5 Kegunaan Coklat Putih yang Wajib Diketahui

5 Kegunaan Coklat Putih yang Wajib Diketahui

Kegunaan cokelat putih sangatlah beragam, dimulai dari bahan dasar hidangan, bahan dekorasi, hingga bahan minuman. Cari tahu cara mengolahnya bersama Kiosk!

Cokelat hitam dan cokelat susu memang sering digunakan untuk membuat berbagai kreasi hidangan. Namun, pernahkah Anda menemukan hidangan yang memanfaatkan cokelat putih? Banyak sekali kegunaan coklat putih dalam dunia kuliner yang jarang disadari oleh pengusaha kuliner. 

Cobalah memaksimalkan penggunaan cokelat putih agar menu hidangan bisnis Anda makin bervariasi. Bagaimana caranya? Simak artikel ini untuk mengenal lebih dalam tentang cokelat putih dan kegunaannya.

Mengenal Cokelat Putih

Cokelat putih (white chocolate) memiliki tampilan berwarna putih gading yang pucat. Proses pengolahan cokelat putih biasanya membutuhkan bahan berupa mentega kakao, susu, gula, dan vanila dan dipadatkan pada suhu 25°C. Sama seperti cokelat susu dan cokelat hitam, produk cokelat putih tersedia dalam dua jenis, yaitu cokelat compound dan cokelat couverture.

Cokelat putih pada dasarnya bukanlah sebuah cokelat, malahan hanya dianggap sebagai manisan atau permen. Mengapa? Cokelat putih tidak memiliki kandungan cocoa mass (padatan kakao) seperti cokelat hitam atau cokelat susu, hanya mengandung cocoa butter (mentega kakao).

Anda dapat mengolah cokelat putih menjadi berbagai hidangan dengan tampilan dan bentuk yang bervariasi. Cokelat putih dapat diberi bahan pewarna atau dilelehkan sehingga menjadi bahan dekorasi yang indah untuk kreasi hidangan Anda.

Perbedaan Cokelat Putih dengan Cokelat Biasa

Sekilas dijelaskan bahwa cokelat putih tidak memiliki kandungan kakao yang sama seperti cokelat susu ataupun cokelat hitam. Apabila dua cokelat tersebut memiliki kandungan cocoa mass dan cocoa butter, cokelat putih tidak mengandung keduanya.

Kandungan utama pada cokelat putih hanya berupa cocoa butter dan susu, kadang-kadang ditambahkan lesitin sebagai pengemulsi produk cokelat. Cocoa mass dan cocoa butter merupakan salah satu jenis chocolate liquor yang termasuk dalam salah satu olahan turunan cocoa nibs

Cocoa mass menambah cita rasa pada produk cokelat sehingga lebih lezat, sedangkan cocoa butter membuat produk cokelat lebih terasa meleleh saat disantap. Cocoa butter sebenarnya tidak memiliki rasa yang enak, sehingga cokelat putih membutuhkan bahan perisa seperti gula dan vanila. Tidak heran produk ini memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada dua jenis cokelat lainnya.

Secara tampilan, warna cokelat putih memang lebih terang daripada cokelat biasa. Alasannya, kandungan susu pada produk ini lebih mendominasi sehingga memengaruhi warna cokelatnya. Tekstur cokelat putih pun lebih ringan dan creamy sehingga lebih mudah diolah.

5 Kegunaan Coklat Putih dalam Dunia Kuliner

Penggunaan cokelat putih sebagai bahan makanan sebenarnya hampir sama seperti cokelat biasa. Silakan lihat daftar di bawah ini jika Anda sedang mencari inspirasi untuk mengolah cokelat putih.

1. Bahan Dasar Hidangan

Banyak sekali menu yang dapat dibuat dari cokelat putih, baik kue, desserts, maupun snack lainnya. Contohnya, truffle cokelat putih, white chocolate mousse, atau white chocolate cheesecake cups. Menariknya, Anda dapat menambahkan buah apa pun untuk meningkatkan cita rasa hidangan agar lebih manis dan lezat disantap.

2. Dekorasi

Bosan dengan tampilan kue tart serba cokelat? Cobalah menghias kue Anda menggunakan Tulip Decor White Compound Chocolate. Produk cokelat ini lazim digunakan sebagai topping kue kering. Contoh dekorasi lainnya bisa berupa buttercream, atau frosting. Tambahkan juga variasi topping lainnya supaya hidangan Anda makin terlihat berwarna.

3. Isian (Filling)

Tidak ada yang bisa menggantikan cokelat sebagai isian paling lezat untuk hidangan, termasuk cokelat putih. Anda dapat menggunakan cokelat putih sebagai isian yang lumer untuk produk kue, pastries, bahkan truffle.

4. Pelapis

Cokelat putih bisa digunakan untuk melapisi hidangan seperti donat, kue tart, dan cake pops. Apabila Anda membuat kue tart, gunakan saja Cokelat Putih Embassy Zen yang sudah diolah menjadi buttercream sebagai pelapisnya agar tampilannya lebih estetik saat dipotong.

5. Bahan Minuman

Cokelat putih pun bisa digunakan untuk membuat minuman. Anda bisa membuat minuman cokelat putih hangat atau dingin yang terinspirasi oleh gerai kopi tersohor di Indonesia. Kreasikan juga hidangannya supaya Anda mampu menghadirkan minuman autentik, contohnya menambahkan kayu manis ataupun cokelat bubuk.

4 Tips Menggunakan Cokelat Putih untuk Kreasi Anda

Banyak sekali kreasi yang dapat dibuat dari cokelat putih, bukan? Proses pengolahan cokelat putih pun tidak terlalu rumit sehingga Anda lebih leluasa menggunakan bahan ini. Namun, ada baiknya Anda menerapkan beberapa tips di bawah ini supaya makin kreatif dalam mengolah cokelat putih.

1. Tambahkan Pewarna atau Perisa

Rasanya hampa apabila dekorasi hidangan Anda hanya didominasi cokelat putih, bukan? Anda pun dapat menambah bahan lainnya seperti snack, kacang-kacangan, atau buah daripada bahan pewarna supaya hidangan terlihat lebih lezat, cantik, dan bewarna sekaligus. Ide ini memang simpel, tetapi mampu meningkatkan value hidangan Anda.

2. Buat Dekorasi yang Kreatif

Cokelat putih akan membuat tampilan hidangan Anda terlihat lebih kreatif dan cantik. Salah satunya, Anda bisa menghasilkan pola marble apabila dikombinasikan dengan cokelat hitam. Anda pun dapat menggunakan cokelat ini sebagai dripping untuk menu cake pops atau kue kering. Banyak sekali inspirasi dekorasi hidangan cokelat putih yang dapat dicari di internet dan pastinya bisa Anda coba.

3. Campur dengan Krim dan Susu

Paduan cokelat putih, krim, dan susu akan menghasilkan ganache yang lezat dan creamy. Anda dapat menggunakan krim, susu, atau campuran dua bahan tersebut. Bagaimana caranya? 

Potong dahulu Tulip White Compound Chocolate kecil-kecil, kemudian letakkan ke dalam mangkuk. Di mangkuk terpisah, panaskan susu atau krim dan tuangkan ke dalam mangkuk berisi cokelat jika sudah mendidih. Tutup mangkuk dan diamkan, kemudian aduk sampai mengental.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan cokelat putih sebagai hidangan. Jangan ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lima kegunaan coklat putih yang telah disebutkan di atas. Yang paling penting, gunakan bahan cokelat dari Tulip Chocolate dan Embassy untuk menghadirkan hidangan lezat nan berkelas. Hubungi KioskCokelat untuk mendapatkan produk cokelat putih terbaik dan mulailah berkreasi membuat hidangan yang sedap dan mampu menggugah selera pelanggan Anda.