3 Cara Membuat Cokelat Coating untuk Kue

3 Cara Membuat Cokelat Coating untuk Kue

Cara membuat coklat coating sebenarnya cukup mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dari cokelat koin maupun cokelat batangan. Mari simak selengkapnya!
2 Cara Membuat Pasta Coklat Sendiri Membaca 3 Cara Membuat Cokelat Coating untuk Kue 6 menit Selanjutnya Apa Saja Kegunaan Coklat?

Cara membuat coklat coating sebenarnya cukup mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dari cokelat koin maupun cokelat batangan. Ketika membuat kue, Anda memang harus melakukan coating terlebih dahulu saat kuenya sudah jadi dan sebelum melakukan dekorasi pada kue tersebut.

Melalui artikel ini, Anda dapat mendapatkan penjelasan lengkap mengenai cara membuat coklat coating yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda memahami apa itu coating terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Coating?

Coating adalah proses melapisi atau menyelimuti berbagai macam jenis makanan dengan bahan tertentu. Seperti namanya, cokelat coating berarti adalah cokelat yang digunakan untuk melapisi atau menyelimuti sebuah makanan. Biasanya, coating dilakukan untuk sekadar menambah rasa dari makanan tersebut, tetapi ada juga beberapa makanan yang harus dilakukan coating selama proses pembuatannya.

Seorang baker pasti akan melakukan coating terlebih dahulu kepada kue yang dibuatnya sebelum mulai mendekorasinya. Coating pada kue tidak hanya berguna untuk menambah rasanya saja, tetapi juga untuk melindungi kue agar tidak mudah rusak dan mempermudah proses dekorasi yang dilakukan.

Anda dapat menggunakan berbagai jenis cokelat untuk dijadikan sebagai coating, mulai dari cokelat compound hingga cokelat couverture, baik itu yang berbentuk batangan maupun yang berbentuk koin. Pastikan saja untuk membuat cokelat coating tersebut dengan benar agar hasilnya maksimal.

3 Cara Membuat Cokelat Coating Untuk Kue

Ketika membuat kue, Anda perlu melakukan coating setelah kuenya jadi dan sebelum memulai proses dekorasi. Hal ini berguna untuk melindungi kue agar tidak rusak dan mempermudah proses dekorasi yang akan dilakukan.

Apabila Anda ingin melakukan coating dengan cokelat tetapi tidak memiliki bahan cokelat coating, Anda dapat menggunakan ganache saja. Ada dua cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat cokelat ganache, yaitu melalui metode panas dan metode dingin.

Sebelum mulai membuatnya, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, antara lain:

Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang baik agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, berikut ini adalah dua metode pembuatan ganache untuk dijadikan sebagai cokelat coating.

1. Ganache Metode Panas

Untuk membuat adonan cokelat coating menggunakan metode panas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan mangkuk, masukkan potongan cokelat atau koin cokelat ke dalamnya.
  2. Siapkan panci di atas kompor, tuangkan dairy cream ke dalamnya.
  3. Panaskan dairy cream pada suhu 90 derajat Celcius.
  4. Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk berisi cokelat. Aduk hingga cokelat meleleh dan tercampur rata dengan dairy cream.
  5. Tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat coating. Aduk menggunakan hand blender.
  6. Masukkan mentega lunak ke dalam adonan cokelat coating. Aduk kembali menggunakan hand blender agar adonan cokelat coating dapat ter-emulsify dengan baik.

2. Ganache Metode Dingin

Untuk membuat adonan cokelat coating menggunakan metode dingin, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Lelehkan cokelat, dan masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Siapkan panci di atas kompor, tuangkan dairy cream ke dalamnya.
  3. Panaskan dairy cream pada suhu 40 derajat Celcius.
  4. Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi lelehan cokelat. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat coating. Aduk menggunakan hand blender hingga tercampur rata.
  6. Masukkan mentega lunak ke dalam adonan cokelat coating. Aduk kembali menggunakan hand blender agar adonan cokelat coating dapat ter-emulsify dengan baik.

Apabila Anda membutuhkan penjelasan langkah-langkah pembuatannya secara visual, kunjungi video berikut ini: Cara Membuat Cokelat Ganache yang Sempurna

3. Chocolate Coating Mudah

Selain cara di atas, Anda juga dapat membuat cokelat coating dengan cara di bawah ini. Persiapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Cokelat compound, dipotong-potong hingga kecil
  • Minyak, dengan pilihan: sunflower seed oil, vegetable oil, atau grapeseed oil (minyak yang tidak beraroma)

Setelah seluruh bahan telah disiapkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Lelehkan cokelat.
  2. Setelah meleleh, campurkan cokelat dengan minyak. Perbandingan cokelat dan minyak adalah 3:1, yaitu 3 bagian cokelat dan 1 bagian minyak.

Mudah, kan?

3 Tips Menggunakan Cokelat Coating

Setelah adonan cokelat coating berhasil dibuat, ada beberapa tips yang dapat berguna ketika Anda hendak menggunakannya pada kue. Berikut ini adalah tips menggunakan cokelat coating pada kue.

1. Pastikan Lapisan Kue Sudah Dingin

Sebelum melakukan coating pada lapisan kue, Anda harus memastikan bahwa lapisan kue tersebut sudah dingin atau setidaknya sudah berada pada suhu ruangan. Jika Anda melapisi cokelat coating pada lapisan kue yang masih hangat, maka sudah pasti cokelat tersebut akan meleleh dan tidak menempel dengan sempurna.

Apabila Anda memiliki waktu, sebaiknya tunggu hingga lapisan kue benar-benar dingin terlebih dahulu. Ketika lapisan kue sudah dingin, adonan cokelat coating yang digunakan untuk melapisi kue tersebut dapat menempel dengan sempurna, serta mengurangi risiko pecah atau merusak kue ketika proses coating dilakukan.

2. Ratakan dan Sejajarkan Kue

Akan jauh lebih mudah melakukan proses coating jika lapisan kue sudah rata dan sejajar. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan pisau untuk memotong bagian lapisan kue, baik yang di atas maupun samping, yang tidak rata. Selain itu, pastikan juga bagian samping kue sejajar jika Anda membuat kue yang disusun.

3. Masukkan Kue ke Dalam Pendingin

Setelah proses coating selesai dilakukan, Anda harus langsung memasukkannya ke dalam pendingin agar adonan cokelat coating yang digunakan dapat membeku dan menempel dengan sempurna. Jika tidak didinginkan, kemungkinan adonan cokelat akan meleleh atau mudah pecah ketika proses dekorasi dilakukan.

Pilihlah Cokelat yang Berkualitas dari Kiosk!

Apabila Anda membutuhkan cokelat untuk keperluan bisnis makanan, baik itu untuk keperluan resep maupun dekorasi, gunakan cokelat berkualitas dari KioskCokelat saja. Kami menyediakan berbagai macam jenis cokelat, mulai dari Tulip Choco Chunks, Embassy Equatorial Blend, dan berbagai macam jenis cokelat compound dan cokelat couverture lainnya. Jika tertarik, yuk langsung sajai berbelanja di sini.