6 Inspirasi Dekorasi Cake dengan Cokelat

6 Inspirasi Dekorasi Cake dengan Cokelat

Dekorasi kue selalu menjadi salah satu pertimbangan utama bagi pelanggan. Dekorasi kue adalah ‘senjata’ ampuh untuk memancing minat mereka. Simak berbagai inspirasi dekorasi cake dengan cokelat yang menarik di sini!

Tentu sangat disayangkan ketika Anda melihat bahan cokelat di dapur tidak digunakan secara maksimal? Solusinya, Anda bisa menciptakan dekorasi cake dengan coklat dalam berbagai bentuk.

Tidak sulit mengolah bahan cokelat menjadi hiasan kue, terutama jika Anda memiliki produk cokelat dekorasi yang sangat fleksibel untuk dibentuk.

6 Inspirasi Dekorasi Cake dengan Coklat yang Cantik

Walaupun rasa kue memang penting, tidak ada yang bisa memungkiri bahwa dekorasi kue selalu menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan. Ketika Anda hendak menarik pelanggan baru, mereka pasti belum familier dengan rasa kue Anda. Dekorasi kue menjadi satu-satunya ‘senjata’ ampuh untuk memancing minat mereka.

Cokelat merupakan salah satu ide brilian dalam menghias kue. Anda bisa merasakan dua manfaat secara bersamaan dengan menggunakan bahan ini: cita rasa kue yang lengkap dan visual hidangan yang menarik. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika chef atau baker selalu mengandalkan bahan ini ketika membuat kue.

Kreasi dekorasi cake dengan cokelat ini bisa menjadi cara ampuh untuk memenangkan hati pelanggan Anda. Masih bingung dengan cara mengaplikasikannya? Cobalah intip beberapa inspirasi menarik di bawah ini.

1. Cokelat Siram

Teknik dekorasi ini sangat mudah dibuat. Sebelum membuat dekorasinya, Anda harus memasak Tulip Dark Compound Chocolate dengan teknik Au-Bain Marie. Lalu, masukkan cokelat leleh ke dalam piping bag, kemudian bentuklah dekorasi menyerupai tetesan air di sekeliling kuenya. Hias kue di atas meja putar supaya Anda tidak kesulitan saat mendekorasinya.

2. Cokelat Bermotif

Motif cokelat ini biasanya dibuat dengan cetakan. Namun, tidak ada salahnya mencoba cara baru dengan memanfaatkan plastik transfer bermotif. Caranya mudah, tuangkan cokelat leleh di atas plastik, kemudian ratakan. Dinginkan cokelat tersebut sampai mengeras sebelum diaplikasikan sebagai dekorasi cake.

3. Stik Cokelat

Inspirasi berikutnya, Anda bisa membuat stik cokelat untuk ditempatkan di pinggiran kue atau sebagai topping. Caranya mudah, bentuk lelehan cokelat menjadi stik dengan menggunakan cetakan. Diamkan hingga mengeras, kemudian hias kue Anda dengan stik cokelat.

4. Snack Cokelat

Snack cokelat seperti praline, permen, atau wafer pun bisa menjadi ide brilian untuk menghias kue. Opsi ini tentu menambah kenikmatan saat pelanggan menyantap kuenya. Snack cokelat bahkan dibuat sendiri di dapur sehingga meningkatkan ciri khas bisnis kue Anda.

Baca juga: Cara Membuat Glaze Topping Donat yang Mengilap

5. Ganache Cokelat

Banyak sekali cara mengolah ganache dan buttercream menjadi hiasan kue. Anda dapat mengoleskannya secara langsung, menggunakan piping bag, atau membuat bentuk bunga dari ganache cokelat. Selain kue, cupcakes pun bisa dihias dengan hiasan ganache cokelat berbentuk spiral sebagai topping-nya.

6. Taburan Bubuk Cokelat

Inspirasi dekorasi ini memang sederhana, tetapi tidak kalah menarik untuk dicoba. Agar lebih estetik, gunakan saringan untuk mengayak bubuk cokelat di atasnya. Jangan taburkan terlalu banyak bubuk cokelat supaya pelanggan tidak merasa enek saat menyantapnya.

4 Tips Membuat Dekorasi dengan Cokelat

Sama seperti mengolah adonan, proses menghias kue pun tak luput dari kegagalan. Tak jarang Anda hasil dekorasi kue terlihat jauh dari ekspektasi. Oleh karena itu, kami berikan tips terbaik untuk menghias kue dengan cokelat.

1. Lelehkan Cokelat dengan Teknik Au-Bain Marie

Hasil lelehan cokelat cair terlihat lebih mengilap dengan teknik Au-Bain Marie. Tekniknya sederhana, Anda hanya perlu memasak cokelat batang di atas mangkuk yang lebih besar dari panci yang telah terisi air panas. Aduk terus cokelatnya selama dimasak sehingga tidak menggumpal. Setelah selesai, cokelat leleh siap diaplikasikan untuk menghias kue.

2. Miliki Ujung Spuit yang Bervariasi

Banyak sekali bentuk ujung spuit yang tersedia, contohnya mawar, daun, bintang, polos, dan sebagainya. Gunakan semua bentuk spuit tersebut untuk menghadirkan bentuk dekorasi yang beragam. Saat diaplikasikan, tekanlah bagian atas piping bag supaya ganache cokelatnya keluar dengan sempurna.

Baca juga: Mudah, Inilah Cara Membuat Cokelat Cair agar Tidak Membeku

3. Hias Kue di Atas Meja Putar

Hiasan ganache cokelat pada kue terlihat lebih indah jika Anda menggunakan meja putar alias lazy susan. Anda memutar mejanya sambil menghias kue sehingga ganache atau icing-nya menyebar secara merata ke seluruh bagian kue. Pilihlah lazy susan dengan bobot yang berat agar meja lebih stabil saat menopang kuenya.

4. Tambahkan Tulisan di Atas Kue

Buatlah pelanggan merasa spesial dengan tambahan tulisan di atas kue. Tips ini memang tidak mudah, tetapi Anda bisa berlatih untuk membuat tulisan dengan cokelat leleh. Anda pun dapat menyusun tulisan tersebut dari choco chips jika menginginkan hasil dekorasi kue yang tidak biasa.

Pilihan Cokelat Terbaik untuk Mendekorasi Kreasi Cake Anda

Hiasan kue makin sempurna dengan ragam bahan cokelat berkualitas dari Tulip Chocolate. Manfaatkan Tulip Decor Dark Compound Chocolate yang fleksibel sehingga mudah diolah menjadi berbagai bentuk dekorasi. Produk ini tidak mudah meleleh sehingga hasil dekorasi kue Anda tetap solid dan cantik meskipun di suhu ruangan yang panas.

Gunakan juga Tulip Chocolate Coating supaya lebih praktis saat melapisi kuenya. Hasilnya, lapisan cokelat tetap utuh dan tidak mudah pecah ketika kuenya dipotong. Tulip Chocolate Coating menambah cita rasa dan aroma yang memikat pada kue Anda sehingga lebih lezat saat dinikmati.

Satu lagi, Anda bisa menghias kue dengan Tulip Hazel Delight sebagai ganache. Pelanggan dapat menikmati rasa cokelat hazel yang lezat dengan produk ini. Produk ini juga serbaguna sehingga bisa digunakan sebagai filling sekaligus coating kue Anda.

Semua produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah hanya di KioskCokelat. Kami juga siap menerima konsultasi mengenai bahan dekorasi kue yang tepat untuk hidangan Anda. Hubungi KioskCokelat untuk mendapatkan produk dekorasi cake dengan cokelat andalan sekarang juga.