CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Mengenal Apa Itu Pasta Cokelat

Mengenal Apa Itu Pasta Cokelat

Apabila Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia kuliner terutama baking, maka penting untuk mengetahui apa itu pasta coklat. Bahan yang sangat serbaguna ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pembuatan makanan. Selain itu, pasta cokelat juga dapat dijadikan sebagai cocolan, olesan, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari informasi lengkap seputar apa itu pasta cokelat. Sebagai tambahan informasi, Anda juga akan mendapatkan informasi seputar fungsi pasta cokelat dalam hidangan kuliner.

Apa Itu Pasta Cokelat?

Pasta cokelat adalah salah satu produk cokelat yang berbentuk pasta, atau selai, dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sama seperti produk cokelat lainnya, pasta cokelat memiliki berbagai macam varian, seperti pasta cokelat hitam, pasta cokelat putih, hingga pasta cokelat susu. Selain itu, pasta cokelat juga dapat memiliki komposisi dan konsistensi yang beragam.

Pasta cokelat merupakan salah satu pilihan bahan yang sangat cocok digunakan sebagai pengganti cokelat batangan atau cokelat bubuk pada berbagai macam resep makanan. Walaupun terbuat dari cokelat, tetapi biasanya pasta cokelat tidak akan mengeras ketika disimpan pada suhu ruangan.

Kandungan Pasta Cokelat

Pasta cokelat terbuat dari campuran bubuk kakao, lemao kakao (cocoa butter), minyak nabati (seperti minyak kelapa atau minyak kelapa sawit), serta susu dan gula. Pada beberapa jenis produk yang sudah beredar di pasaran, pasta cokelat juga mengandung berbagai macam bahan tambahan seperti kacang, stroberi, atau madu.

Perbedaan Pasta Cokelat dan Pasta Kakao

Pasta kakao, atau dapat juga disebut sebagai cocoa paste dan cocoa liquor, adalah produk alami yang berasal dari biji yang diambil dari buah pohon cokelat (Theobroma cacao). Biji kakao yang sudah diambil dari buah cokelat kemudian difermentasi, dikeringkan, dipanggang di bawah sinar matahari, dan dipisahkan dari kulitnya. Selanjutnya, biji kakao digiling menjadi cocoa mass. Lalu, cocoa mass akan dilebur hingga menjadi pasta kakao.

Berbeda dengan pasta cokelat yang merupakan produk yang terbuat dari cokelat, pasta kakao ini merupakan bahan utama pembuatan cokelat. Selain itu, pasta kakao juga berisi cocoa solid dan cocoa butter, yang mana keduanya dapat dipisahkan. Nantinya, cocoa solid tersebut dapat dibuat menjadi bubuk kakao (cocoa powder), atau disatukan kembali dengan cocoa butter untuk membuat cokelat couverture.

7 Fungsi Pasta Cokelat Untuk Bisnis Kuliner

Pasta cokelat merupakan bahan yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan untuk berbagai macam produk makanan. Berikut ini adalah beberapa fungsi pasta cokelat untuk bisnis kuliner yang perlu Anda ketahui.

1. Filling

Berbagai macam produk bakery dan pastry memiliki isian cokelat di dalamnya, seperti roti, croissant, lava cake, dan masih banyak lagi. Anda dapat menggunakan pasta cokelat untuk dijadikan sebagai isian dari makanan-makanan tersebut.

Selain menggunakan pasta cokelat sebagai isian untuk produk bakery dan pastry, Anda juga bisa membuat cream filling dengan menambahkan beberapa bahan seperti krim (atau susu) dan mentega. Tekstur pasta cokelat yang lembut dan lumer di mulut menjadikannya isian yang digemari oleh banyak orang.

2. Spread

Salah satu penggunaan yang paling umum dari pasta cokelat adalah dijadikan sebagai spread. Bentuk dari pasta cokelat yang seperti selai memang sangat cocok digunakan untuk berbagai macam kebutuhan spread seperti pada roti, kue, dan lain sebagainya.

Anda dapat menambahkan berbagai macam bahan pada pasta cokelat ini untuk menambah varian rasa pada spread tersebut. Di pasaran, chocolate spread juga memang sudah banyak dijual dengan berbagai varian rasa seperti kacang dan stroberi.

3. Dipping

Pasta cokelat sangat cocok sekali digunakan sebagai dipping atau cocolan untuk berbagai macam produk bakery dan pastry seperti churro, biskuit, dan masih banyak lagi. Untuk menambah variasi rasanya, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti sprinkle warna-warni, potongan buah-buahan, atau butiran renyah ke dalam adonan pasta cokelat.

4. Topping

Pasta cokelat sangat cocok dijadikan sebagai topping berbagai macam hidangan. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan pasta cokelat di jus alpukat untuk menambah rasa kecokelatan kepada jus alpukat tersebut. Tidak hanya itu saja, pasta cokelat juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan es krim cokelat.

5. Ganache

Ganache adalah krim cokelat yang biasa digunakan untuk berbagai macam keperluan resep hingga dekorasi produk bakery dan pastry. Pasta cokelat ini dapat Anda gunakan untuk menggantikan fungsi ganache tersebut. Walaupun memang ada beberapa pasta cokelat yang tidak mengandung krim di dalamnya, tetapi pasta cokelat merupakan bahan terbaik yang dapat digunakan untuk menggantikan ganache.

6. Mousse

Mousse merupakan salah satu jenis makanan penutup sederhana yang biasa disajikan di berbagai kafe maupun restoran. Mousse sendiri dibuat dengan cara memanaskan pasta cokelat dengan susu, kemudian secara bertahap mencampurkannya ke dalam adonan krim, tepung maizena, dan gula halus.

7. Praline dan Truffle

Praline dan truffle adalah manisan permen yang memiliki isian cokelat, atau terkadang kacang, di dalamnya. Kedua makanan ini terbuat campuran cokelat, mentega, krim, dan juga gula, serta biasanya memiliki kacang (untuk praline) dan rasa buah atau minuman keras seperti wine, wiski, dan lain sebagainya (untuk truffle).

Apabila Anda membutuhkan pasta cokelat untuk keperluan bisnis, coba kunjungi KioskCokelat untuk membelinya. Anda dapat membeli berbagai macam produk cokelat, mulai dari Compound, Couverture, dan masih banyak lagi, untuk satuan saja maupun lusinan.