Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

Kandungan dalam cokelat memang akan berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Biasanya, kandungan tersebut juga yang akan membedakan harga dari cokelat. Simak di sini!

Kandungan dalam cokelat memang akan berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Biasanya, kandungan tersebut juga yang akan membedakan harga dari cokelat; makin banyak kandungan kakao yang terdapat di dalam cokelat, maka akan makin mahal harga dari cokelat tersebut.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara mendalam mengenai apa saja jenis-jenis cokelat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai apa saja kandungan dalam cokelat dari setiap jenisnya. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Jenis-Jenis Cokelat

jenis cokelat

Cokelat dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu cokelat couverture dan cokelat compound. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Cokelat Couverture

Cokelat couverture merupakan jenis cokelat yang asli, berbeda dengan cokelat compound. Biasanya, cokelat couverture akan memiliki kandungan lemak kakao minimal 32 hingga 39 persen. Berkat kandungan lemak kakao yang lebih banyak, cokelat couverture harus melalui proses tempering terlebih dahulu sebelum digunakan.

Cokelat couverture sendiri memiliki tampilan yang lebih berkilau, tekstur yang lebih lembut, serta akan memiliki ‘snap’ yang lebih kencang ketika dipatahkan, apalagi jika sudah melalui proses tempering yang tepat. Hal tersebut membuat cokelat couverture sering digunakan oleh profesional untuk membuat hidangan cokelat dengan rasa yang lebih nikmat dan dekorasi cokelat yang lebih indah.

Ketika membeli cokelat couverture, biasanya Anda akan melihat sebuah persentase pada kemasannya. Persentase tersebut mengacu pada kandungan kakao secara keseluruhan yang ada pada cokelat tersebut, biasanya didasarkan pada kombinasi lemak kakao dan kakao massa. 

Ada banyak varian dari cokelat couverture yang dapat Anda temukan, tetapi biasanya hanya ada dua varian yang paling umum, yaitu dark dan milk. Cokelat couverture sendiri memang tidak memiliki varian milk chocolate seperti jenis cokelat lainnya.

Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture

2. Cokelat Compound

Cokelat compound merupakan salah satu jenis cokelat yang paling banyak ditemukan dan sering digunakan untuk berbagai macam bahan di industri makanan, terutama yang dibuat secara massal. Pasalnya, cokelat compound memang memiliki harga yang relatif lebih murah daripada cokelat couverture, serta dapat langsung digunakan tanpa melalui proses tempering terlebih dahulu.

Di atas dijelaskan bahwa cokelat couverture merupakan cokelat yang ‘asli’ dan berbeda dengan cokelat compound. Hal tersebut karena cokelat compound tidak memiliki kandungan kakao yang besar, terutama tidak memiliki kandungan lemak kakao di dalamnya. Biasanya, cokelat compound akan menggunakan lemak nabati (seperti minyak kelapa sawit) sebagai pengganti lemak kakao.

Cokelat compound memang dibuat sebagai alternatif dari cokelat couverture yang harganya lebih mahal karena kandungan kakao yang besar di dalamnya. Kakao sendiri memang merupakan sebuah bahan yang harganya mahal. Jadi, cokelat compound merupakan cokelat imitasi yang dibuat agar orang-orang dari berbagai kalangan dapat menikmati cokelat dengan mudah dan murah.

Cokelat compound memiliki banyak sekali varian yang dapat Anda gunakan, tetapi biasanya ada tiga varian yang paling sering ditemui, yaitu dark, milk, dan white. Walaupun begitu, white chocolate compound tidak dapat dikatakan sebagai sebuah ‘cokelat’ karena tidak memiliki kandungan kakao sedikit pun di dalamnya.

Baca juga: Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

Kandungan dalam Cokelat Couverture

kandungan cokelat couverture

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cokelat couverture memiliki kandungan kakao yang besar di dalamnya. Cokelat couverture akan memiliki kandungan chocolate liquor yang tinggi, yaitu biji kakao yang kulitnya sudah dipisahkan, sudah difermentasi, dipanggang, dan digiling sampai mencair. Nantinya, chocolate liquor tersebut akan dipisahkan menjadi lemak kakao dan kakao massa.

Selain itu, cokelat couverture juga akan memiliki kandungan emulsifier atau lecithin di dalamnya untuk meningkatkan kinerja cokelat, dan juga gula untuk menambah rasa manisnya. Di Eropa dan Amerika Serikat, cokelat couverture harus mengandung lebih dari 35 persen kakao massa, termasuk minimal 31 persen lemak kakao, untuk dapat dilabeli sebagai ‘couverture’.

Untuk beberapa varian cokelat couverture, biasanya kandungan kakao secara keseluruhan yang dimilikinya akan berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, khusus untuk milk chocolate couverture akan memiliki kandungan susu bubuk di dalamnya untuk menambah rasa milk pada cokelat tersebut. Namun, kandungan kakao di dalam milk chocolate couverture juga harus tetap lebih dari 35 persen.

Kandungan dalam Cokelat Compound

kandungan cokelat compound

Berbeda dengan cokelat couverture yang memiliki kandungan kakao secara keseluruhan yang besar, cokelat compound hanya memiliki sedikit kandungan kakao. Biasanya, cokelat compound dibuat menggunakan lemak nabati dan bubuk kakao, yaitu kakao massa yang digiling dan dibuat menjadi sebuah bubuk.

Cokelat compound yang tidak memiliki kandungan lemak kakao sedikit pun sebenarnya tidak dapat dianggap sebagai cokelat asli, bahkan beberapa profesional juga hanya menganggap cokelat compound sebagai imitasi dari cokelat couverture. Lemak kakao sendiri memang merupakan sebuah bahan dengan harga yang relatif mahal.

Sama seperti cokelat couverture, cokelat compound juga memiliki kandungan lain di dalamnya selain lemak dan kakao, seperti gula dan bahan lainnya. Dark chocolate compound hanya memiliki kandungan lemak, kakao, dan gula. Sedangkan milk chocolate compound memiliki tambahan susu bubuk di dalamnya.

Hal yang lebih menarik adalah white chocolate compound tidak memiliki kandungan cokelat sedikit pun di dalamnya. White chocolate compound menggunakan bahan seperti vanila sebagai pengganti dari bubuk kakao dan tambahan gula. Oleh karena itu, sebenarnya white chocolate compound bukan merupakan cokelat.

Kandungan dalam cokelat memang beragam, tergantung dari jenis dan variannya. Apabila Anda sedang mencari berbagai jenis cokelat, coba kunjungi KioskCokelat saja. Kami menyediakan cokelat couverture maupun cokelat compound dengan berbagai macam varian. Jika tertarik, Anda dapat langsung berbelanja di sini!