CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Cara Membuat Glaze Topping Donat yang Mengilap

Cara Membuat Glaze Topping Donat yang Mengilap

Cara membuat glaze topping donat sebenarnya cukup mudah, Anda tidak memerlukan banyak bahan dan langkah-langkah yang harus diikuti juga simpel. Selain itu, menu ini juga sangat cocok untuk disajikan di kafe Anda.

Donat merupakan cemilan favorit untuk menemani ngobrol santai bersama teman, apalagi jika donat tersebut dilapisi oleh glaze topping yang terbuat dari cokelat. Nafsu makan dari pengunjung kafe Anda pasti akan meningkat setelah melihatnya.

Yuk simak cara membuat glaze topping donat yang mengilap dan dapat menggugah selera makan di bawah ini!

Cara Membuat Glaze Topping Donat

Sebelum Anda menyajikan donat ini kepada pengunjung kafe, sebaiknya Anda coba membuatnya terlebih dahulu di rumah sebagai eksperimen untuk memastikan agar rasanya enak.

1. Glaze Cokelat Klasik

membuat glaze donat

Berikut ini adalah resep membuat donat dengan glaze topping cokelat:

Bahan

Untuk membuat glaze topping donat yang mengilap dan menggugah selera, pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa bahan di bawah ini:

  • 125 gr tepung serbaguna, ratakan
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 telur besar
  • 65 gr gula merah
  • 60 ml susu
  • 60 gr yoghurt
  • 30 gr mentega tawar, lelehkan
  • 1 dan 1/2 sdt ekstrak vanila murni

Untuk glaze topping:

Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah pembuatan yang simpel di bawah ini:

  1. Panaskan oven hingga 177C. Olesi loyang donat dengan minyak agar tidak lengket. Sisihkan.
  2. Pembuatan donat: Campurkan tepung, baking powder, baking soda, dan pala bersama-sama dalam mangkuk sedang. Aduk hingga rata. Sisihkan.
  3. Campurkan telur, gula merah, susu, dan yoghurt, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan mentega cair dan vanilla, aduk hingga tercampur rata. Tuang bahan basah ke dalam bahan kering dan aduk hingga rata. Jangan sampai overmix. Adonan akan sangat kental.
  4. Masukkan adonan kedalam cetakan donat. Sangat disarankan untuk menggunakan tas zip-top besar agar lebih mudah dalam proses pembuatannya.
  5. Panggang selama 9 sampai 10 menit atau sampai pinggirannya agak kecokelatan. Keluarkan dari loyang, lalu panggang sisa donat yang ada. Biarkan donat agak dingin sebelum mulai menambahkan glaze topping.
  6. Pembuatan glaze topping cokelat: Tempatkan cokelat, mentega, sirup jagung, dan air kedalam mangkuk berukuran sedang. Masukkan selama kurang lebih 20 detik ke dalam microwave, aduk setiap kali sudah selesai, lakukan terus sampai benar-benar meleleh dan halus.
  7. Jika donat sudah siap, celupkan bagian atas donat ke dalam glaze topping cokelat. Lalu diamkan selama beberapa saat. Donat dengan glaze topping cokelat pun sudah siap saji!

2. Glaze Cokelat Tiramisu

Glaze Cokelat Tiramisu

Ini dia salah satu glaze donat berbahan dasar cokelat yang digemari banyak orang. Toping ini memiliki rasa yang lezat, unik, dan dijamin membuat orang ketagihan. Rasa manis dari lelehan cokelat putih akan semakin enak jika digabungkan dengan rasa kopi yang sedikit pahit namun tetap memanjakan lidah Anda. 

Mari simak cara membuatnya:

Bahan

Langkah membuat

  1. Lelehkan cokelat putih batang dengan memanaskannya di atas wadah dengan air mendidih (teknik au bain-marie) atau menggunakan microwave.

  2. Matikan kompor dan tuang lelehan cokelat putih ke dalam wadah yang telah dipersiapkan.

  3. Tuang bubuk kopi dan gula halus ke dalam wadah yang berbeda, aduk hingga rata.

  4. Celupkan donat ke dalam lelehan cokelat putih hingga glaze tiramius melapisi seluruh permukaan atas donat.

  5. Taburi campuran bubuk kopi ataupun meses di atas donat yang telah dicelupkan ke dalam glaze cokelat tiramisu tersebut.

  6. Sajikan donat setelah glaze mengeras.

    Dapatkan Cokelat Berkualitas Tinggi Untuk Bisnis Anda dari KioskCokelat

    Jika Anda ingin mendapatkan cokelat berkualitas tinggi untuk bisnis makanan Anda, coba kunjungi KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya.

    Selain menyediakan cokelat dengan kualitas tinggi, kami juga menyediakan layanan yang luar biasa untuk membantu Anda mengembangkan bisnis makanan yang sedang dijalani. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, Anda dapat klik di sini.

    Semoga resep atau cara membuat glaze topping donat yang mengilap ini dapat membantu mengembangkan bisnis makanan Anda, ya!