CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

3 Penggunaan Dark Cokelat Couverture dan Keunggulannya untuk Baking

Dark Cokelat Couverture

Dark coklat couverture merupakan salah satu jenis cokelat yang paling banyak digunakan untuk baking. Banyak sekali orang yang menyukai dark cokelat walaupun rasanya yang lebih pahit daripada cokelat biasa. Dark cokelat sendiri merupakan cokelat dengan kandungan kakao yang paling banyak, dibanding dengan milk cokelat dan white cokelat.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai dark coklat couverture. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Dark Cokelat Couverture?

Dark coklat couverture merupakan jenis cokelat yang mengandung persentase kakao yang paling tinggi. Sama seperti jenis cokelat couverture lainnya, dark coklat couverture juga mengandung lemak kakao di dalamnya, yaitu sekitar 32% - 29%.

Kandungan lemak kakao yang ada di dalam dark coklat couverture membuatnya lebih berkilau, apalagi jika dikombinasikan dengan proses tempering yang tepat. Selain itu, berbeda dengan cokelat lainnya, seluruh cokelat couverture memiliki rasa yang lebih lembut dan akan memiliki suara snap yang kencang ketika dipatahkan.

Total persentase yang dinyatakan untuk banyak merek cokelat didasarkan pada berapa banyak lemak kakao yang dikombinasikan dengan padatan kakao. Dark coklat couverture sendiri setidaknya harus mengandung tidak kurang dari 35% total padatan kakao kering, termasuk tidak kurang dari 31% lemak kakao dan tidak kurang dari 2,5% padatan kakao kering tanpa lemak.

Baca juga: 5 Ide Cemilan Dari Cokelat yang Laris Dijual

Mengenal Perbedaan Cokelat Couverture dengan Cokelat Biasa

Cokelat couverture adalah cokelat asli yang mengandung persentase kakao yang tinggi, berbeda dengan cokelat biasa atau cokelat compound yang bahkan tidak mengandung lemak kakao. Cokelat compound sendiri sebenarnya merupakan imitasi dari cokelat couverture, di mana lemak kakao yang biasa digunakan di dalam cokelat couverture diganti menggunakan lemak nabati.

Produk cokelat biasa atau cokelat compound sudah pasti akan memiliki persentase padatan kakao yang lebih rendah daripada cokelat couverture, serta mengandung lemak nabati seperti minyak sawit atau lemak nabati lainnya sebagai pengganti lemak kakao. Cokelat couverture sendiri memiliki harga yang lebih mahal daripada cokelat compound karena memang kandungan kakaonya yang lebih banyak.

Cokelat compound dibuat dengan tujuan menjadi alternatif pengganti cokelat couverture yang harganya lebih mahal. Jadi, memang benar jika cokelat compound ini dapat dikatakan sebagai cokelat imitasi dari cokelat couverture. Tujuan utama pembuatannya adalah agar cokelat bisa dijangkau oleh berbagai kalangan karena harga cokelat asli yang sangat mahal.

Baca juga: Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

3 Penggunaan Dark Cokelat Couverture

Dark coklat couverture merupakan salah satu jenis cokelat yang paling banyak digunakan oleh profesional. Berikut ini adalah beberapa penggunaan dark coklat couverture yang wajib Anda ketahui.

1. Dekorasi

Couverture berasal dari bahasa Prancis yang artinya “untuk menutupi” atau “untuk menyelimuti.” Seperti namanya, cokelat couverture ini paling sering digunakan untuk melakukan dekorasi di dalam dunia baking.

Tekstur dari cokelat couverture yang lembut dan mengkilap membuatnya terlihat sangat indah ketika dijadikan sebagai dekorasi. Walaupun memang lebih sulit digunakan dibanding cokelat biasa, tetapi cokelat couverture benar-benar layak untuk dijadikan sebagai bahan utama dekorasi.

Sebelum menggunakan cokelat couverture, Anda harus melakukan proses tempering dahulu agar teksturnya mengkilap dan akan terdengar bunyi snap yang kuat ketika dipatahkan. Cokelat couverture dengan kualitas yang tinggi dapat membuat perbedaan besar dalam proses pembuatan dekorasi yang dilakukan.

2. Dipping, Coating, dan Sejenisnya

Cokelat couverture sangat ideal untuk dijadikan sebagai dipping atau coating. Anda dapat menggunakan cokelat couverture untuk banyak resep, terutama confectionary. Cokelat couverture memiliki rasa cokelat yang dalam, tekstur yang berkilau dan indah, serta snap yang sangat nikmat ketika digigit.

3. Baking

Walaupun memang cokelat couverture lebih sering digunakan untuk dekorasi dan dipping atau coating, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk baking. Namun, karena mengandung persentase lemak kakao yang lebih besar, cokelat couverture mungkin akan memiliki reaksi yang berbeda dalam resep yang membutuhkan Anda untuk melelehkan cokelat, seperti kue atau brownies.

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

4 Keunggulan Cokelat Couverture

Ada alasan mengapa banyak tenaga profesional yang menggunakan cokelat couverture ketika memasak atau baking. Berikut ini adalah beberapa keunggulan cokelat couverture yang perlu Anda ketahui:

1. Serbaguna

Cokelat couverture digunakan di sebagian besar resep confectionery karena teksturnya yang tebal membuatnya mudah diolah, dan teksturnya yang memiliki kemilau indah di permukaan setelah meleleh. Cokelat jenis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai lapisan permen karena mudah meleleh dan menyebar merata di permukaannya, sehingga menghasilkan tampilan yang halus.

2. Tahan Terhadap Fat Bloom

Sebelum digunakan, cokelat couverture perlu melewati proses tempering terlebih dahulu. Proses tempering tersebut lah yang membuat cokelat couverture lebih tahan terhadap blooming. Namun, jika cokelat Anda mengalami blooming, jangan khawatir karena masih tetap bisa digunakan menjadi filling, ganache, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Inspirasi Aneka Cookies Cokelat untuk Bisnis Kuliner Rumahan

3. Kaya Rasa

Cokelat couverture memiliki kandungan lemak kakao dan kakao solid yang tinggi. Berkat kandungan lemak kakao dan kakao solidnya yang tinggi, cokelat couverture memiliki rasa yang kaya dan sangat sempurna untuk digunakan dalam berbagai macam resep untuk menonjolkan rasa cokelatnya.

4. Cocok Dipasangkan dengan Banyak Makanan

Rasa dari cokelat couverture yang kaya membuatnya sangat cocok dipasangkan dengan berbagai macam makanan. Anda dapat melelehkan cokelat couverture dan menjadikannya dipping untuk buah-buahan seperti stroberi, kacang-kacangan, biskuit, kue, dan masih banyak lagi.

Pilihlah Cokelat Couverture yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan cokelat couverture untuk berbagai macam keperluan bisnis makanan, yuk gunakan Embassy Chocolate dari KioskCokelat. Selain cokelat couverture, kami juga menjual berbagai macam jenis cokelat lainnya, mulai dari cokelat compound batangan hingga cokelat dekorasi. Kunjungi kami di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.