CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Cara Menggunakan Glaze Donat untuk Meningkatkan Minat Konsumen

Cara menggunakan glaze donat

Glaze merupakan lapisan gula yang sering digunakan sebagai topping untuk menghiasi donat. Glaze biasanya memiliki tampilan yang mengilap dengan tekstur yang lengket dan akan mengeras ketika sudah didinginkan. Penggunaan glaze pada donat akan menambah cita rasa yang makin nikmat dan lezat, serta membuat tampilannya makin cantik. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan glaze donat untuk menarik minat konsumen?


Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan glaze donat yang unik dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat pelanggan. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan informasi tambahan terkait tips mendekorasi donat menggunakan kreasi cokelat yang lezat dan nikmat. Maka dari itu, simak penjelasannya di bawah ini hingga selesai.

4 Cara Menggunakan Glaze Donat

Cara menggunakan glaze donat untuk menarik minat pelanggan sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengkreasikan glaze donat dengan bahan lainnya agar tampilannya unik dan memiliki cita rasa yang nikmat. Berikuti ini adalah beberapa kreasi glaze donat yang bisa Anda coba.

1. Matcha Glaze 

Anda bisa mencoba mencampurkan glaze dengan bubuk matcha untuk menciptakan kreasi donat yang unik dan menarik. Aroma teh hijau yang khas dari matcha dapat menggugah selera konsumen untuk segera menyantapnya. Namun, takaran matcha pada adonan glaze perlu diperhatikan. Apabila jumlah matcha yang digunakan terlalu banyak, maka akan membuat glaze menjadi pahit.

2. Taro Glaze 

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan taro untuk membuat glaze yang unik. Warna ungu yang dihasilkan dari taro dapat memberikan kesan yang lebih menarik pada donat yang Anda buat. Selain itu, taro juga dapat menambah rasa manis dengan sedikit rasa nutty yang lezat. Ditambah lagi, taro memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jadi, cobalah kreasikan glaze dengan bahan taro ini.


Baca juga: 2 Cara Membuat Glaze Dari Coklat Batang

3. Cheese Glaze

Cheese atau keju banyak digemari oleh setiap kalangan, sehingga membuat cheese glaze tentu dapat menarik lebih banyak pelanggan. Perpaduan rasa keju yang asin dengan glaze yang manis akan menciptakan rasa baru yang unik. Untuk membuat cheese glaze, Anda bisa menaburkan parutan keju di atas donat yang sudah dicelupkan ke dalam glaze, atau menambahkan krim keju pada donat glaze yang sudah mengeras.

4. Oreo Glaze

Siapa yang tidak tahu dengan biskuit satu ini. Oreo merupakan salah satu biskuit populer yang disukai banyak orang. Anda bisa menggunakan oreo untuk campuran bahan dalam membuat glaze donat. Caranya, hancurkan biskuit oreo menjadi remahan kecil-kecil, kemudian taburkan di atas donat yang sudah dilapisi glaze. Usahakan untuk menaburkannya ketika glaze belum mengeras, agar oreo dapat menempel di atas donat.


Baca juga: Apa Perbedaan Ganache dan Glaze untuk Dekorasi Kue?

4 Tips Menghias Donat dengan Glaze

Menggunakan glaze tidaklah sulit. Akan tetapi, ada beberapa hal yang pwnting Anda perhatikan agar hasil dekorasi donat terlihat cantik sempurna dan tidak retak. Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam menggunakan glaze sebagai topping donat.

1. Hindari Menggunakan Glaze Pada Donat yang Masih Panas

Saat ingin buru-buru mendekorasi cokelat, Anda mungkin berpikir untuk mencelupkan donat yang baru matang langsung ke dalam glaze agar bisa menghemat waktu. Tapi, hal ini tidak boleh dilakukan! Donat yang masih panas tidak boleh dicelupkan ke dalam glaze. Glaze yang terkena temperatur panas akan meleleh dan tidak bisa mengeras. Alhasil, tampilan donat akan menjadi berantakan.


Agar hasilnya cantik, pastikan donat sudah mendingin sebelum dilapisi glaze. Cukup diamkan donat selama 10-20 menit setelah matang agar menjadi suhu ruang.

2. Taburkan Topping Saat Glaze Masih Cair

Apabila Anda ingin menambahakn topping lainnya, segera taburkan selagi glaze masih cair. Jika glaze yang melapisi donat sudah mengeras, maka topping akan sulit menempel.

3. Biarkan Glaze Mengeras Sempurna

Sebelum menyajikan atau membungkus donat, pastikan glaze yang digunakan sudah menheras sempurna. Bila tidak, tampilan glaze bisa saja rusak ataupun retak.

4. Hindari Meletakkan Donat dengan Glaze di Dalam Kulkas

Menunggu glaze mengeras memang cukup memakan waktu Tapi hal ini bukan berarti Anda boleh meletakkan donat dengan glaze di dalam kulkas! Selain akan merusak tekstur donat yang empuk, hasil glaze pun akan rusak. Meskipun mengeras, glaze akan tampak kusam atau bahkan ditutupi bercak-bercak putih.


Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

6 Kreasi Cokelat untuk Mendekorasi Donat

Selain menggunakan glaze, donat juga dapat dikreasikan menggunakan bahan cokelat yang nikmat dan lezat. Beberapa pilihan cokelat berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda dalam membuat kreasi donat cokelat.

1. Cokelat Ganache

Ganache menjadi salah satu kreasi donat yang banyak diminati oleh pelanggan. Tekstur ganache berbeda dengan glaze. Ganache memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus dibandingkan glaze. Untuk membuat ganache, Anda bisa menggunakan Cokelat Compound Hitam Tulip yang memiliki cita rasa premium dengan aroma cokelat yang strong.

2. Cokelat Tiramisu

Tiramisu banyak digunakan untuk topping pada donat kekinian. Rasanya yang manis dengan sedikit taburan bubuk kopi di atasnya membuat donat tiramisu menjadi favorit banyak orang. Anda bisa membuat topping cokelat tiramisu dengan menggunakan Cokelat Compound Putih Tulip. Cokelat Compound Putih Tulip memiliki rasa susu alami yang sangat cocok untuk membuat topping tiramisu.


Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture

3. Cokelat Chocochips

Chocochips juga dapat menjadi salah satu bahan dekorasi untuk membuat kreasi donat cokelat. Taburan chocochips pada donat dapat menambahkan sensasi crunchy yang unik di lidah konsumen. Anda bisa mencoba menggunakan Tulip Choco Chips untuk dijadikan bahan dekorasi donat yang dibuat. Tulip Choco Chips memberikan tambahan rasa cokelat yang padat dengan keseimbangan antara manis dan pahit yang pas.

4. Cokelat Filling

Umumnya donat memiliki lubang di bagian tengahnya. Namun, untuk membuat kreasi donat cokelat yang unik, Anda bisa membuat donat tanpa lubang. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan isian pada bagian tengah donat dengan krim cokelat. Tulip Master Filling Chocolate Paste dapat menjadi pilihan bahan yang cocok untuk isian donat.

5. Cokelat Kacang Tulip Hazel Delight

Tulip Hazel Delight merupakan krim cokelat lembut yang memiliki rasa kacang hazelnut yang gurih. Produk ini dapat dijadikan kreasi donat cokelat yang bisa menarik minat pelanggan. Perpaduan antara rasa manis cokelat dan gurihnya kacang hazelnut akan memberikan kenikmatan yang tiada tara saat disantap.

6. Cokelat Embassy Oceanic Blend

Embassy Oceanic Blend adalah cokelat couverture dalam bentuk koin yang memiliki cita rasa premium dengan sensasi rasa kacang dan buah-buahan kering yang menggoda. Cokelat ini mudah dilelehkan, sehingga sangat cocok apabila dijadikan bahan untuk mengkreasikan donat. Selain itu, Embassy Oceanic Blend juga mengandung ekstrak vanila alami yang dapat memberikan aroma khas pada donat Anda.


Baca juga: Mengenal Perbedaan Cokelat Compound dan Couverture


Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda sudah paham bagaimana cara menggunakan glaze donat, bukan? Donat sendiri merupakan jenis makanan yang sering dijadikan sebagai cemilan untuk dinikmati bersama kerabat dan keluarga di saat santai. Untuk memberikan rasa yang lezat, banyak donat yang menggunakan cokelat sebagai topping di atasnya.


Apabila ingin membuat donat cokelat sendiri, Anda bisa menggunakan cokelat  dari KioskCokelat. KioskCokelat menyediakan berbagai macam pilihan cokelat berkualitas dari Tulip dan juga Embassy yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda tertarik, silakan hubungi KioskCokelat sekarang juga.