Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

Coklat compound untuk apa? Pada dasarnya, cokelat compound adalah alternatif yang lebih murah dari cokelat asli seperti couverture. Jadi, semua yang dapat dilakukan oleh cokelat couverture, maka Anda juga dapat melakukannya dengan kualitas yang lebih rendah menggunakan cokelat compound.

Coklat compound untuk apa? Pada dasarnya, cokelat compound adalah alternatif yang lebih murah dari cokelat asli seperti couverture. Jadi, semua yang dapat dilakukan oleh cokelat couverture, maka Anda juga dapat melakukannya dengan kualitas yang lebih rendah menggunakan cokelat compound.

Lantas, cokelat compound untuk apa saja sih? Sebelum menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, Anda dapat membaca penjelasan lebih dalam mengenai cokelat compound terlebih dahulu di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Compound?

Cokelat compound adalah salah satu ‘cokelat’ yang paling sering digunakan di dalam industri makanan seperti bakery, confectionary, dan lain sebagainya. Cokelat compound sendiri dibuat sebagai alternatif dari cokelat asli seperti couverture dan merupakan cokelat imitasi yang dijual dengan harga lebih murah karena terbuat dari bahan dasar yang lebih murah pula.

Sama seperti cokelat asli, bahan utama dari cokelat compound berasal dari biji kakao. Namun, perbedaan paling mendasar dari keduanya adalah kandungan cocoa butter di dalamnya. Berbeda dengan cokelat asli yang memiliki kandungan cocoa butter, cokelat compound tidak mengandung cocoa butter dan menggunakan lemak nabati, seperti minyak kelapa, kedelai, atau sawit, sebagai pengganti dari cocoa butter.

Banyak merek cokelat memilih untuk mengganti cocoa butter dengan lemak nabati untuk mengurangi biaya karena harga bahan-bahan seperti minyak kelapa jauh lebih murah daripada cocoa butter asli. Cokelat compound juga tidak terlalu rumit untuk diproduksi karena tidak memerlukan proses pemanasan dan pendinginan (tempering) yang hati-hati untuk memberikan hasil akhir yang mengkilap. Meskipun dapat ditingkatkan dengan perasa, cokelat compound tidak akan pernah bisa mendapatkan tekstur, rasa, dan aroma yang sama seperti cokelat asli.

Cokelat compound juga tersedia dalam berbagai persentase kakao di dalamnya dan terbagi menjadi tiga jenis (dark, milk, dan white), sama seperti cokelat asli. Cokelat compound yang dark dan milk mengandung beberapa cocoa solid, meskipun seringkali sudah dalam bentuk cocoa powder daripada chocolate liquor. Di sisi lain, cokelat compound yang white pada dasarnya bukan cokelat, melainkan kombinasi dari gula, lemak nabati, susu, dan pengemulsi.

Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

Pada dasarnya, cokelat compound dapat digunakan sebagai pengganti dengan kualitas yang lebih rendah dari cokelat couverture. Jadi, apa pun yang dapat dibuat atau dilakukan menggunakan cokelat couverture, Anda juga dapat menggunakan cokelat compound untuk hal yang sama.

Bahan-bahan yang lebih murah di dalam cokelat compound membuatnya lebih terjangkau untuk dibeli. Itu berarti banyak merek makanan ringan atau manisan komersial menggunakan cokelat imitasi ini daripada cokelat asli berkualitas tinggi untuk memproduksi produk cokelat murah secara massal bagi konsumen.

Selain lebih murah untuk dibeli, cokelat compound juga dapat memberikan produsen lebih banyak fleksibilitas. Jumlah minyak atau lemak yang ditambahkan ke dalam campuran cokelat compound dapat mengubah sifat cokelatnya. Keserbagunaan ini menjadikannya pilihan yang populer untuk memasak dan memanggang.

Sebagai contoh, coating cokelat yang digunakan untuk menghias kue cenderung terbuat dari cokelat compound karena akan teksturnya lebih cepat mengeras untuk membentuk. Selain itu, cokelat compound juga tidak akan cepat meleleh, menjadikannya sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama dekorasi cokelat.

Beberapa pembuat manisan cokelat lebih suka menggunakan cokelat compound untuk desain cetakan atau cangkang karena bisa digunakan langsung tanpa harus melakukan tempering terlebih dahulu. Cokelat compound juga sering digunakan sebagai filling untuk isian roti, permen, dan bahkan biskuit.

3 Keunggulan Menggunakan Cokelat Compound

Walaupun merupakan alternatif yang lebih murah dengan kualitas lebih rendah dibandingkan cokelat asli, cokelat compound memiliki keunggulannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari cokelat compound.

  1. Lebih Mudah Digunakan

Jika Anda ingin menggunakan cokelat asli seperti couverture untuk berbagai macam kebutuhan, cokelat tersebut harus melalui proses tempering terlebih dahulu agar hasil akhirnya dapat bagus. Tidak seperti cokelat asli, cokelat compound dapat langsung dicairkan dan digunakan tanpa harus melakukan tempering terlebih dahulu.

Berkat kemudahan penggunaannya tersebut, cokelat compound ini sangat cocok digunakan oleh pemula. Jika Anda ingin memulai hobi memasak, terutama baking, dan membutuhkan cokelat sebagai salah satu bahannya, maka sebaiknya Anda menggunakan cokelat compound ini terlebih dahulu sebelum menggunakan cokelat asli.

  1. Tidak Mudah Meleleh

Berbeda dengan cokelat asli yang sangat rentan dan sensitif terhadap banyak hal, terutama suhu udara, cokelat compound ini tidak mudah meleleh dan dapat lebih tahan terhadap panas. Pada dasarnya, cokelat compound ini memiliki titik leleh (melting point) yang cukup tinggi, yaitu pada suhu 40oC. Jadi, Anda dapat menyimpan cokelat ini di suhu ruang tanpa meleleh.

Cokelat compound juga akan lebih cocok digunakan untuk dekorasi dalam beberapa kebutuhan khusus, seperti untuk membuat cetakan. Tidak seperti dekorasi dari cokelat asli yang harus langsung dimasukkan ke dalam pendingin agar tidak meleleh, Anda dapat menyimpan dekorasi cokelat compound di dalam suhu ruang lebih lama. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru ketika selesai melakukan dekorasi.

  1. Lebih Fleksibel Ketika Diolah

Ketika mengolah cokelat compound, Anda dapat melakukannya di ruangan yang tidak memiliki AC sekali pun. Berbeda dengan cokelat asli yang harus diolah di dalam ruangan dingin agar lebih mudah digunakan, Anda dapat mengolah cokelat compound di ruangan apa pun selama suhu ruangan yang digunakan stabil.


Jika tertarik untuk mendapatkan cokelat compound maupun cokelat asli seperti couverture, Anda dapat menemukannya di KioskCokelat. Selain kedua jenis cokelat tersebut, masih ada banyak sekali produk cokelat yang dapat Anda temukan. Jika ada pertanyaan seputar produk kami, Anda dapat klik di sini.