CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Apa Saja Kegunaan Coklat?

Apa Saja Kegunaan Coklat?

Cokelat bukan hanya sekadar camilan dengan berbagai varian rasa yang sering Anda santap. Ada berbagai macam kegunaan coklat khususnya di dalam dunia kuliner yang mungkin masih belum Anda ketahui. Apa saja kegunaan cokelat?

Melalui artikel ini, Anda akan memahami berbagai fungsi dari cokelat di dalam dunia kuliner, khususnya bakery dan pastry. Informasi ini tentu akan sangat berguna apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis kuliner yang menguntungkan dengan menggunakan cokelat sebagai konsep utamanya.

5 Kegunaan Cokelat di Dunia Kuliner

Di dalam dunia kuliner, cokelat setidaknya memiliki 5 kegunaan sebagai berikut:

1. Bahan Campuran untuk Membuat Kue

Black forest atau chocolate lava cake menjadi salah satu hidangan kue cokelat yang digemari oleh banyak orang. Untuk membuat kue-kue tersebut, dibutuhkan cokelat yang dicampurkan ke dalam bahan dasar untuk membuat kue.

Cokelat yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue ada berbagai macam. Anda bisa menggunakan cokelat bubuk atau cokelat compound yang dilelehkan. Masing-masing tipe cokelat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Bahan Pelapis

Bahan pelapis pada sebagian kue juga membutuhkan cokelat. Biasanya, cokelat yang digunakan sebagai bahan pelapis adalah cokelat yang sudah dilelehkan. Namun, ada juga cara yang lebih sederhana jika Anda ingin membuat bahan pelapis dari cokelat yaitu dengan menggunakan Tulip Chocolate Coating.

Tulip Chocolate Coating dapat langsung digunakan sebagai bahan pelapis untuk segala jenis hidangan. Anda dapat menambahkan susu atau air jika ingin membuat bahan pelapis yang lebih cair. 

3. Bahan Isian

Cokelat juga sering digunakan sebagai bahan isian pada kue dan pastry. Contohnya seperti isian untuk kue sus, croissant, dan masih banyak lagi. Untuk membuat bahan isian cokelat, Anda dapat langsung menggunakan Tulip Chocolate Paste.

Cara penggunaannya sangatlah mudah. Anda bisa langsung menggunakan Tulip Sciroppi begitu saja sebagai bahan isian. Cara lainnya, Anda dapat menambahkan heavy cream untuk mendapatkan bahan isian yang lebih kental.

4. Dekorasi atau Garnish

Kegunaan cokelat lainnya di dalam dunia kuliner adalah untuk dijadikan sebagai dekorasi atau garnish. Cokelat yang sudah dilelehkan dapat dibentuk menjadi berbagai macam dekorasi seperti bunga, spiral panjang, dan lainnya. Selain itu, cokelat bubuk dapat dijadikan sebagai garnish yang ditaburkan di atas hidangan untuk memperkuat rasa cokelat. Untuk membuat dekorasi, Anda juga dapat menggunakan cara yang lebih mudah yaitu dengan Tulip Decor Dark Compound Chocolate.

5. Dijadikan Sebagai Minuman

Tidak hanya hidangan, cokelat juga dapat digunakan sebagai minuman. Anda bisa menggunakan cokelat bubuk yang ditambah dengan gula untuk dijadikan sebagai minuman cokelat panas yang lezat.

Apabila menginginkan cara yang lebih mudah, Anda hanya perlu menggunakan Tulip Cioccolato yang merupakan minuman cokelat bubuk instan. Tambahkan taburan kayu manis untuk memperkuat aroma minuman cokelat panas.

2 Manfaat Mengonsumsi Cokelat 

Ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan dari mengonsumsi cokelat, baik bagi Anda maupun pelanggan. Apa saja manfaatnya? 

1. Menghangatkan Badan

Mengonsumsi cokelat dalam bentuk olahan minuman panas tentu akan membuat badan menjadi hangat. Apalagi jika minuman tersebut dinikmati di tengah cuaca hujan lebat yang dingin. 

2. Meningkatkan Mood

Apakah Anda tahu bahwa cokelat memiliki kandungan feniletilamin yang mampu meningkatkan mood seseorang. Jadi, siapa pun yang mengonsumsi cokelat akan memiliki mood yang lebih baik karena kandungannya tersebut. Tentu saja, mood juga akan lebih meningkat ketika pelanggan mengonsumsi hidangan cokelat yang lezat dan rasanya tidak dapat terlupakan dari lidah mereka.

Pilihlah Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Jadi, apakah Anda sudah mengerti apa saja kegunaan coklat? Ada banyak sekali kegunaan cokelat di dalam dunia kuliner dan Anda dapat menggunakan informasi di atas untuk membuat bisnis kuliner sendiri.

Perlu Anda ketahui, bisnis kuliner dengan tema pastry dan bakery yang menggunakan cokelat sebagai bahan utamanya mampu menarik banyak perhatian pelanggan. Hal ini dikarenakan cokelat sudah diminati oleh banyak orang dari berbagai kelangan.


Untuk menjalankan bisnis kuliner, Anda tentu perlu menggunakan cokelat berkualitas. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan produk-produk yang disediakan oleh KioskCokelat.


Berikut ini, ada beberapa rekomendasi produk dari KioskCokelat yang sudah sering digunakan dalam industri HoReCa (Hotel, Restoran, dan Cafe), yaitu:

1. Produk Cokelat Couverture dari Embassy

KioskCokelat menyediakan cokelat couverture berkualitas dari Embassy. Ada berbagai varian yang tersedia sesuai dengan kadar persentase cokelat yang dimiliki.

Cokelat couverture Embassy ini juga memiliki bentuk koin yang dapat memudahkan Anda dalam proses pengolahannya. Untuk melihat variasi produk lengkapnya, Anda dapat langsung mengeceknya di sini

2. Produk Cokelat Compound dari Tulip Chocolate

Selain cokelat couverture, KioskCokelat juga menyediakan produk cokelat compound dari Tulip Chocolate. Anda dapat menggunakan cokelat compound hitam, susu, putih, bahkan ada juga varian stroberi. Katalog lengkapnya untuk produk cokelat compound Tulip Chocolate dapat dilihat di sini.

3. Tulip Choco Chunks dan Tulip Choco Chips

Anda ingin membuat cupcake atau muffin cokelat yang lezat dan mampu menarik minat pelanggan? Coba gunakan Tulip Choco Chunks dan Tulip Choco Chips dengan cita rasa cokelat yang sangat rich serta mampu menambah kelezatan di setiap gigitan hidangan yang Anda buat.

4. Cocoa Powder dari Tulip Chocolate

Rekomendasi produk yang terakhir adalah jajaran produk cocoa powder dari Tulip Chocolate. Anda dapat menggunakan Tulip Burgundy Cocoa Powder, Tulip Bordeaux Cocoa Powder, Tulip Noir Cocoa Powder, hingga bubuk cokelat instan Tulip Cioccolato. Masing-masing varian produk memiliki kadar cokelat yang berbeda dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan hidangan yang ingin Anda buat. Untuk katalog lengkapnya, Anda dapat melihatnya di sini.

Produk mana yang Anda butuhkan? Langsung saja hubungi KioskCokelat untuk melakukan pemesanan sekarang juga. Anda bisa membeli produk kami dalam jumlah satuan maupun karton.