CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Berbagai Bahan Pengisi Cokelat Praline yang Baik

Berbagai Bahan Pengisi Cokelat Praline yang Baik

Ada banyak sekali bahan pengisi cokelat praline yang baik dan enak untuk dinikmati yang dapat menjadi ide kreasi hidangan bisnis yang menarik. Cokelat praline sendiri memang merupakan permen cokelat yang dapat diisi dengan berbagai macam isian yang unik dan menarik. Jadi, pelanggan Anda juga tidak akan bosan ketika memakan cokelat praline karena isiannya yang beragam.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa saja bahan pengisi cokelat praline yang baik dan enak yang dapat digunakan untuk bisnis kuliner yang dijalankan saat ini. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda memahami lebih lanjut mengenai apa itu cokelat praline. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Praline?

apa itu praline

Praline merupakan istilah yang dapat mengacu pada dua jenis camilan, yaitu praline yang merupakan permen cokelat atau praline yang  merupakan manisan kacang. Cokelat praline yang biasa Anda makan merupakan praline asal Belgia. Sedangkan praline kacang berasal dari Prancis (menggunakan kacang almond) dan Amerika Serikat (menggunakan kacang pecan).

Praline Belgia, atau juga dikenal dengan nama chocolate bon bon atau crotte de chocolat, merupakan sebuah permen cokelat yang memiliki tekstur keras di bagian luarnya dan berbagai macam isian, mulai dari pasta cokelat, pasta kacang, bubuk kacang, karamel, hingga kopi. Sedangkan praline Prancis dan Amerika Serikat adalah manisan yang terbuat dari kacang yang dilapisi oleh karamel.

Biasanya, cokelat praline sering disamakan dengan cokelat truffle karena bentuknya yang terlihat mirip. Kedua camilan tersebut memang sama-sama terbuat dari cokelat dan kebanyakan memiliki bentuk yang bulat, tetapi keduanya memiliki perbedaan pada tekstur, isian, serta bahan pembuatannya.

Cokelat praline dapat dibuat hanya menggunakan cokelat dan isiannya saja. Sementara itu, cokelat truffle merupakan permen yang dibuat menggunakan campuran cokelat, krim, mentega, gula, serta perasa seperti buah-buahan atau minuman keras (wine, whisky, dan lain sebagainya). Tidak hanya itu saja, cokelat truffle juga biasanya akan ditaburi dengan bubuk kakao di atasnya, sedangkan cokelat praline akan menyesuaikan topping dengan isiannya.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

6 Bahan Pengisi Cokelat Praline yang Baik

Cokelat praline memang sangat terkenal karena rasanya yang manis dan sangat nikmat. Namun, cokelat praline juga memiliki keunikan lainnya, yaitu dari berbagai macam isian yang dapat digunakan ketika membuatnya. Berikut ini adalah beberapa bahan pengisi cokelat praline yang baik dan enak untuk dicoba.

1. Pasta Cokelat

pasta cokelat

Pada awalnya, cokelat praline yang berasal dari Belgia memang menggunakan pasta cokelat sebagai bahan untuk isiannya. Kombinasi dari shell cokelat praline yang agak keras dan lumernya pasta cokelat ketika masuk di mulut akan sangat terasa nikmat ketika sudah mulai digigit.

Untuk menambah rasanya, coba gunakan pasta cokelat yang sudah dicampur dengan krim seperti ganache. Jadi, Anda bisa mendapatkan tekstur yang lebih creamy dari isian cokelat praline tersebut. Jika Anda tertarik membuat cokelat praline dengan isian pasta cokelat, gunakan saja produk pasta cokelat dari KioskCokelat, seperti Tulip Chocolate Paste atau Tulip Chocolate Cream.

2. Pasta Kacang

Kacang dan cokelat memang merupakan kombinasi yang sangat bagus jika dipadukan. Sudah ada banyak sekali berbagai macam makanan yang memiliki varian rasa kacang dan cokelat. Oleh karena itu, Anda wajib sekali mencoba cokelat praline yang memiliki isian pasta kacang. Rasa dari pasta kacang akan membuat cokelat praline ini seperti praline dari Prancis atau Amerika Serikat.

Apabila Anda tidak ingin membuat pasta cokelat terlebih dahulu, tenang saja karena sudah ada banyak sekali produk pasta cokelat yang dapat Anda beli di pasaran. Salah satu produk pasta cokelat yang dapat digunakan adalah Tulip Hazel Delight yang dapat dibeli di KioskCokelat. Selain untuk isian, Tulip Hazel Delight juga dapat Anda gunakan untuk aplikasi lain, seperti spreading dan coating pada produk bakery atau pastry Anda.

3. Karamel

karamel praline

Pasti ada banyak sekali orang yang menyukai rasa manis. Untuk itu, coba gunakan karamel sebagai isian dari cokelat praline yang akan Anda buat. Rasa manis dan tekstur yang lengket serta kenyal dari karamel akan berpadu sangat baik dengan shell cokelat praline yang agak keras. Selain itu, karamel juga memiliki rasa yang kaya dan seperti bekas pembakaran yang sangat unik dan nikmat.

Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture

4. Jam atau Selai

Pasti ada banyak sekali orang yang menyukai selai. Walaupun biasa digunakan sebagai lapisan untuk roti, tetapi selai juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai isian dari praline. Anda dapat menggunakan berbagai macam selai, sesuaikan saja dengan preferensi masing-masing. Namun, selai buah mungkin dapat memberikan rasa yang lebih fresh pada praline yang Anda buat.

5. Ganache

Sama seperti pasta cokelat, ganache juga sangat cocok dijadikan sebagai isian dari praline. Pada dasarnya, ganache memang semacam pasta cokelat yang dicampur dengan bahan seperti krim untuk membuat tekstur dan rasanya lebih creamy. Jadi, praline yang menggunakan isian ganache sudah pasti akan memiliki rasa yang lebih creamy.

Baca juga: 2 Kreasi Coklat Praline untuk Pilihan Hadiah Pelanggan

6. Kopi

praline kopi

Rasa agak pahit yang khas dari kopi dan rasa pahit yang khas dari cokelat akan berpadu dengan sangat menarik. Maka dari itu, coba buat cokelat praline dengan isian kopi untuk mendapatkan sensasi rasa yang kuat, kaya, dan sangat nikmat. Anda dapat membuat krim cokelat atau krim lainnya dan tambahkan kopi untuk bahan pengisi cokelat praline yang baik.

Apabila Anda langsung ingin membuat cokelat praline, langsung saja beli berbagai macam produk cokelat di KioskCokelat. Anda dapat menggunakan produk seperti Tulip Dark Chocolate Compound sebagai bahan untuk membuat shell dari cokelat praline. Jika tertarik, Anda dapat mengecek produk kami dengan lebih lengkap di sini!