CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Cara Membuat Glaze Dari Coklat Batang

2 Cara Membuat Glaze Dari Coklat Batang

Ada beberapa metode cara membuat glaze dari cokelat batang yang dapat Anda lakukan. Selain itu, langkah-langkahnya juga sangat mudah untuk Anda pahami dan ikuti. Pastikan saja Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Apa Itu Topping Glaze Cokelat

glaze cokelat

Glaze merupakan saus manis yang digunakan untuk melapisi kue, donat, ataupun kudapan manis lainnya. Glaze sendiri merupakan salah satu jenis topping paling populer untuk donat. Selain manis dan lezat, penggunaan glaze biasanya dapat membuat donat tampak lebih mengilap dan cantik.

Sesuai dengan namanya, glaze cokelat sendiri merupakan glaze yang terbuat dari cokelat batangan.

Baca juga: Ketahui Cara Menggunakan Glaze Donat untuk Meningkatkan Minat Konsumen

Cara Membuat Glaze dari Cokelat Batang

Cara membuat glaze coklat tidaklah susah, bahkan Anda dapat membuat glaze cokelat sendiri di rumah Anda! Proses pembuatannya sangat mirip dengan cara membuat ganache. Faktanya, banyak pastry chef menggunakan ganache sebagai glaze. Untuk membuat ganache, Anda bisa menggunakan dua cara: panas dan dingin.

Ganache sendiri adalah krim cokelat yang terbuat dari campuran cokelat dan bahan cair seperti krim atau susu. Namun sebenarnya semua jenis bahan cair juga bisa digunakan sebagai campuran cokelat ini dalam membuat ganache, seperti jus buah, karamel cair, kopi, atau bahkan telur.

Dalam pembuatan ganache, glukosa atau gula invert sering ditambahkan ke dalamnya. Fungsinya untuk mengikat dan melapisi partikel-partikel kandungan air dalam ganache agar tidak langsung terkontaminasi udara. Hal ini dapat memperpanjang umur ganache.

donat glaze

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara membuat saus cokelat yang sempurna dan mudah sekali untuk diikuti:

Bahan-bahan

Untuk membuat glaze topping donat yang mengilap dan menggugah selera, pertama-tama Anda harus menyiapkan beberapa bahan di bawah ini:

Metode Panas

Untuk membuat ganache menggunakan metode panas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong-potong cokelat batangan hingga berukuran kecil.
  2. Tuangkan dairy cream ke dalam panci, panaskan pada suhu 90 derajat Celcius.
  3. Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi cokelat koin atau cokelat blok yang sudah dipotong kecil-kecil untuk melelehkan cokelat.
  4. Aduk dairy cream dan cokelat hingga larut serta tercampur rata.
  5. Campurkan glukosa ke dalam adonan ganache.
  6. Aduk adonan ganache dengan hand blender.
  7. Masukkan mentega lunak atau margarin ke dalam adonan ganache.
  8. Aduk kembali campuran adonan tersebut dengan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Selamat! Cokelat ganache atau saus cokelat yang dibuat menggunakan metode panas pun sudah jadi.

Dinginkan glaze sedikit agar lapisan yang terbentuk tidak terlalu lumer saat diaplikasikan. Bila dianggap sudah tidak terlalu panas, celupkan donat ke dalam glaze coklat. Kemudian, taburkan toping lainnya, seperti meses atau kacang, untuk membuat donat lebih lezat dan menarik.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

Metode Dingin

Untuk membuat ganache menggunakan metode dingin, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong-potong blok cokelat hingga berukuran kecil dan lelehkan cokelat tersebut
  2. Tuangkan dairy cream ke dalam panci, panaskan pada suhu 40 derajat Celcius.
  3. Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi cokelat koin atau cokelat blok yang sudah meleleh. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan glukosa ke dalam adonan ganache. Aduk menggunakan hand blender hingga tercampur rata.
  5. Masukkan mentega lunak ke dalam adonan ganache.
  6. Aduk kembali campuran adonan tersebut dengan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Nah, sekarang cokelat glaze pun sudah siap digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk mendapatkan arahan yang lebih jelas, Anda dapat mengunjungi video ini: Cara Membuat Cokelat Ganache yang Sempurna

Jika Anda sedang mencari resep cokelat lainnya, seperti dekorasi cokelat hingga dessert cokelat, Anda dapat mengunjungi dan menelusuri channel YouTube tersebut ya.

Dapatkan Cokelat Berkualitas Tinggi dari KioskCokelat

Jika Anda ingin mendapatkan cokelat berkualitas tinggi untuk bisnis makanan Anda, baik itu bakery, kafe, maupun restoran, Anda bisa mendapatkannya di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya.

Selain menyediakan cokelat dengan kualitas tinggi, kami juga menyediakan layanan yang luar biasa untuk membantu Anda mengembangkan bisnis makanan yang sedang dijalani. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, Anda dapat klik di sini.

Semoga cara membuat glaze dari cokelat batang ini dapat membantu mengembangkan bisnis makanan Anda, ya!