Mengenal Apa Itu Mousse

Mengenal Apa Itu Mousse

Apa itu mousse? Mungkin istilah tersebut belum familier di telinga Anda. Padahal, mousse cokelat merupakan salah satu makanan penutup yang sering sekali disajikan karena rasanya yang enak.

Apa itu mousse? Mungkin istilah tersebut belum familier di telinga Anda. Padahal, mousse cokelat merupakan salah satu makanan penutup yang sering sekali disajikan karena rasanya yang sangat enak. 

Mousse juga dapat langsung dihidangkan atau dijadikan sebagai filling atau topping untuk produk bakery lainnya. Lantas, apa itu mousse?

Apa Itu Mousse?

apa itu mousse

Mousse adalah salah satu jenis dessert berbahan dasar cokelat atau buah yang memiliki tekstur airy. Biasanya diaplikasikan pada entremet atau glass dessert.

Kata ‘mousse’ sendiri berasal dari bahasa Prancis dan memiliki arti ’airy’. Mousse biasanya dibuat dengan cara mem-folding whipping cream dengan bahan lainnya seperti cokelat, gelatin, atau puree buah lainnya. Gelatin berperan penting dalam mousse untuk menstabilkan teksturnya.

Mousse yang diolah dengan benar memiliki tekstur yang ringan dan airy. Dalam hal penyimpanan, mousse dapat disimpan di chiller dengan dalam suhu sekitar 5 derajat celcius.

Selain itu, mousse dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mousse manis dan mousse asin.

Baca juga: 5 Ide Cemilan Dari Cokelat yang Laris Dijual

Mousse Manis

Mousse manis biasanya dibuat menggunakan whipped cream atau putih telur yang sudah dikocok sebagai bahan dasarnya, atau gabungan dari kedua bahan tersebut. Lalu, untuk menambah rasa manisnya, biasanya adonan tersebut akan ditambah dengan satu bahan atau beberapa bahan sekaligus, seperti cokelat, kopi, karamel, buah-buahan, mint, atau vanila.

Dalam beberapa proses pembuatan mousse cokelat, biasanya bagian kuning telur akan dicampurkan ke dalam adonan cokelat leleh dan diaduk hingga tercampur rata untuk memberikan rasa yang lebih kaya di mulut. 

Mousse manis biasa disajikan langsung sebagai makanan penutup serta dijadikan sebagai filling untuk berbagai macam kue. Mousse harus didinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan untuk membuat teksturnya menjadi lebih padat. Selain itu, mousse juga sering dicetak ke dalam sebuah cetakan silikon dan dibekukan untuk membuat mousse memiliki sebuah bentuk yang pasti agar dapat dimakan dengan lebih mudah.

Mousse Asin

Sama seperti mousse manis, mousse asin dibuat menggunakan whipped cream, telur putih kocok, atau gabungan keduanya. Bedanya, bahan tambahan yang dicampurkannya adalah yang asin, seperti daging sapi, ikan, kerang, foie gras, keju, atau sayuran. Biasanya, mousse asin akan disajikan dalam kondisi panas dan memiliki tekstur yang sangat ringan.

Apa Itu Mousse Cokelat?

mengenal mousse cokelat

Mousse cokelat merupakan salah satu jenis mousse yang paling populer, baik itu untuk anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa dan orang tua. Tekstur dari mousse cokelat yang ringan membuatnya sangat mudah dikenali, apalagi tampilan cokelatnya membuat hidangan penutup yang satu ini makin menggugah selera.

Mousse cokelat memiliki rasa cokelat yang kuat dan manis. Ditambah, teksturnya yang lembut akan membuatnya terasa meleleh ketika sudah menyentuh langit-langit di mulut. Mousse cokelat merupakan suguhan makanan penutup yang sangat cocok dihidangkan untuk berbagai macam acara, baik itu acara formal maupun acara santai.

Sejarah Mousse Cokelat

Mousse pertama kali diciptakan di Prancis pada abad ke-18. Pada awalnya, mousse yang pertama kali diciptakan adalah mousse asin. Lalu, pada pertengahan abad ke-19, akhirnya mousse yang manis tercipta, yaitu mousse cokelat. Uniknya, mousse cokelat justru diciptakan oleh seorang pelukis yang memiliki pengalaman memasak asal Prancis, yaitu Henri Toulouse-Lautrec.

Walaupun memang lebih dikenal sebagai seorang seniman bohemian, tetapi Toulouse-Lautrec memiliki pengalaman sebagai seorang cook dan sering menghabiskan waktunya untuk mencoba menciptakan berbagai masakan. Hebatnya, salah satu masakan ciptaannya, yaitu mousse cokelat, berhasil menjadi makanan klasik dan tradisional yang serbaguna dan dapat disajikan dengan berbagai cara yang berbeda.

Baca juga: 3 Aneka Olahan Coklat Blok untuk Kreasi Menu Anda

3 Tips Membuat Mousse Cokelat

tips membuat mousse cokelat

Ada beberapa tips yang sangat berguna dan dapat membuat rasanya makin nikmat apabila Anda tertarik untuk membuat mousse cokelat. Berikut ini adalah beberapa tips membuat mousse cokelat agar rasanya makin lezat dan nikmat.

1. Bahan Dasar

Agar mousse memiliki tekstur dan rasa yang sangat lembut di mulut, Anda perlu membuat bahan dasarnya kuning telur dan sugar syrup dan dikocok hingga mengembang atau soft peak. Selain itu, pastikan juga bahwa adonan berada pada suhu ruangan dan cukup cair untuk dicampurkan bersama dengan whipped cream dan putih telur tanpa mengecilkan volumenya.

2. Lelehkan Cokelat dengan Sempurna

Cokelat merupakan bahan paling penting yang dapat berpengaruh besar terhadap rasa dari mousse cokelat. Pastikan Anda melelehkan cokelat dengan benar, baik itu menggunakan teknik au bain-marie maupun menggunakan microwave. Apabila Anda bingung bagaimana cara melelehkan cokelat dengan benar, kunjungi saja video berikut:

5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar

3. Gunakan Peralatan yang Bersih

Terkadang, peralatan yang kita gunakan seperti mangkuk dan whip akan memiliki sisa lemak atau bahan masakan lain. Bahan seperti lemak dapat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap putih telur ketika dikocok, yaitu membuat prosesnya mengembang lebih lambat dan volume yang dihasilkan biasanya tidak akan besar. Oleh karena itu, pastikan seluruh peralatan yang digunakan benar-benar bersih.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

Menarik sekali kan? Apabila Anda tertarik untuk membuat mousse cokelat, atau ingin menyajikannya sebagai salah satu menu di kafe atau restoran, silakan gunakan produk cokelat dari KioskCokelat sebagai salah satu bahan dasarnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini!