mencairkan cokelat blok

2 Cara Mencairkan Cokelat Blok dengan Benar

Apakah Anda sedang mencari cara mencairkan cokelat blok? Ketika baking, terkadang resep mewajibkan kita untuk melelehkan cokelat terlebih dahulu. Simak caranya!

Apakah Anda sedang mencari cara mencairkan coklat blok? Ketika memasak atau baking, terkadang sebuah resep memang mewajibkan kita untuk melelehkan cokelat terlebih dahulu. Sayangnya, masih ada banyak sekali orang yang belum tahu cara melelehkan cokelat dengan benar, padahal caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai bagaimana cara mencairkan coklat blok dengan mudah agar dapat menghasilkan lelehan yang sempurna. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai masalah yang sering dihadapi ketika mencairkan cokelat. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

2 Cara Mencairkan Cokelat Blok dengan Benar

mencairkan cokelat

Salah satu cara mencairkan coklat blok yang paling mudah adalah menggunakan metode au bain marie. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan microwave untuk mencairkan cokelat blok. Berikut ini adalah dua cara mencairkan coklat blok dengan sempurna.

1. Metode Au Bain Marie

Cara menggunakan metode au-bain marie untuk melelehkan cokelat adalah dengan memanaskan cokelat menggunakan energi panas yang dihasilkan dari uap air panas. Alat-alat yang diperlukan untuk menggunakan metode au bain marie, antara lain:

  • Wadah besar
  • Panci kecil, ukurannya harus lebih kecil dari wadah besar
  • Kompor
  • Spatula

Setelah seluruh alat disiapkan, maka Anda dapat langsung mencairkan cokelat blok. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencairkan cokelat blok menggunakan metode au bain marie dengan benar:

  1. Potong-potong atau cincang cokelat blok hingga menjadi beberapa bagian yang sangat kecil untuk mempercepat proses pencairan.
  2. Simpan potongan cokelat di dalam wadah besar.
  3. Siapkan panci dan masukkan air sekitar ¼ bagiannya. Panaskan air di atas kompor dengan api kecil. Air tersebut tidak perlu sampai mendidih, cukup panaskan saja.
  4. Letakkan wadah cokelat di atas panci yang sudah berisi air panas.
  5. Selama dipanaskan di atas panci, aduk-aduk adonan cokelat yang ada di dalam wadah agar proses pencairan dapat lebih cepat.
  6. Setelah cokelat mencair dengan sempurna, angkat wadah cokelat dan usap bagian bawahnya untuk mencegah air masuk ke dalam adonan cokelat.

Ta-da! Sekarang cokelat blok sudah berhasil mencair dengan sempurna. Sangat mudah, kan?

Baca juga: Ketahui Cara Melelehkan Coklat Putih dengan Benar

2. Microwave

Selain menggunakan metode au bain marie saja, Anda juga dapat mencairkan cokelat blok menggunakan microwave. Berikut ini adalah langkah-langkah mencairkan cokelat blok menggunakan microwave dengan benar:

  1. Potong-potong atau cincang cokelat blok hingga menjadi beberapa bagian yang sangat kecil untuk mempercepat proses pencairan.
  2. Simpan potongan cokelat di dalam sebuah wadah tahan microwave yang dapat menampung adonan cokelat yang meleleh, seperti mangkuk sereal atau mangkuk stainless steelPastikan wadahnya cukup besar sehingga adonan cokelat tidak melumer ke luar.
  3. Panaskan cokelat di dalam microwave selama 30 detik.
  4. Setelah 30 detik, keluarkan wadah dan aduk-aduk adonan cokelat tersebut.
  5. Letakkan kembali cokelat ke dalam microwave dan panaskan kembali selama 30 detik.
  6. Setelah 30 detik, keluarkan kembali adonan cokelat dari microwave dan aduk kembali adonan cokelat tersebut sampai mencair dengan sempurna.

Apabila mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, seharusnya cokelat blok dapat mencair dengan baik dan sempurna. Untuk mendapatkan arahan secara visual mengenai cara mencairkan coklat blok dengan baik dan benar, Anda dapat mengunjungi video berikut ini: 5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar.

Anda juga dapat menelusuri kanal YouTube untuk mendapatkan video lain mengenai cara mengolah cokelat hingga resep makanan berbahan cokelat. Ada banyak sekali video yang dapat berguna bagi Anda, apalagi jika sedang belajar memasak atau baking.

Baca juga: Apa itu Tempering Coklat?

Masalah yang Biasa Muncul Saat Melelehkan Cokelat dan Solusinya

 

Melelehkan cokelat memang bukan merupakan hal yang benar-benar mudah. Terkadang, Anda akan menemui beberapa masalah yang membuat cokelat sulit untuk dicairkan. Berikut ini adalah beberapa masalah yang biasa muncul saat melelehkan cokelat dan solusinya.

1. Mengapa Cokelat Tidak Mau Meleleh?

Apabila cokelat blok tidak mau meleleh, kemungkinan ada dua masalah yang terjadi. Pertama, kemungkinan suhu dari air panas atau microwave yang digunakan untuk melelehkan cokelat terlalu dingin. Pastikan untuk selalu memperhatikan suhunya, jika terlalu dingin maka cokelat tidak akan meleleh dan jika terlalu panas maka cokelat akan mudah terbakar atau gosong.

Kedua, cokelat yang ingin Anda lelehkan kemungkinan masih memiliki ukuran yang cukup besar. Makin besar ukuran, maka akan makin sulit untuk cokelat meleleh. Sebelum melelehkan cokelat, terutama jika ingin melelehkan cokelat blok, pastikan untuk memotong atau mencincangnya hingga menjadi bagian kecil terlebih dahulu.

2. Cokelat Gosong

Cokelat yang gosong ketika dilelehkan biasanya terjadi karena suhu air panas atau microwave terlalu tinggi. Selain itu, cokelat yang terlalu lama dipanaskan juga memiliki kemungkinan untuk terbakar atau gosong. Pastikan saja untuk memeriksa suhu dari air panas atau microwave agar sesuai, setidaknya di kisaran 50 hingga 55 derajat Celcius. Selain itu, Anda juga tidak boleh terlalu lama memanaskan cokelat, jika sudah cukup cair berarti cokelat sudah meleleh dengan sempurna.

3. Seized Chocolate

Cokelat akan mengalami seized ketika terkena kelembapan, seperti uap air atau cairan. Cokelat sendiri memang tidak mengandung kelembapan di dalamnya, jadi ketika ada sedikit saja uap air atau cairan yang masuk, maka tekstur dari cokelat akan rusak. Untuk memperbaikinya, Anda dapat coba menambahkan beberapa potong cokelat yang belum cair, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata dengan adonan.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan semacam lemak ke dalamnya, idealnya adalah lemak kakao. Jika Anda tidak memiliki lemak kakao, Anda juga dapat menggunakan lemak nabati, seperti minyak sayur atau minyak sawit. Walaupun hasil lelehannya tidak akan sempurna, tetapi cokelat yang sudah seized tetap dapat digunakan untuk membuat ganache atau saus cokelat.

Baca juga: Bagaimana Cara Melelehkan Cokelat Batangan yang Tepat?

Apabila Anda membutuhkan produk cokelat, terutama untuk bisnis, langsung saja berbelanja di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai macam jenis cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari cokelat couverture maupun cokelat compound. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai produk cokelat seperti cokelat batangan, cokelat bubuk, hingga cokelat dekorasi yang dapat Anda gunakan. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk kami, kunjungi kami di sini!