3 Aneka Olahan Coklat Blok untuk Kreasi Menu Anda

3 Aneka Olahan Coklat Blok untuk Kreasi Menu Anda

Ada banyak sekali aneka olahan cokelat blok yang dapat Anda coba. Cokelat blok adalah cokelat yang paling umum digunakan karena Anda hanya perlu melelehkan cokelat tersebut sebelum mengolahnya menjadi berbagai macam camilan. Cokelat blok yang dimaksud di sini adalah cokelat compound yang terbuat dari cocoa powder dan lemak nabati.

Ada banyak sekali aneka olahan cokelat blok yang dapat Anda coba. Cokelat blok adalah cokelat yang paling umum digunakan karena Anda hanya perlu melelehkan cokelat tersebut sebelum mengolahnya menjadi berbagai macam camilan. Cokelat blok yang dimaksud di sini adalah cokelat compound yang terbuat dari cocoa powder dan lemak nabati.

Lantas, apa saja aneka olahan cokelat blok yang paling banyak ditemui di pasaran dan disukai oleh orang-orang? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Aneka Olahan Cokelat Blok yang Paling Disukai

Cokelat memang merupakan salah satu makanan yang paling banyak disukai oleh orang-orang. Tidak heran jika aneka olahan cokelat blok selalu menjadi incaran banyak orang ketika mereka mengunjungi kafe atau tempat makan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa aneka olahan cokelat blok yang paling banyak disukai dan diminati oleh orang-orang:

1. Truffle Cokelat

Truffle cokelat adalah sejenis permen cokelat, yang dibuat secara tradisional dengan bagian tengah ganache cokelat yang dilapisi oleh cokelat, bubuk kakao, dan/atau kacang panggang cincang (biasanya hazelnut atau almond). Truffle cokelat biasanya memiliki bentuk bulat, kerucut, atau melengkung.

Nama truffle sendiri berasal dari kemiripannya dengan sebuah jamur bernama Truffle yang dapat dimakan dari genus Tuber. Truffle juga memiliki berbagai macam jenis, tetapi umumnya dibuat dengan menggabungkan cokelat leleh ke dalam campuran krim susu dan mentega yang mendidih, dituangkan ke dalam cetakan untuk diatur sebelum ditaburi bubuk kakao. Olahan cokelat blok ini memiliki masa simpan yang sangat singkat dan harus dikonsumsi dalam beberapa hari setelah pembuatan.

2. Mousse Cokelat

Mousse merupakan aneka olahan cokelat blok yang memiliki tekstur lembut dan berlubang atau berongga. Proses pembuatan mousse dilakukan dengan cara mengaduk, melipat, kemudian dicetak dan disajikan saat dingin. Dalam bahasa Prancis, mousse berarti busa, dan memiliki asal usul berupa minuman beralkohol yang terbuat dari campuran madu dan anggur yang memiliki banyak busa di atasnya.

Mousse cokelat merupakan jenis mousse yang pertama kali dikenal di Prancis pada abad ke-18, tercatat dalam buku Supper at Court karya Menon. Resep yang ditulis juga mirip dengan resep yang digunakan saat membuat mousse cokelat pada umumnya. Dalam buku tersebut, mousse dibuat dengan menggunakan cokelat leleh, air panas dan telur, kemudian diaduk hingga menghasilkan tekstur yang halus.

Seiring berkembangnya zaman, mousse cokelat mencapai puncak popularitasnya menjelang abad ke-20. Tekstur dari mousse cokelat yang lembut ini telah menjadi sorotan sejak pertama kali disajikan di Food Exposition di Amerika Serikat pada tahun 1897.

3. Puding Cokelat

Puding cokelat adalah salah satu jenis makanan penutup dalam keluarga puding dengan varian rasa cokelat. Ada dua jenis utama dari puding cokelat, yaitu:

  • Makanan penutup yang direbus lalu didinginkan: secara tekstur set puding dengan pati, biasanya dimakan di AS, Kanada, Jerman, Swedia, Polandia, serta Asia Timur dan Asia Tenggara.
  • Versi kukus atau panggang: teksturnya mirip dengan kue, populer di Inggris Raya, Irlandia, Australia, Jerman, dan Selandia Baru.

Puding cokelat ini merupakan salah satu jenis makanan penutup yang paling sering disajikan dalam berbagai acara di Indonesia seperti pesta pernikahan. Selain karena rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut juga menjadikannya favorit banyak orang.


Jika Anda tertarik untuk menjual aneka olahan cokelat blok yang kami sampaikan di atas sebagai salah satu menu di kafe, restoran, atau bakery Anda, pastikan untuk menggunakan cokelat dengan kualitas yang baik sebagai bahan dasarnya. Bersama kualitas cokelat yang baik, hasil akhir seperti rasa dan tekstur dari olahan cokelat pun akan menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan cokelat dengan kualitas terbaik untuk bisnis makanan, Anda bisa menemukannya di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai jenis cokelat yang dapat Anda gunakan untuk berbagai olahan makanan. Yuk berikan pelanggan Anda aneka olahan cokelat blok dengan kualitas terbaik dari KioskCokelat!