3 Pilihan Cara Menghias Kue Kering dengan Cokelat Leleh

3 Pilihan Cara Menghias Kue Kering dengan Cokelat Leleh

Cokelat leleh tidak hanya menambah kelezatan pada sajian kue kering Anda. Keindahan sajian pun meningkat berkat hiasan cokelat leleh di atasnya. Anda dapat menerapkan cara menghias kue kering dengan coklat leleh di artikel ini supaya tampilan hidangannya semakin memukau saat dipajang di etalase.

Cokelat leleh tidak hanya menambah kelezatan pada sajian kue kering Anda. Keindahan sajian pun meningkat berkat hiasan cokelat leleh di atasnya. Anda dapat menerapkan cara menghias kue kering dengan coklat leleh di artikel ini supaya tampilan hidangannya semakin memukau saat dipajang di etalase.


Kue kering bisa menjadi pilihan menu untuk dijual saat menjelang hari raya atau perayaan spesial lainnya, contohnya hari Valentine, hari Ibu, dan sebagainya. Anda akan memperoleh keuntungan besar dari penjualan kue kering pada momen tersebut. Minat pelanggan makin meningkat apabila kue kering Anda memiliki hiasan cokelat yang cantik di beberapa bagiannya.

Resep Membuat Cokelat Leleh yang Mengilap

Sebelum mengetahui tips menghias kue, Anda harus mengetahui resep membuat cokelat leleh yang benar. Cokelat leleh harus dibuat dengan teknik yang tepat supaya hasilnya mengilap. Teknik pembuatan yang benar juga menghindari tekstur cokelat mengeras saat dimasak.


Anda dapat melelehkan cokelat menggunakan microwave agar lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Ikuti langkah di bawah ini untuk membuat cokelat cair yang berkilau.

  1. Potong Cokelat Compound Hitam Tulip menjadi beberapa bagian kecil, kemudian masukkan ke dalam mangkuk tahan panas.
  2. Letakkan mangkuk tersebut ke dalam microwave, kemudian setel suhu maksimum dan timer 10 detik.
  3. Setelah 10 detik, keluarkan mangkuk dan aduk cokelat sampai mulai meleleh.
  4. Masukkan kembali cokelat ke microwave dan setel timer selama 10 detik. Keluarkan dan aduk lagi cokelatnya.
  5. Ulangi langkah di atas sampai cokelat meleleh sempurna.

Selain cokelat hitam, Anda juga bisa melelehkan Cokelat Compound Putih Tulip sebagai dekorasi dengan cara mengikuti resep di atas untuk menghias kue kering.

Berbagai Cara Menghias Kue Kering dengan Cokelat Leleh

Anda sudah membuat lelehan cokelat hitam dan putih untuk digunakan sebagai dekorasi kue kering. Ada tiga teknik yang bisa dicoba untuk menghias kue kering, yakni menyiram, menggunakan piping bag, atau mencelup kuenya.

1. Teknik Menyiram

Teknik pertama, Anda bisa menuangkan lelehan cokelat ke atas kue kering dengan cara menyiram. Cara ini berguna apabila Anda ingin seluruh bagian kuenya dilapisi cokelat leleh. Resepnya cukup mudah: letakkan kue kering di atas saringan, kemudian tuangkan cokelat leleh di atasnya. Tunggu beberapa saat sampai cokelat mengeras dan sajikan kue dalam kemasannya.

2. Teknik Piping Bag

Teknik ini bisa menghasilkan berbagai corak dan bentuk unik pada kue keringnya. Anda bisa membuat berbagai motif dekorasi kue kering sesuai ukuran ujung piping bag-nya. Ada dua cara yang bisa dicoba untuk menghias cokelat menggunakan piping bag, yakni membuat dekorasi atau gambar di beberapa bagiannya atau menyemprotkan cokelat leleh sampai berbentuk zig-zag yang cantik di atas kue kering.

3. Teknik Mencelup

Terakhir, Anda bisa menghias cokelat dengan cara mencelup kue kering ke dalamnya. Cokelat bisa dicelupkan pada sebagian atau seluruh bagian kue keringnya sehingga membentuk lapisan yang sempurna. Lelehan cokelat hitam dapat dicampur dengan cokelat putih sehingga membentuk corak marble yang cantik. Hasilnya, kue kering terlihat lebih mewah dan elegan di mata pelanggan Anda.


Apapun teknik yang digunakan, lakukan di ruang bersuhu rendah agar cokelat lelehnya mudah membeku. Jangan ragu untuk berinovasi dalam menghias kue kering supaya tampilan hidangannya makin variatif dan pelanggan pun tidak bosan membelinya.


Itulah cara menghias kue kering dengan cokelat leleh yang bisa dicoba. Sebagai penutup, kami selalu merekomendasikan untuk menggunakan bahan cokelat berkualitas untuk kebutuhan kuliner Anda. Kunjungi website KioskCokelat untuk mendapatkan produk cokelat dengan mutu terjamin dan bisa menambah kelezatan hidangan Anda. Hubungi kami jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai produk kami.