CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Cara Membuat Coklat Ganache Anti Gagal

2 Cara Membuat Coklat Ganache Anti Gagal

Cokelat ganache harus memiliki tekstur serta rasa yang tepat dan masih banyak orang yang kesulitan dalam membuat cokelat ganache. Oleh karena itu, KioskCokelat akan memberikan tips mengenai cara membuat cokelat ganache melalui artikel ini.

Teruntuk Anda yang merupakan pemilik dari toko kue, maka sangat penting untuk dapat membuat cokelat ganache yang tepat. Hampir sebagian besar menu kue cokelat yang dijual pasti menggunakan cokelat ganache.

Anda tentu saja ingin memberikan kue cokelat dengan kualitas rasa dan tekstur yang terbaik untuk customer, bukan? Maka dari itu, mari kita simak bersama-sama cara membuat cokelat ganache yang tepat dan mudah.

Apa Itu Cokelat Ganache?

cokelat ganache

Sebelum memahami cara membuat cokelat ganache, apa Anda sudah paham apa itu cokelat ganache dan dapat digunakan untuk hidangan apa saja? Singkatnya, ganache itu sendiri merupakan krim yang digunakan untuk menambah rasa pada kue. Selain itu, ganache ini juga bisa digunakan pada hidangan penutup lainnya seperti puding.

Ganache terdiri dari krim pekat (heavy cream), gula, dan mentega. Jika Anda ingin membuat cokelat ganache, maka silakan menambahkan cokelat leleh atau cokelat bubuk ke dalamnya.

Cokelat ganache yang tepat biasanya memiliki tekstur yang kental dan halus. Namun, tekstur ini tentu dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda. Seperti misalnya, untuk kue ulang tahun, cokelat ganache yang dibutuhkan harus kental dan sebaliknya untuk beberapa hidangan penutup lainnya, cokelat ganache harus memiliki tekstur yang cair.

Jadi, dalam membuat cokelat ganache anti gagal, Anda harus memahami terlebih dahulu hidangan yang akan dibuat. Setelahnya, Anda dapat menentukan sendiri seberapa tinggi atau rendah tingkat kekentalan cokelat ganache yang diinginkan.

Resep Cokelat Ganache Sederhana

membuat ganache

Cara membuat cokelat ganache sangatlah mudah. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan dalam membuat cokelat ganache yaitu cara panas dan cara dingin. Akan tetapi, kedua cara ini membutuhkan bahan yang sama, yaitu:

  • Cokelat Compound Hitam Tulip
  • Dairy Cream
  • Glukosa
  • Mentega

Simpel bukan? Anda hanya perlu mengatur perbandingan cokelat dan krim yang Anda gunakan. Apabila Anda menginginkan hasil ganache yang lebih kental, gunakanlah lebih banyak cokelat dalam campuran ganache. Sebaliknya, untuk mendapatkan ganache yang cair dan dapat dituang, gunakanlah lebih banyak krim.

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan cokelat ganache, Anda dapat mencincang Cokelat Compound Hitam Tulip terlebih dahulu. Setelah cokelat siap untuk diolah, Anda dapat langsung mengikuti panduan di bawah ini:

1 . Cara Panas

Dalam metode pembuatan cokelat ganache dengan cara panas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tuang dairy cream ke dalam panci, kemudian panaskan di atas kompor dengan suhu 90oC.
  2. Angkat dairy cream dan tuang ke mangkuk yang berisikan cokelat yang sudah dicincang. Aduk-aduk hingga cokelat meleleh dengan sempurna.
  3. Agar ganache mengkilap, tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat, gunakan blender tangan untuk mengaduk adonan tersebut.
  4. Terakhir, tambahkan mentega dan aduk hingga semua bahan tercampur hingga rata. Diamkan cokelat ganache selama beberapa saat sebelum diaplikasikan sebagai topping atau filling pada kue, cake, atau pastry.

2 . Cara Dingin

Selanjutnya untuk membuat cokelat ganache dengan cara dingin, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Lelehkan Cokelat Compound Hitam Tulip dengan menggunakan microwave atau teknik au-bain marie.
  2. Panaskah dairy cream di atas kompor dengan suhu 40oC.
  3. Gabungkan dairy cream dengan cokelat leleh, aduk hingga rata.
  4. Agar ganache mengkilap, tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat, aduk dengan menggunakan blender tangan.
  5. Masukkan mentega dan aduk kembali hingga adonan cokelat ganache tercampur dengan sempurna.

Jadi, mudah sekali bukan cara membuat cokelat ganache anti gagal? Anda dapat memilih salah satu dari 2 cara di atas sesuai dengan selera. Dengan informasi di atas, Anda bisa menyajikan kue cokelat dengan kualitas terbaik untuk para customer.

Sekian informasi yang dapat kami berikan untuk Anda. Silakan kunjungi halaman produk KioskCokelat untuk mencari bahan material cokelat yang Anda butuhkan. Hubungi kami sekarang juga bila ada pertanyaan lebih lanjut.