2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

Apakah Anda sedang mencari coklat bubuk untuk minuman? Cokelat bubuk memang merupakan salah satu produk cokelat yang sangat serbaguna.

Mari cari tahu pilihan cokelat bubuk terbaik untuk minuman sekaligus tips menggunakannya. 

Kenali Hari Cokelat Sedunia dan Sejarahnya Membaca 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman 5 menit Selanjutnya 4 Kegunaan Cokelat Bubuk untuk Kue

Apakah Anda sedang mencari coklat bubuk untuk minuman? Cokelat bubuk memang merupakan salah satu produk cokelat yang sangat serbaguna. Selain untuk minuman, cokelat bubuk juga memiliki banyak kegunaan lain seperti untuk bahan utama pembuatan masakan atau sebagai topping.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara lebih dalam mengenai apa itu cokelat bubuk. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai coklat bubuk untuk minuman serta beberapa rekomendasi cokelat bubuk yang dapat Anda gunakan. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Bubuk?

cocoa powder

Cokelat bubuk adalah bentuk bubuk dari padatan kakao kering (dry cocoa solid). Cokelat bubuk memiliki rasa cokelat yang sangat kaya karena memang 100% murni hanya memiliki kandungan kakao di dalamnya. Oleh karena itu, cokelat bubuk yang asli itu asam dan memiliki rasa yang sangat pahit.

Sebagai informasi tambahan, padatan kakao kering adalah komponen biji kakao yang tersisa setelah lemak kakao (komponen lemak yang ada di dalam biji kakao), diekstraksi atau dipisahkan dari chocolate liquor, yang merupakan biji kakao yang sudah dipanggang di bawah sinar matahari dan telah digiling hingga menjadi bentuk cair. Chocolate liquor sendiri mengandung lemak kakao dan padatan kakao yang sama rata atau 50:50.

Cokelat bubuk sendiri merupakan bahan utama pembuatan cokelat compound, kecuali cokelat putih yang memang tidak menggunakan cokelat sama sekali. Berbeda dengan cokelat couverture yang menggunakan lemak kakao, cokelat compound hanya menggunakan cokelat bubuk dan lemak nabati sebagai pengganti dari lemak kakao.

Biasanya, cokelat bubuk sering digunakan untuk membuat minuman cokelat atau beberapa jenis kue yang tidak dipanggang. Selain itu, cokelat bubuk juga sering digunakan sebagai topping untuk minuman atau makanan. Cokelat bubuk sendiri memiliki dua jenis varian, yaitu yang dibuat menggunakan proses alami (Broma process) atau Dutch process.

Baca juga: 9 Jenis Coklat dan Fungsinya

Cokelat Bubuk Alami

Cokelat bubuk alami diekstraksi dengan menggunakan proses Broma di mana setelah lemak kakao dihilangkan dari chocolate nibs atau chocolate liquor, biji kakao kering yang tersisa lalu akan digiling hingga menjadi cokelat bubuk. Kemudian, cokelat bubuk tersebut dapat langsung dijual kepada konsumen untuk digunakan sebagai bahan masakan.

Cokelat bubuk yang diproses secara alami memiliki warna cokelat yang lebih muda dan pH yang dapat diekstraksi dari 5,3 hingga 5,8. Karena keasamannya, cokelat bubuk alami sering digunakan dalam resep masakan yang menggunakan soda kue sebagai salah satu bahannya. Hal tersebut untuk menetralkan keasamannya dan menciptakan karbon dioksida dapat membantu adonan kue naik atau mengembang.

Cokelat Bubuk Dutch Process

Cokelat bubuk Dutch process, atau Dutched cocoa, adalah bubuk kakao yang telah diolah dengan zat alkali untuk mengubah warnanya, menetralkan pH (keasamannya), dan memberikan rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan "kakao alami". Cokelat bubuk Dutch process merupakan dasar untuk banyak sekali camilan cokelat modern, dan biasa digunakan dalam es krim, cokelat panas, dan kue.

Proses alkalisasi yang dilakukan pada cokelat bubuk ini dapat mengurangi rasa pahit dan meningkatkan kelarutan, yang mana sangat penting untuk diaplikasikan pada produk minuman. Agen alkali yang digunakan pada Dutch process bervariasi, tetapi yang biasanya digunakan adalah kalium karbonat atau natrium karbonat.

Baca juga: Apa Saja Kegunaan Cokelat?

2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

Cokelat bubuk merupakan produk cokelat yang memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya untuk minuman. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan coklat bubuk untuk minuman.

1. Diseduh Langsung

Cara terbaik menggunakan coklat bubuk untuk minuman adalah dengan menyeduhnya dan menjadikannya minuman cokelat. Anda dapat menyajikan minuman cokelat dalam kondisi panas maupun dingin, sesuaikan saja dengan kesukaan masing-masing (atau cuaca). Selain itu, minuman cokelat juga sangat cocok untuk disajikan sebagai minuman di kafe atau restoran karena sangat banyak konsumen yang menyukainya.

2. Dijadikan Sebagai Topping

Apabila ingin memanfaatkan cokelat bubuk untuk keperluan lain selain minuman, Anda juga dapat menggunakannya sebagai topping. Rasa cokelat yang sangat kaya dari cokelat bubuk dapat menambah cita rasa dari berbagai minuman menjadi lebih nikmat dan lezat. Anda dapat coba menambahkan cokelat bubuk pada jus alpukat, susu, atau bahkan yogurt.

Baca juga: 5 Ide Cemilan Dari Cokelat yang Laris Dijual

2 Pilihan Cokelat Bubuk Terbaik untuk Kreasi Anda

Apabila Anda ingin langsung menggunakan cokelat bubuk untuk membuat minuman, baik itu untuk konsumsi pribadi maupun dijual di kafe atau restoran, KioskCokelat memiliki banyak sekali rekomendasi terbaik. Berikut ini adalah beberapa pilihan cokelat bubuk terbaik untuk kreasi masakan Anda.

1. Tulip Cioccolato

tulip cioccolato

Tulip Cioccolato adalah minuman cokelat bubuk premium yang dapat Anda seduh langsung. Cokelat bubuk ini terbuat dari kakao mass yang berkualitas, susu full cream, serta gula. Jika ingin menyajikannya, Anda cukup mencampurkan Tulip Cioccolato dengan air panas, dan minuman cokelat hangat pun sudah siap dinikmati.

Tidak hanya disajikan secara panas, Tulip Cioccolato juga dapat dihidangkan secara dingin. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai minuman penutup. Selain itu, Tulip Cioccolato juga dapat ditambahkan ke berbagai adonan kue, seperti cupcake, kue bolu, adonan brownies, dan masih banyak lagi untuk memperkaya rasanya.

2. Tulip Noir Cocoa Powder

tulip noir

Tulip Noir Cocoa Powder adalah produk cokelat bubuk premium yang terbuat dari padatan cokelat dengan kualitas terbaik. Dengan kandungan lemak sebesar 10-12 persen, Tulip Noir Cocoa Powder dapat memberikan tekstur dan cita rasa cokelat yang kaya dan intens.

Tulip Noir Cocoa Powder memiliki warna yang hitam pekat, sangat cocok digunakan untuk menambah kesan yang elegan jika dijadikan sebagai topping. Selain itu, Tulip Burgundy Cocoa Powder juga dapat digunakan untuk membuat saus dipping, frosting, glaze, dan sirup.

Apabila Anda sedang mencari coklat bubuk untuk minuman, KioskCokelat menyediakan berbagai jenis cokelat bubuk yang dapat Anda beli secara langsung melalui website kami. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, klik di sini!