minuman cokelat panas

7 Minuman Cokelat Panas yang Lezat Untuk Bisnis

Di musim hujan yang dingin, minuman cokelat panas merupakan salah satu jenis minuman yang cocok dinikmati untuk menghangatkan diri. Simak rekomendasinya di sini!

Pada musim hujan yang dingin, minuman cokelat panas merupakan salah satu jenis minuman yang sangat cocok untuk dinikmati karena dapat membantu menghangatkan diri. Rasa yang khas dari cokelat memang tidak bisa didapatkan dari bahan lain. Oleh karena itu, ada banyak sekali orang yang sangat menyukai minuman atau makanan apa pun yang terbuat dari bahan cokelat.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi minuman cokelat panas lezat yang sangat cocok dinikmati di kala cuaca sedang dingin. Namun sebelum itu, mari simak penjelasan mengenai peluang menjalankan bisnis minuman cokelat di Indonesia terlebih dahulu di bawah ini!

Peluang Menjalankan Bisnis Minuman Cokelat

Bisnis minuman cokelat merupakan salah satu jenis bisnis yang menjanjikan keuntungan besar. Cokelat sendiri memang merupakan salah satu bahan yang sangat disukai oleh banyak orang, baik itu untuk minuman maupun makanan. Selain itu, minuman cokelat juga sangat fleksibel karena bisa disajikan panas maupun dingin.

Di Indonesia sendiri, bisnis minuman kekinian memang sedang booming. Minuman cokelat sendiri telah berhasil menjadi salah satu minuman kekinian yang menjadi favorit banyak orang. Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis minuman cokelat dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan:

  • Minuman cokelat merupakan minuman yang disukai banyak orang di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini membuat bisnis minuman cokelat memiliki potensi pasar yang luas.
  • Kebutuhan akan minuman cokelat tidak hanya terbatas pada musim hujan atau minum panas, tetapi dapat dikonsumsi sepanjang tahun tergantung dari penyajiannya. Hal ini membuat bisnis minuman cokelat tidak terpengaruh oleh musim atau bukan bisnis yang musiman.
  • Bisnis minuman cokelat dapat dikembangkan dengan menambah berbagai macam variasi rasa, seperti minuman cokelat panas dengan topping whipped cream, marshmallow, atau bahan lain yang disukai oleh konsumen.
  • Dengan berbagai macam variasi rasa yang ditawarkan, bisnis minuman cokelat dapat menarik minat konsumen yang berbeda-beda.
  • Bisnis minuman cokelat dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil, terutama jika Anda memulai bisnis ini dari rumah atau menyewa tempat dengan harga yang terjangkau.
  • Anda dapat menjalankan bisnis minuman cokelat secara offline seperti membuka toko atau kios maupun secara online dengan menjualnya melalui media sosial atau aplikasi pesan antar makanan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, bisnis minuman cokelat dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi Anda yang ingin mencoba membuka bisnis baru. Namun, seperti bisnis lainnya, bisnis minuman cokelat juga membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang baik agar dapat berkembang dengan maksimal.

7 Minuman Cokelat Panas yang Lezat Untuk Bisnis

Ada banyak sekali jenis minuman cokelat yang dapat Anda masukkan sebagai menu ketika hendak membuka bisnis minuman cokelat. Berikut ini adalah beberapa minuman cokelat panas yang lezat untuk bisnis.

1. Classic Hot Chocolate

classic hot chocolate

Classic hot chocolate adalah jenis minuman cokelat panas yang paling dasar. Anda hanya perlu menyeduh cokelat bubuk untuk membuatnya, lalu tambahkan susu full cream untuk membuat rasanya makin creamy. Anda juga dapat tidak menambahkan susu sama sekali agar rasa cokelatnya makin terasa.

Untuk membuat classic hot chocolate, Anda dapat menggunakan Tulip Cioccolato yang merupakan cokelat bubuk siap seduh dengan kualitas terbaik. Berikut ini adalah resep lengkapnya.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir susu hangat
  • 30 gr Tulip Cioccolato

Cara membuat:

  • Masukkan Tulip Cioccolato ke dalam sebuah cangkir atau gelas.
  • Tuang susu hangat ke dalamnya, kemudian aduk hingga rata.

Mudah sekali, kan? Sekarang Anda sudah dapat menyajikan classic hot chocolate yang nikmat dan dapat menghangatkan tubuh!

2. Hot Chocolate with Marshmallow

Hot Chocolate with Marshmallow

Untuk membuat minuman cokelat panas ini, Anda hanya perlu membuat classic hot chocolate lalu menambahkan marshmallow berwarna-warni sebagai topping di bagian atasnya. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai rasa yang manis, pastikan untuk tidak menambahkan susu full cream ketika membuat minuman cokelatnya.

3. Hot Chocolate with Burned Marshmallow

Hot Chocolate with Burned Marshmallow

Apabila Anda tidak memiliki marshmallow yang berwarna-warni, cukup bakar sedikit saja marshmallow tersebut setelah ditambahkan di atas minuman cokelat panas. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih berwarna dan tidak monoton serta rasa yang lebih khas. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan karamel di bagian atasnya.

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

4. Hot Chocolate with Whipped Cream and Cinnamon

Hot Chocolate with Whipped Cream and Cinnamon

Sama seperti minuman sebelumnya, Anda hanya perlu membuat classic hot chocolate tanpa atau dengan susu full cream lalu menambahkan whipped cream sebagai topping di bagian atasnya. Untuk membuat tampilannya makin cantik dan rasanya makin nikmat, Anda dapat menambahkan kayu manis.

5. Salted Hot Chocolate

Salted Hot Chocolate

Tahukah Anda bahwa garam dapat menambah rasa cokelat menjadi lebih nikmat? Menurut Art Chocolate, garam dapat menonjolkan rasa manis dan menekan rasa pahit, sekaligus berfungsi sebagai penambah rasa alami dalam cokelat. Anda cukup menambahkan sedikit garam ke dalam resep classic hot chocolate untuk membuat cokelat terasa lebih enak dengan menyeimbangkan rasa dan menghadirkan banyak nuansa yang halus.

6. Hot Dalgona Chocolate

Hot Dalgona Chocolate

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata ‘dalgona’? Jenis minuman yang mulai populer semenjak masa pandemi ini sudah berhasil merebut hati banyak sekali orang karena rasanya yang unik. Walaupun umumnya dibuat menggunakan kopi, tetapi Anda juga dapat membuat dalgona menggunakan cokelat, lho.

Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan berbagai macam resep pembuatan dalgona yang ditemukan di internet. Lalu, cukup ganti bubuk kopi dengan bubuk cokelat saja. Berikut ini adalah salah satu resep yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Siapkan satu buah mangkuk.
  • Masukkan gula pasir dan Tulip Coklat Bubuk Bordeaux ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 2 sendok makan air hangat.
  • Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga sedang sampai adonan kental dan kaku.
  • Tuang susu cair hangat ke dalam gelas.
  • Tambahkan adonan dalgona cokelat ke dalam gelas.
  • Taburkan Tulip Choco Chips sebagai topping dan pelengkap rasa.

Mudah sekali kan untuk membuatnya? Dijamin akan ada banyak pelanggan yang menyukainya!

Baca juga: Kenali Cokelat Bubuk Paling Enak Untuk Minuman

7. Kopi Susu Cokelat

Kopi Susu Cokelat

Ada banyak sekali orang yang menyukai cokelat; ada banyak sekali juga orang yang menyukai kopi. Bagaimana kalau keduanya disatukan? Nah, Anda dapat dengan mudah membuat kopi susu cokelat dengan rasa kopi dan cokelat yang khas serta tekstur yang creamy dari susu. Berikut ini adalah resep lengkapnya.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  • Siapkan panci dan masukkan Tulip Burgundy Cocoa Powder, susu, gula, serta espresso ke dalamnya.
  • Panaskan panci dengan api kecil hingga sedang dan aduk hingga rata.
  • Tuang kopi susu cokelat yang masih hangat ke dalam cangkir.

Sebagai catatan, Anda dapat langsung menggunakan Tulip Cioccolato untuk mengganti cocoa powder, gula, dan susu. Tulip Cioccolato merupakan minuman cokelat siap seduh yang memiliki komposisi cocoa powder, gula, dan juga susu sehingga Anda tidak perlu menambahkannya lagi ke dalam resep minuman cokelat panas di atas. Akan tetapi, untuk menambahkan tekstur yang lebih creamy, Anda dapat menambahkan susu cair sesuai dengan selera.

Apabila Anda ingin menyajikan minuman cokelat panas yang ada di atas kepada pelanggan, yuk langsung saja dapatkan produk cokelatnya dari KioskCokelat sekarang juga!