Tips Melelehkan Coklat Dengan Mudah

Tips Melelehkan Coklat Dengan Mudah

Sebagai orang yang bekerja di bidang kuliner, Anda harus mengetahui tips melelehkan cokelat dengan benar. Cokelat sendiri memang merupakan salah satu bahan baku dalam banyak pembuatan makanan, seperti untuk dessert atau hidangan penutup.

Sebagai orang yang bekerja di bidang kuliner, Anda harus mengetahui tips melelehkan cokelat dengan benar. Cokelat sendiri memang merupakan salah satu bahan baku dalam banyak pembuatan makanan, seperti untuk dessert atau hidangan penutup.

Melelehkan potongan cokelat menjadi cairan dengan konsistensi yang pas adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh chef atau baker saat memanggang atau membuat makanan. Lelehan cokelat tersebut selanjutnya dapat digunakan untuk membuat ganache, filling untuk kue, atau bahkan dapat disiram di atas es krim.

Melelehkan cokelat sendiri setidaknya dapat dilakukan menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan au bain-marie atau menggunakan microwave. Penasaran bagaimana tips melelehkan cokelat menggunakan dua cara tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Melelehkan Cokelat Menggunakan Metode Au Bain-marie

melelehkan cokelat dengan au bain marie

Au bain-marie adalah peralatan yang digunakan dalam sains, industri pabrikan, dan memasak untuk memanaskan bahan secara lembut atau untuk menjaga bahan agar tetap hangat selama periode waktu tertentu. Au bain-marie juga biasa digunakan untuk melelehkan bahan masakan seperti cokelat.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

Langkah-langkah Melelehkan Cokelat Menggunakan Metode Au Bain-marie

Cara menggunakan teknik au bain marie untuk melelehkan cokelat adalah dengan menempatkan potongan cokelat di dalam sebuah loyang atau mangkuk, lalu loyang atau mangkuk tersebut ditempatkan di atas panci dan sudah diisi oleh air yang sudah panas. Nah, untuk melelehkan cokelat menggunakan teknik au bain-marie dengan benar, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong cokelat menjadi beberapa bagian yang sangat kecil agar proses pencairan bisa lebih cepat
  2. Masukan potongan cokelat tadi ke dalam sebuah mangkuk atau wadah tahan panas
  3. Letakkan mangkuk di atas panci yang sudah diisi oleh air panas, bukan air mendidih
  4. Selama di atas panci, aduk-aduk cokelat untuk mempercepat proses pelumeran atau pencairan
  5. Setelah cokelat mencair, angkat mangkuk tersebut dan usap bagian bawahnya untuk mencegah air masuk ke dalam adonan cokelat

Ta-da! Cokelat sudah meleleh dengan sempurna menggunakan teknik au bain-marie. Mudah kan?

Tips Tambahan untuk Metode Au Bain-marie

Agar cokelat meleleh dengan sempurna, ada beberapa tips melelehkan cokelat yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan metode au bain-marie. Mari simak di bawah ini!

1. Potong Cokelat Menjadi Kecil Terlebih Dahulu

Apabila Anda ingin melelehkan cokelat batangan, pastikan Anda memotong cokelat menjadi potongan kecil terlebih dahulu. Mengapa? Potongan cokelat yang terlalu besar akan lebih sulit dan lama untuk meleleh. Sebaliknya, cokelat yang telah dipotong kecil-kecil akan lebih cepat meleleh saat dipanaskan. Cokelat pun akan meleleh sempurna dan tidak menggumpal.

2. Gunakan Wadah yang Lebih Besar Daripada Panci Berisi Air

Selanjutnya, pastikan wadah berisi cokelat lebih besar daripada panci berisi air panas tadi. Air yang sudah mendidih akan langsung menghasilkan uap, apabila ukuran wadah berisi cokelat terlalu kecil, ada potensi untuk uap air atau bahkan percikan air untuk masuk ke dalam cokelat leleh tersebut.

Fenomena ini seringkali disebut sebagai seizing. Kesalahan satu ini bisa berakibat buruk karena menghasilkan seized chocolate yang bertekstur kasar dan menggumpal. Seized chocolate susah diaplikasikan dan juga susah diperbaiki, jadi pastikan untuk memasukkan cokelat ke dalam wadah yang lebih besar ya!

Cara Melelehkan Cokelat Menggunakan Microwave

melelehkan cokelat

Selain menggunakan teknik au bain-marie, Anda juga dapat melelehkan cokelat dengan baik menggunakan microwave. Dengan cara ini, Anda bisa tetap mendapatkan hasil leleh cokelat yang sempurna. Berikut ini adalah tips-tips melelehkan cokelat menggunakan microwave yang dapat Anda ikuti:

  1. Potong cokelat menjadi beberapa bagian yang sangat kecil agar proses pencairan bisa lebih cepat
  2. Simpan potongan cokelat di dalam sebuah wadah yang dapat menampung adonan cokelat yang meleleh seperti mangkuk
  3. Panaskan cokelat di dalam microwave selama 30 detik
  4. Setelah itu, cek dan keluarkan cokelat dari microwave
  5. Setelah mengecek, kemudian aduk cokelat tersebut
  6. Letakkan kembali cokelat ke dalam microwave dan beri waktu selama 30 detik
  7. Setelah itu, cek dan keluarkan kembali adonan cokelat dari microwave lalu aduk adonan tersebut sampai meleleh dengan sempurna

Baca juga: Ragam Kreasi Coklat Batang untuk Dijual di Toko Anda

Tips Melelehkan Cokelat Menggunakan Microwave

tips melelehkan cokelat dengan baik

1. Sering-sering Mengaduk Cokelat

Melelehkan cokelat dengan microwave memang membutuhkan kesabaran ekstra. Anda harus rajin mengaduk cokelat setiap kali dikeluarkan dari microwave. Tujuannya adalah agar cokelat meleleh dengan sempurna. Selain itu, mengaduk cokelat juga dapat mencegah cokelat hangus.

2. Gunakan Pengaturan Suhu yang Tidak Terlalu Tinggi

Microwave biasanya memiliki beberapa pengaturan suhu yang dapat digunakan. Untuk melelehkan cokelat, gunakanlah pengaturan yang sedang-sedang saja. Hindari menggunakan pengaturan tinggi karena berpotensi membuat cokelat hangus. Bukannya melelehkan cokelat dengan lebih cepat, kesalahan ini justru dapat merusak tekstur dan cita rasa cokelat!

Hindari juga meletakkan cokelat di dalam microwave terlalu lama. Interval pemanasan yang terlalu lama juga dapat membuat cokelat hangus pada beberapa bagian.

Lebih baik Anda menggunakan suhu yang lebih rendah dengan interval singkat (tidak lebih dari 30 detik) untuk melelehkan cokelat.

Baca juga: Apa itu Tempering Coklat?

Jika Anda mengikuti tips-tips di atas seharusnya adonan cokelat yang Anda buat dapat meleleh dengan sempurna.

Untuk melihat video cara melelehkan cokelat dengan sempurna, Anda dapat mengunjungi video YouTube berikut ini: 5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar

Selain itu, Anda juga dapat menelusuri channel YouTube Tulip Chocolate untuk melihat video lainnya mengenai pemrosesan cokelat. Mulai dari cara pembuatan hidangan cokelat hingga tips-tips dalam mengolah cokelat, semuanya ada di channel YouTube tersebut.

Jika Anda sedang mencari cokelat bahan untuk bisnis makanan yang sedang Anda jalankan, Anda dapat menemukannya di KioskCokelat. Mulai dari Chocolate Couverture hingga Chocolate Filling, semuanya lengkap ada di sana. Semoga tips meleleh cokelat yang kami sampaikan dapat membantu Anda, ya!