulu.

3. Rasa di Mulut

Ketika memasukkan cokelat couverture ke dalam mulut, cokelat couverture tersebut akan meleleh di mulut karena kandungan cocoa butter di dalamnya. Selain itu, cokelat couverture juga akan meninggalkan aftertaste cokelat yang lebih lembut, lebih kuat, dan bertahan lebih lama.

Sebaliknya, ketika dimasukkan ke dalam mulut, cokelat compound akan meninggalkan rasa berminyak di mulut karena mengandung lemak nabati, bukan cocoa butter. Aftertaste dari cokelat compound juga tidak sekuat cokelat couverture, Anda hanya akan merasakan sedikit rasa cokelat saja dan akan segera menghilang setelah beberapa saat.

4. Kegunaan

Dari segi kegunaan, karena rasanya yang lebih kaya dan teksturnya yang lebih lembut dan mengkilap, cokelat couverture sering digunakan oleh para profesional untuk dijadikan sebagai bahan untuk dipping, coating, dan lain sebagainya. Selain itu, cokelat couverture juga biasa digunakan dalam kue atau suguhan cokelat berkualitas tinggi.

Di sisi lain, Anda akan menemukan cokelat compound lebih sering digunakan dalam cokelat tiruan atau dalam produk cokelat berkualitas rendah. Walaupun begitu, cokelat compound juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat dekorasi, terutama dekorasi yang kompleks.

4 Keunggulan Cokelat Compound

Meskipun merupakan alternatif yang lebih murah dengan kualitas yang lebih rendah daripada cokelat couverture, tetapi cokelat compound tetap memiliki beberapa keunggulannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan coklat compound yang perlu Anda ketahui.

1. Lebih Mudah Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cokelat compound dapat langsung digunakan untuk berbagai macam keperluan. Jadi, Anda tidak perlu repot melewati proses tempering terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya. Anda hanya perlu mencairkannya saja dan gunakan cokelat compound tersebut untuk berbagai keperluan.

Berkat kemudahan penggunaannya, cokelat compound ini sangat cocok untuk digunakan pemula yang ingin mencoba berbagai macam resep maupun dekorasi. Pastikan saja Anda menggunakan cokelat compound dengan kualitas yang baik agar hasil akhirnya juga tetap bagus dan tidak terlihat murahan.

2. Tidak Mudah Meleleh

Cokelat couverture sangat rentan dan sensitif terhadap banyak hal, terutama suhu udara. Di sisi lain, cokelat compound ini tidak mudah meleleh dan bisa lebih tahan terhadap suhu yang lebih tinggi. Cokelat compound ini memiliki titik leleh yang cukup tinggi, yaitu pada suhu 40oC. Jadi, Anda dapat menyimpan cokelat compound pada suhu ruangan tanpa meleleh.

Cokelat compound juga akan lebih cocok digunakan untuk dekorasi, terutama dekorasi yang kompleks, karena dapat bertahan pada suhu ruangan dengan lebih lama. Anda tidak perlu segera memasukkannya ke pendingin seperti dekorasi yang dibuat dari cokelat couverture..

3. Lebih Fleksibel Saat Diolah

Anda dapat melakukan pengolahan cokelat compound di suhu ruangan saja. Jadi, Anda tidak perlu berada di dalam ruangan yang memiliki pendingin atau ruangan khusus untuk mengolahnya, tidak seperti cokelat couverture yang harus diolah di dalam ruangan yang dingin. Pastikan saja ruangan tempat Anda mengolah cokelat compound memiliki suhu yang stabil dan tidak langsung terkena cahaya matahari.

4. Harga yang Lebih Terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga cokelat compound ini relatif lebih terjangkau daripada cokelat couverture. Hal tersebut memang karena cokelat compound tidak menggunakan lemak cokelat melainkan minyak sayur. Oleh karena harganya yang relatif lebih terjangkau, cokelat compound sangat cocok digunakan dalam melakukan eksperimen ketika memasak, terutama baking.

Apakah Anda sekarang sudah memahami apa itu coklat compound? Jika Anda membutuhkan cokelat compound untuk bisnis kuliner, silakan kunjungi KioskCokelat sekarang juga untuk melihat jajaran produk yang kami tawarkan. Ada banyak sekali jenis cokelat yang tersedia, mulai dari Compound, Couverture, dan masih banyak lagi.