Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat?

Mengapa Hari Valentine Identik dengan Cokelat?

Hari Valentine identik dengan tradisi memberikan cokelat ke orang tersayang. Akan tetapi masih banyak yang belum tahu mengapa hari Valentine identik dengan coklat. Apabila dilihat dari sisi historis, hari Valentine mulai diidentikan dengan cokelat hanya semenjak beberapa ratus tahun yang lalu saja.

Hari Valentine identik dengan tradisi memberikan cokelat ke orang tersayang. Akan tetapi masih banyak yang belum tahu mengapa hari Valentine identik dengan coklat. Apabila dilihat dari sisi historis, hari Valentine mulai diidentikan dengan cokelat hanya semenjak beberapa ratus tahun yang lalu saja.

Lantas, mengapa hari Valentine identik dengan coklat? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan mengenai apa itu hari Valentine terlebih dahulu di bawah ini!

Apa Itu Hari Valentine?

Hari Valentine, atau bisa juga disebut hari Kasih Sayang, adalah sebuah hari perayaan kasih sayang yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Budaya hari Valentine sendiri berasal dari negara-negara Barat, seperti negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Pada awalnya, hari Valentine adalah sebuah festival yang dirayakan oleh orang Romawi yang diadakan setiap pertengahan bulan Februari. Festival tersebut diadakan untuk merayakan datangnya musim semi, sekaligus mengadakan upacara kesuburan dan perjodohan antara pria dan wanita lajang.

Hari Valentine yang kita kenal sebagai hari menyatakan rasa kasih sayang ini berasal ketika Santo Valentine, seorang imam Kristen, menentang dekret Kaisar Claudius II Gothicus di Roma. Pada saat itu, Kaisar Claudius II Gothicus memutuskan bahwa pria muda tidak boleh menikah karena pria lajang akan menjadi prajurit yang lebih baik.

Tidak setuju dengan keputusan sang Kaisar, Valentine tetap melakukan upacara pernikahan untuk pasangan muda secara rahasia. Ketika tindakan Valentine diketahui, Kaisar Claudius memerintahkan agar Valentine ditangkap dan diberi hukuman mati. Sejak saat itu, setiap tanggal 14 Februari dirayakan sebagai Hari Valentine untuk mengenang jasa Santo Valentine.

Mengapa Hari Valentine Identik dengan Coklat?

Seperti yang sudah diketahui di atas, awalnya hari Valentine hanya dirayakan untuk menyambut datangnya musim semi serta mengenang jasa Santo Valentine. Seiring berjalannya waktu, hari Valentine mulai diidentikan dengan hari kasih sayang di mana orang-orang menyatakan rasa sayangnya kepada orang tersayang dan memberikan hadiah seperti cokelat.

Cokelat mulai diidentikan dengan hari Valentine pada tahun 1800-an karena ide pemasaran Richard Cadbury. Pada saat itu, cokelat adalah sebuah komoditas mahal yang hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan dan orang-orang kaya saja, tetapi Richard Cadbury berhasil menemukan cara untuk membuat cokelat dengan bahan yang lebih murah.

Setelah berhasil membuat cokelat yang lebih murah, Richard Cadbury mulai menjual cokelat tersebut dengan bungkusan kotak berbentuk hati yang didekorasikan dengan bunga mawar dan cupid. Bunga mawar dan cupid sendiri merupakan simbol dari cinta pada era Victoria. Sejak saat itu, orang-orang mulai memberikan cokelat kepada orang tersayangnya di hari Valentine.

3 Ide Cokelat Valentine yang Cantik dan Lezat

Hari Valentine memang merupakan waktu terbaik untuk memberikan orang tersayang cokelat yang lezat dan unik, apalagi jika cokelat tersebut hasil buatan sendiri. Berikut ini, Anda bisa mengintip beberapa ide cokelat Valentine yang cantik dan lezat.

  1. Chocolate Bon Bon

Bon bon, atau bonbon, adalah permen manis berbentuk bola kecil yang dilapisi cokelat. Kata bon bon sendiri berasal dari bahasa Prancis dan memiliki arti "permen". Di Prancis, bon bon biasanya dibuat dengan bagian tengah berisi buah, dan bisa juga berisi ganache, karamel, kacang, atau nougat.

Rasanya yang manis serta bentuknya yang lucu dan cantik membuatnya menjadi salah satu cokelat favorit yang biasa diberikan ketika hari Valentine. Biasanya, bon bon dibungkus dengan kotak berbentuk hati berwarna merah muda. Anda juga dapat menambahkan berbagai macam dekorasi untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan sesuai dengan kesukaan orang yang ingin diberikan bon bon ini.

  1. Chocolate Truffle

Truffle adalah hidangan cokelat yang terbuat dari campuran cokelat couverture seperti Embassy Torres atau compound seperti Tulip Choco Chips, gula, mentega, dan krim. Truffle biasanya memiliki rasa buah atau seperti minuman keras (wine, wiski, dan lain sebagainya). Truffle cenderung memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di mulut ketika sudah masuk ke mulut dan menyentuh lidah.

  1. Chocolate Praline

Praline merupakan manisan cokelat yang berisi kacang atau ganache. Ada banyak sekali jenis praline yang dapat ditemukan, seperti praline Prancis dan praline Belgia. Dari segi tekstur, praline sendiri bisa memiliki tekstur yang bervariasi, dari mulai renyah hingga cukup lembut dan dapat meleleh di mulut.


Semoga penjelasan mengenai mengapa hari Valentine identik dengan coklat ini dapat berguna bagi Anda. Jika tertarik untuk membuat cokelat Valentine, Anda dapat menggunakan cokelat dengan kualitas yang baik dari KioskCokelat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kami, klik di sini.