cake ulang tahun cokelat

9 Ide Menghias Kue Ulang Tahun dengan Cokelat

Kiosk akan memberikan Anda 9 inspirasi untuk menghias kue ulang tahun dengan cokelat, dimulai dari mirror glaze hingga cake dengan taburan snack cokelat.

Kue ulang tahun telah menjadi tradisi yang wajib ada saat seseorang bertambah usia. Anda bisa ikut memeriahkan hari jadi pelanggan melalui hidangan kue tar yang cantik. Menghias kue ulang tahun dengan coklat menjadi pilihan prima yang bisa Anda berikan kepada pelanggan. 

Anda sedang mencari inspirasi dekorasi kue ulang tahun yang lezat dan menarik? Temukan berbagai ide dekorasi kue ulang tahun yang brilian di artikel ini.

9 Ide Menghias Kue Ulang Tahun dengan Cokelat untuk Hari Bahagia Pelanggan Anda

Pelanggan lebih mengutamakan soal estetika saat memilih sebuah kue tar. Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat pelanggan tertarik pada kreasi hidangan yang disajikan. Caranya sederhana, yaitu menghias kue ulang tahun dengan berbagai bahan cokelat.

Siapa bilang cokelat hanya bisa memberikan kelezatan saat disantap? Anda dapat mengolah cokelat menjadi bahan dekorasi apabila tahu cara memanfaatkannya. Buktinya, banyak sekali kreasi ulang tahun yang cantik hanya menggunakan berbagai bahan cokelat. Intip berbagai inspirasi dekorasinya di bawah ini.

1. Chocolate Mirror Glaze


Hadirkan kesan mewah pada kue ulang tahun Anda dengan tambahan dekorasi mirror glaze. Walaupun simpel, ide dekorasi kue ulang tahun ini sangat kekinian dan pasti sering dicari oleh pelanggan Anda. Bahan untuk coating-nya bisa menggunakan Tulip Decor White Compound Chocolate yang dapat dicampur pewarna apa pun agar visual kue ulang tahun Anda makin berwarna.

2. Snack Cokelat


Biskuit, wafer stick, wafer, dan chocolate finger merupakan beberapa contoh dari banyaknya snack cokelat untuk dekorasi kue. Anda pun dapat membuat kue macaroon sendiri untuk menambah dekorasinya. Intinya, berkreasilah menggunakan berbagai snack dari cokelat buatan sendiri atau langsung jadi untuk menghias kue ulang tahun yang meriah.

3. Paduan Dua Bahan


Cobalah memadukan cokelat dengan bahan lainnya, salah satunya permen cokelat. Anda dapat menggunakan inspirasi dari gambar ini untuk membuat kue ulang tahun unik karena bentuknya yin dan yang. Inspirasi lainnya, Anda bisa mengombinasikan cokelat dengan buah-buahan, terutama stroberi dan rasberi supaya tampilannya makin cerah.

4. Tulisan Nama dari Cokelat Putih


Pelanggan makin merasa spesial saat melihat nama di atas kue ulang tahun. Wujudkan perasaan bahagia mereka tersebut dengan cara menambahkan nama di atas hidangan Anda. Anda dapat melelehkan cokelat putih atau mengolahnya menjadi fondant yang bisa disusun membentuk nama pelanggan.

5. Taburan Meses


Ada dua pilihan meses yang dapat dipilih untuk menghias kue ulang tahun: meses cokelat atau meses warna-warni. Meses cokelat akan menyempurnakan rasa hidangan Anda agar lebih kaya, sedangkan meses warna-warni membuat kue ulang tahun terlihat ceria dan manis. Apa pun pilihannya, sesuaikan dengan selera pelanggan Anda.

6. Multi-tier Cake

multi tier cake

Ingin kue ulang tahun yang terlihat mewah dan menarik perhatian semua orang? Cobalah membuat multi-tier cake alias kue bertingkat. Hanya dengan menambahkan tingkatan, kue ulang tahun akan terlihat lebih indah dan mewah. Apalagi bila Anda mendekorasi kue tersebut lagi dengan bermacam-macam topping seperti cokelat leleh, fondant, dan buttercream. Tentu tampilan kue akan tampak semakin cantik dan menarik.

7. Chocolate Drip

chocolate drip

Selanjutnya, Anda juga bisa menghias cake dengan coklat leleh dengan menggunakanny sebagai chocolate drip. Desain cake satu ini memang terlihat sederhana, tapi lelehan cokelat yang terlihat di sisi-sisi kue membuatnya tampak lebih lezat dan menarik. Cara membuat hiasan cake satu ini pun cukup mudah, Anda hanya membutuhkan jenis cokelat compound atau cooking chocolate. Cukup lelehkan dan tuangkan lelehan cokelat di sisi-sisi kue. Kemudia, biarkan cokelat mengeras terlebih dahulu sebelum menyajikan kue.

8. Aneka Piping Buttercream

piping buttercream

Menghias cake menggunakan buttercream memang sudah biasa. Tetapi, dengan piping tip yang cantik, maka kue pun bisa tampak lebih menarik. Lalu, apabila Anda sudah bosan dengan rasa buttercream yang biasa, cobalah menggabungnkannya dengan ganache untuk membuat chocolate buttercream yang tidak hanya lezat, teapi juga manis dilihat.

9. Taburan Buah Segar

buah segar

Bosan dengan dekorasi cokelat? Salah satu dekorasi kue yang dapat Anda gunakan untuk menyeimbangkan rasa kue ulang tahun cokelat adalah buah-buahan segar. Rasanya yang sedikit asam akan membuat cake cokelat terasa lebih lezat. Buah-buahan seperti strawberry, raspberry, dan cherry sangatlah cocok untuk menghias cake dari cokelat

5 Tips Mengolah Cokelat untuk Dekorasi Kue Ulang Tahun

Anda pasti membutuhkan kreativitas untuk membuat berbagai bentuk dekorasi kue ulang tahun, apalagi jika bahan dekorasi yang tersedia hanyalah cokelat. Tak perlu khawatir karena cokelat dapat diolah menjadi berbagai bentuk dekorasi. KioskCokelat akan membagikan tips kreatif dalam mengolah cokelat di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Tema Ulang Tahun

Rasanya lebih spesial apabila Anda membuat kue ulang tahun sesuai pesanan pelanggan. Cobalah tanyakan kepada pelanggan mengenai preferensi dekorasi mereka terlebih dahulu, barulah Anda bisa membuat hiasan sesuai permintaan mereka. Tawarkan juga desain dekorasi yang pernah dibuat dari portofolio Anda jika mereka belum memiliki ide.

2. Gunakan Teknik Au-Bain Marie

Dekorasi seperti mirror glaze atau coating lainnya akan lebih indah apabila lelehan cokelatnya mengilap. Cara terbaiknya, Anda bisa menggunakan teknik Au-Bain Marie untuk melelehkan Tulip Dark Compound Chocolate. Kuncinya, jangan diamkan cokelat selama dimasak, tetapi aduk terus hingga mencair sempurna.

3. Buat Frosting atau Buttercream

Frosting atau buttercream selalu menjadi dekorasi andalan untuk kue ulang tahun. Tekstur frosting kue yang baik selalu lembut, tetapi tetap stabil sehingga masih bisa dibentuk menjadi elemen dekorasi kue Anda. Agar lebih mudah, Anda bisa membuat frosting menggunakan Tulip Cokelat Krim.

4. Kombinasikan Cokelat Hitam dan Cokelat Putih

Cokelat hitam dan cokelat putih dapat menghadirkan kesan dramatis pada kue. Ide ini dapat digunakan untuk membuat coating bercorak marble yang elegan. Jangan melelehkan cokelat putih dan cokelat putih sekaligus, tetapi campurkan dalam satu loyang apabila keduanya sudah mencair sempurna.

5. Cobalah Membuat Dekorasi Tema Ombre

Cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih memiliki warna yang berbeda sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat dekorasi bercorak ombre. Mulailah dari warna cokelat paling gelap pada bagian bawah kue, lalu gunakan cokelat susu untuk melapisi bagian tengahnya dan akhiri dengan menggunakan cokelat putih. 

Tidak hanya dekorasi luarnya, Anda pun dapat melakukan teknik ini pada bagian dalam kue sehingga lebih elegan saat dipotong. Teknik padu padan warna cokelat ini bisa pula diterapkan untuk membuat frosting berbentuk mawar sebagai dekorasi kue ulang tahun.

Pilihlah Bahan Baku Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Tips terbaik dalam mengolah cokelat yaitu memanfaatkan bahan cokelat berkualitas dari Tulip Chocolate. Masih banyak produk yang dapat digunakan untuk menghias kue, salah satunya Tulip Hazel Delight untuk ganache kue yang lebih terang. Pelanggan pun akan merasakan kelezatan cita rasa kacang hazel saat menyantap hidangan ini.

Kegiatan menghias kue ulang tahun dengan coklat akan lebih memuaskan berkat produk cokelat terbaik. Kue ulang tahun akan terlihat elegan, menarik, dan bertambah lezat saat disantap oleh pelanggan. Tertarik mendapatkan produknya? Hubungi KioskCokelat dan sajikan kue ulang tahun spesial untuk pelanggan Anda hanya dengan produk terbaik kami.