CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Cara Membuat Buttercream Coklat

Cara Membuat Buttercream Coklat dengan Resep Sederhana

Kiosk Cokelat

|

|

3 min

Chocolate buttercream adalah jenis icing atau frosting yang terbuat dari campuran mentega, gula bubuk, dan cokelat bubuk. Ini memiliki rasa cokelat yang kaya dan tekstur lembut, membuatnya menjadi pilihan populer untuk melapisi kue, cupcake, atau sebagai isian kue. Kalau Anda ingin buttercream chocolate yang lezat dengan resep sederhana, simak sampai habis artikel berikut ini!

Pengenalan tentang Chocolate Buttercream

Chocolate buttercream adalah jenis krim mentega yang memiliki rasa cokelat yang kaya dan lembut. Biasanya digunakan sebagai hiasan atau lapisan untuk kue, cupcakes, atau bahkan sebagai isian untuk kue. Krim mentega cokelat ini memberikan sentuhan manis dan gurih yang sempurna untuk berbagai jenis kue.


Kegunaan chocolate buttercream dalam baking sangat penting karena selain memberikan rasa yang lezat, krim mentega ini juga berfungsi sebagai lapisan pelindung yang membuat kue tetap lembab dan segar. Selain itu, chocolate buttercream juga digunakan untuk hiasan kue yang menambah nilai estetika dari tampilan kue.


Membuat chocolate buttercream yang baik sangat penting karena kualitasnya akan memengaruhi hasil akhir dari kue yang Anda buat. Sebuah chocolate buttercream yang sempurna akan memberikan tekstur lembut dan rasa cokelat yang kaya, sehingga meningkatkan kenikmatan saat menikmati kue tersebut.

3 Cara Membuat Buttercream Coklat yang Lezat dan Resepnya

Sejatinya ada banyak resep buttercream cokelat yang bisa Anda coba. Versi masing-masing resep pun berbeda sesuai dengan selera orang yang membuatnya. Namun sebagai langkah awal pembuatan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dan tiga resep yang sudah tersedia berikut ini. 

Resep Buttercream Sederhana

Bahan-bahan:


  1. 1 cangkir gula
  2. 2 sdm air

Persiapkan juga panci besar untuk memasak karamel. Kalau sudah mendapatkan bahan dan alat yang dibutuhkan, berikut adalah cara membuat karamel dengan resep sederhana:


  1. Campurkan gula dan air dalam panci besar, lalu panaskan dengan api sedang selama 5-6 menit.
  2. Tunggu gula larut dan air mulai mendidih. Setelah menjadi karamel, jangan aduk dulu hingga gula memiliki warna karamel yang bagus.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan resep sederhana di atas, Anda kini dapat membuat karamel yang lezat untuk berbagai hidangan Anda.

Resep Hazel Delight Butter Cream

Bahan:


  1. 500 gram Tulip Hazel Delight
  2. 325 gram butter
  3. 60 gram susu cair

Cara Membuat:


  1. Kocok butter hingga creamy dan warnanya menjadi lebih putih
  2. Masukkan Tulip Hazel Delight dan susu, aduk hingga rata

Resep Chocolate Buttercream

Bahan:


  1. 25g air
  2. 100g gula, untuk membentuk bola lunak
  3. 100g telur putih
  4. 50g gula
  5. 75g Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65%
  6. 150g Mentega

Cara membuat:


  1. Rebus air dengan 100g gula hingga mencapai tahap soft-ball atau sekitar 118-120 °C. Uji dengan meneteskan sedikit sirup gula dari sendok ke dalam secangkir air dingin. Jika tahap ini berhasil, sirup akan menyatu dan membentuk bola lunak
  2. Buat meringue dengan putih telur dan 50 g gula
  3. Tuang gula dan air yang telah direbus dan terus kocok hingga dingin
  4. Tambahkan mentega saat meringue masih hangat
  5. Tambahkan cokelat leleh

Tips dan Trik untuk Membuat Chocolate Buttercream yang Sempurna

Untuk mendapatkan buttercream coklat yang lezat, Anda bisa mencoba beberapa tips membuatnya berikut ini!

1. Gunakan Mentega yang Lembut

Gunakanlah mentega yang lembut yang artinya Anda dapat mudah menekannya dengan jari Anda. Mentega yang Anda gunakan juga sebaiknya tidak dalam kondisi telah meleleh atau terlalu berminyak. Hal ini karena mentega yang lembut akan tercampur dengan gula dengan lebih efektif dan membuat buttercream Anda mengembang.

2. Hindari Menggunakan Coklat yang Hangat atau Panas

Menggunakan coklat yang hangat atau panas dapat melelehkan mentega dan membuat gelembung udara di dalam campuran Anda yang lembut.

3. Jangan Terlalu Lama Mengaduk

Hindari mengaduk buttercream coklat Anda terlalu lama setelah Anda menambahkan coklat ke dalamnya. Coklat yang diaduk terlalu lama dapat membuatnya menjadi kaku dan sulit untuk Anda oleskan nantinya


Membuat chocolate buttercream memang memerlukan ketelatenan dalam setiap langkahnya. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda akan dapat menciptakan chocolate buttercream yang lembut, lezat, dan sempurna untuk kue dan hidangan Anda yang lainnya. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan eksplorasi berbagai variasi rasa sesuai dengan selera Anda.


Agar mendapatkan chocolate buttercream yang lezat, pastikan Anda menggunakan coklat yang berkualitas. KioskCokelat menjual dark chocolate berkualitas yang dapat Anda gunakan untuk membuat buttercream coklat seperti Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture dan Embassy Continental Blend Cokelat Hitam Kovertur. Segera dapatkan cita rasa coklat yang mewah di hidangan Anda dengan produk dari KioskCokelat!