CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Perbedaan Coklat Compound dan Coating untuk Olahan Pastry

perbedaan coklat compound dan coating

Dalam dunia pastry, cokelat menjadi salah satu bahan utama yang sangat penting untuk menciptakan berbagai kreasi lezat. Namun dari semua varian cokelat yang tersedia, Anda perlu memahami perbedaan coklat compound dan coating dengan baik. 


Dalam pemahaman yang sederhana, cokelat coating sebenarnya termasuk dalam varian jenis cokelat compound. Perbedaan utama keduanya berada pada komposisi bahan penyusunnya serta penggunaannya dalam pembuatan makanan penutup. 


Untuk membuat Anda memahami perbedaan cokelat compound dengan coating, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


Baca juga: 5 Perbedaan Coklat Filling dan Glaze untuk Olahan Pastry

2 Perbedaan Coklat Compound dan Coating yang Perlu Anda Tahu

Baik cokelat compound dan cokelat coating, keduanya cukup banyak digunakan dalam pembuatan pastry. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang mirip, perbedaan dalam pengaturan suhu saat melelehkan dan hasil akhir pengaplikasiannya membuat masing-masing cokelat lebih cocok digunakan untuk kebutuhan tertentu. Berikut perbedaan utama yang ada di antara keduanya. 

1. Pengaturan Suhu Melelehkan Saat Ingin Digunakan

Seperti yang sudah diketahui, pengaturan suhu saat melelehkan cokelat menjadi faktor yang perlu diperhatikan baik-baik. Pasalnya suhu yang tidak tepat bisa sangat memengaruhi hasil akhir cokelat ketika digunakan dalam berbagai dekorasi. 


Kemudian perlu diperhatikan juga bagaimana Anda akan menyimpannya setelah melelehkan cokelat. Untuk cokelat compound yang akan digunakan pada suhu ruangan ber-AC maka Anda perlu melelehkannya pada suhu 18-22 derajat celcius selama 30 detik secara berulang.


Jangan lupa untuk mengaduk cokelat compound setiap kali selesai memanaskannya di microwave. Apabila Anda akan menggunakan cokelat compound pada temperatur ruangan maka cukup atur ke suhu 18-26 derajat celcius. 


Berbeda halnya dengan cokelat coating, ada empat kondisi yang perlu Anda perhatikan sebelum melelehkannya. Apabila cokelat coating digunakan untuk melting dan pouring, maka suhu perlu diatur ke titik 36-40 derajat celcius. Kemudian penggunaan cokelat coating untuk melapisi kue yang akan disimpan di freezer maka suhunya perlu diatur ke titik 40-42 derajat. 


Ketika Anda ingin menggunakan cokelat coating untuk melapisi kue atau pastry di lemari pendingin (kulkas), maka suhu perlu diatur di titik 38-40 derajat celcius. Terakhir, apabila cokelat coating digunakan untuk melapisi kue yang disimpan pada temperatur ruangan maka suhu perlu diatur ke titik 36-38 derajat. 

2. Hasil Akhir Pengaplikasian

Cokelat compound dan cokelat coating memang sama-sama bisa digunakan untuk melapisi kue maupun pastry, tetapi hasil akhir yang diberikan keduanya cukup berbeda. Apabila Anda membutuhkan hasil akhir yang lebih lembut, maka penggunaan cokelat coating akan lebih tepat. 


Cokelat coating memastikan hasil dekorasi akhir yang sangat lembut sehingga pemotongan kue pun tidak akan membuat lapisan cokelat menjadi patah. Itu sebabnya cokelat coating lebih banyak digunakan untuk melapisi kue dengan permukaan yang lebih luas. 


Pada sisi lain, cokelat compound lebih tepat digunakan untuk melapisi pastry atau kue dengan permukaan yang lebih kecil untuk hasil dekorasi yang lebih memuaskan. Contohnya seperti kue pastry kecil yang dapat dimakan dalam sekali gigit. 


Baca juga: 5 Perbedaan Coklat dan Coklat Hazelnut untuk Olahan Pastry

Rekomendasi Coklat Compound dan Coating dari KioskCokelat

Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dalam pembuatan pastry maupun kue, KioskCokelat punya beberapa rekomendasi produk cokelat compound dan coating yang bisa digunakan dalam bisnis. Langsung simak selengkapnya berikut ini!

1. Tulip Cokelat Compound Hitam

Tulip Cokelat Compound Hitam dapat dijadikan pilihan yang praktis dan serbaguna untuk berbagai kebutuhan pastry. Cokelat ini mudah meleleh dan tidak memerlukan tempering, membuatnya ideal untuk lapisan kue, dekorasi, dan pembuatan ganache.

2. Tulip Cokelat Compound Susu

Tulip Cokelat Compound Susu menawarkan rasa susu yang lembut dan manis, cocok untuk produk-produk yang membutuhkan rasa cokelat yang lebih ringan. Sama seperti varian hitamnya, cokelat ini juga mudah digunakan dan memberikan hasil yang konsisten. 

3. Tulip Cokelat Coating

Tulip juga memiliki cokelat coating dengan komposisi seperti jenis cokelat compound pada umumnya tetapi dengan beberapa penambahan dan proses yang membuatnya lebih mudah digunakan dalam memenuhi kebutuhan dekorasi. 


Tulip Cokelat Coating sangat cocok digunakan untuk melapisi kue dengan ekspektasi hasil akhir yang smooth. Penggunaan Tulip Cokelat Coating pada kue tidak crack meskipun akan dipotong menggunakan pisau. Jadi Anda bisa dengan tenang dengan tampilannya yang tetap estetis ketika disajikan di showcase atau suhu ruangan ber-AC. 


Dengan memahami perbedaan antara cokelat compound dan coating, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih bahan untuk pastry dan produk cokelat yang dijual. Cokelat compound memberikan hasil akhir yang solid, sedangkan cokelat coating menampilkan hasil akhir yang smooth tanpa cracking ketika dipotong. 


Keduanya jelas ideal digunakan untuk produksi massal dan aplikasi yang membutuhkan kestabilan. Jika Anda ingin membutuhkan Tulip Coklat Compound dan Tulip Coklat Coating dalam jumlah yang besar, langsung saja kunjungi KioskCokelat. 


Di sini Anda bisa langsung menemukan varian cokelat yang tepat dengan kualitas terbaik sehingga produk yang dihasilkan pun disenangi oleh masyarakat. Tidak perlu khawatir pemesanan yang besar karena KioskCokelat sudah siap melayani semua kebutuhan Anda. Jadi tunggu apa lagi? Temukan jenis cokelat yang Anda butuhkan hanya di KioskCokelat sekarang juga!