Apa Sih Coklat Praline Itu?

Apa Sih Coklat Praline Itu?

Coklat praline adalah salah satu jenis camilan cokelat yang sangat populer di kalangan pecinta cokelat. Selain cokelat, praline sendiri biasanya mengandung kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, maupun pecan, dan juga gula.

Coklat praline adalah salah satu jenis camilan cokelat yang sangat populer di kalangan pecinta cokelat. Selain cokelat, praline sendiri biasanya mengandung kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, maupun pecan, dan juga gula.

Praline seringkali disalahartikan dengan truffle, padahal sebenarnya mereka adalah dua jenis manisan yang sangat berbeda. Perbedaan antara praline dan truffle memang sulit dilihat, tetapi ketika Anda mencicipinya, Anda benar-benar dapat membedakannya.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan coklat praline itu? Apa saja perbedaannya dengan truffle? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Coklat Praline?

Menurut istilah semantik dalam bahasa Prancis, praline mengacu pada manisan atau camilan kacang yang dilapisi dengan gula karamel. Di Belgia, "praline" didefinisikan sebagai permen cokelat yang memiliki isian, baik itu cokelat filling atau jenis filling lainnya. Istilah "praline" sendiri memang berasal dari Belgia. Walaupun begitu, di Prancis, apa yang orang Belgia sebut praline, biasanya disebut "crotte de chocolat".

Praline Prancis biasanya memiliki rasa kacang yang sangat terasa. Kacang yang terkandung dalam praline Prancis bisa dari jenis apa saja, meskipun kacang yang paling sering digunakan adalah jenis almond dan hazelnut. Sedangkan praline Belgia lebih kental akan rasa cokelatnya, karena biasanya bahan seperti kacang hanya dijadikan sebagai isian saja.

Selain Prancis dan Belgia, praline juga memang dikenal di berbagai negara Eropa dan menjadi salah satu camilan cokelat yang paling umum. Di Jerman, Belanda, dan Inggris, kata praline terkadang merujuk pada bubuk kacang atau pasta cokelat yang biasanya digunakan sebagai isian dari praline Prancis dan Belgia.

Resep praline mulai berubah sejak tahun 1700-an ketika orang-orang Eropa mulai pindah ke Amerika Serikat, terutama ke daerah New Orleans. Saat itu, seorang wanita dari New Orleans mulai menggunakan kacang jenis pecan dan menambahkan krim ke dalam campuran praline untuk membuat tekstur yang lebih lembut. Camilan cokelat ini kemudian lebih sering disebut sebagai pecan, bukan praline.

Perbedaan antara Praline dan Truffle

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, praline dan truffle adalah dua jenis makanan yang sering disalahartikan atau disamakan. Truffle sendiri adalah camilan cokelat yang terbuat dari campuran cokelat, mentega, krim, dan juga gula, serta biasanya memiliki rasa buah atau minuman keras (wine, wiski, dan lain sebagainya).

Perbedaan utama antara praline dan truffle adalah dari bahan utamanya, di mana praline memiliki bahan utama kacang, sedangkan bahan utama dari truffle adalah cokelat. Beberapa jenis praline, seperti praline Prancis, bahkan terkadang tidak membutuhkan bahan cokelat sama sekali. Selain itu, praline yang menggunakan bahan cokelat pun biasanya masih memiliki rasa kacang yang cukup kuat.

Dari segi tekstur, praline sendiri dapat memiliki tekstur yang bervariasi dari mulai renyah hingga cukup halus. Di sisi lain, truffle cenderung memiliki tekstur yang lembut dan meleleh, seperti satin, begitu camilan cokelat tersebut menyentuh lidah Anda.

Dapatkan Cokelat untuk Membuat Coklat Praline di KioskCokelat

Jika Anda ingin mendapatkan cokelat berkualitas tinggi untuk bisnis makanan Anda, coba kunjungi KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya.

Selain menyediakan cokelat dengan kualitas tinggi, kami juga menyediakan layanan yang luar biasa untuk membantu Anda mengembangkan bisnis makanan yang sedang dijalani. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, Anda dapat klik di sini.

Semoga penjelasan mengenai apa itu coklat praline serta perbedaan praline dan truffle yang kami sampaikan mudah dimengerti dan dapat membantu Anda, ya!