Bagaimana Cara Melelehkan Cokelat Batangan yang Tepat?

Bagaimana Cara Melelehkan Cokelat Batangan yang Tepat?

Sebagai pemilik bisnis kuliner yang sering menggunakan bahan material cokelat, Anda tentu harus memahami cara melelehkan cokelat batangan dengan tepat. Cokelat batangan yang tidak meleleh dengan sempurna tentu akan memengaruhi kualitas hidangan yang Anda hasilkan.

Sebagai pemilik bisnis kuliner yang sering menggunakan bahan material cokelat, Anda tentu harus memahami cara melelehkan cokelat batangan dengan tepat. Cokelat batangan yang tidak meleleh dengan sempurna tentu akan memengaruhi kualitas hidangan yang Anda hasilkan.

Lalu, bagaimana cara melelehkan cokelat batangan dengan tepat? Apakah ada teknik-teknik khusus yang harus Anda pahami? Simak informasi selengkapnya dari KioskCokelat melalui pembahasan di bawah ini.

2 Cara Melelehkan Cokelat Batangan dengan Tepat

Untuk melelehkan cokelat batangan, Anda dapat menggunakan kedua cara di bawah ini, yaitu:

1. Menggunakan Teknik Au-Bain Marie

melelehkan cokelat dengan bain marie

Cara pertama untuk melelehkan coklat batang dengan tepat adalah dengan menggunakan teknik au-bain marie atau yang lebih dikenal dengan istilah double boiler. Teknik au-bain marie adalah teknik melelehkan cokelat di atas air mendidih.

Cara ini memang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia namun tidak jarang kami temukan beberapa kesalahan dalam penerapan teknik ini. Jadi, bagaimana cara melelehkan cokelat di atas air mendidih dengan tepat?

Pertama-tama, cokelat batang harus dipotong atau dicincang terlebih dahulu. Pada langkah ini, banyak orang yang sering melelehkan cokelat batang tanpa dipotong terlebih dahulu sehingga wajar jika cokelat tidak meleleh dengan sempurna atau masih terdapat gumpalan-gumpalan cokelat.

Setelah cokelat dicincang, masukkan ke dalam wadah tahan panas atau mangkuk tahan panas yang berukuran sedang hingga besar. Siapkan juga panci untuk nantinya diisi dengan air panas. Pastikan mangkuk memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan panci untuk mendidihkan air supaya uap air tidak masuk ke dalam cokelat yang akan dilelehkan.

Mengapa air tidak boleh masuk ke dalam coklat leleh? Karena hal ini dapat menyebabkan kondisi yang bernama seized chocolate. Dalam kondisi ini, tekstur cokelat akan berubah menjadi kasar dan menggumpal. Selain itu, masalah seized chocolate ini juga dapat terjadi apabila suhu api terlalu tinggi dan cokelat dipanaskan terlalu lama hingga mulai gosong.

Didihkan air di dalam sebuah panci, lalu setel api kompor di ukuran kecil hingga sedang. Letakkan mangkuk yang sudah berisi cokelat di atas air panas tersebut lalu aduk secara terus menerus hingga coklat meleleh sempurna tanpa gumpalan.

Coklat batangan yang sedang dilelehkan harus diaduk secara berkala. Banyak orang yang hanya mendiamkan atau menunggu cokelat batang leleh dengan sendirinya dan cara ini tentu akan memakan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Ketahui Cara Melelehkan Coklat Putih dengan Benar

2. Menggunakan Microwave

cara melelehkan cokelat dengan microwave

Cara kedua yang dapat digunakan untuk melelehkan coklat batangan adalah dengan menggunakan microwave. Bagi Anda yang memiliki microwave, cara ini tentu saja dapat dicoba dan prosesnya juga sangat praktis.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencincang atau memotong cokelat batang terlebih dahulu, lalu tempatkan di sebuah wadah yang sesuai dengan ukuran microwave. Pastikan wadah tersebut merupakan wadah anti panas.

Masukkan wadah berisikan cokelat tadi ke dalam microwave, lalu panaskan selama 15 detik, kemudian keluarkan. Aduk-aduk adonan cokelat kemudian masukkan kembali ke microwave dan panaskan lagi selama 15 detik. Ulangi langkah ini hingga cokelat benar-benar meleleh dengan sempurna. Cokelat yang sudah dilelehkan kini siap digunakan untuk berbagai kreasi dan topping kue Anda.

Kesimpulan

Jadi, cara untuk melelehkan cokelat batang dengan tepat sangatlah mudah, bukan? Dari kedua cara di atas, Anda perlu memahami poin-poin penting dalam melelehkan cokelat, yaitu:

  • Cokelat batang harus dipotong atau dicincang terlebih dahulu
  • Dalam teknik au-bain marie, wadah cokelat haruslah lebih besar daripada panci air
  • Adonan cokelat harus diaduk secara berkala untuk mempercepat proses pelelehan dan mendapatkan hasil akhir yang sempurna
  • Saat menggunakna microwave, coklat harus dikeluarkan dari microwave secara berkala agar tidak gosong

Baca juga: Mengenal Kandungan dalam Berbagai Jenis Cokelat

Perlu Anda pahami juga, cara di atas dapat berguna untuk jenis cokelat compound yang mudah untuk dilelehkan. Sedangkan cokelat jenis couverture perlu melalui proses tempering terlebih dahulu untuk menjaga kualitas tekstur dan rasa dari cokelat itu sendiri.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan bahan material cokelat berkualitas, kami memiliki rekomendasi produk best seller yaitu Cokelat Compound Hitam Tulip yang tersedia dalam ukuran 1 kg. Tetapi apabila Anda membutuhkan cokelat dalam jumah yang lebih besar untuk bisnis kuliner Anda, Anda juga bisa menggunakan Cokelat Compound Hitam Master Baker Tulip yang menawarkan berbagai pilihan cokelat compound dalam ukuran 5kg. 

Silakan kunjungi halaman produk KioskCokelat sekarang juga untuk melihat produk cokelat lainnya yang dibutuhkan oleh bisnis kuliner Anda.