CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

7 Rekomendasi Isian Coklat Praline yang Patut Dicoba

isian coklat praline

Mencari inspirasi untuk membuat  coklat praline  yang sempurna? Kami punya rekomendasi isian coklat praline yang akan memanjakan lidah Anda dan para pecinta coklat lainnya. Dari isian klasik hingga kreasi modern, temukan berbagai pilihan yang akan mengubah praline Anda menjadi karya seni kuliner. Simak artikel ini untuk menemukan kombinasi rasa yang tak terlupakan!

Jenis-Jenis Cokelat Praline

Ada tiga jenis cokelat praline yang dikenal saat ini, yaitu moulded praline, piped praline, dan cut praline. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Moulded Praline

Seperti namanya, moulded praline adalah cokelat praline yang cangkangnya dibuat dengan cara dicetak. Moulded praline dibuat dengan menuangkan isian pilihan Anda ke dalam cetakan praline yang sudah dilapisi dengan lelehan cokelat (sebagai cangkangnya). Praline jenis ini terlihat sangat menarik, apalagi dengan cangkang cokelat yang dibuat dengan baik. Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan cocoa butter coloring ke praline yang dibuat.

2. Piped Praline

Piped praline dibuat dengan menggunakan piping bag atau dispuit. Jenis praline ini biasanya akan dibungkus ke dalam kemasan yang dibagi oleh beberapa sekat. Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menekan bagian piping bag yang telah diisi cokelat ganache dan membentuknya, kemudian taruh topping di bagian atasnya. Anda bisa memanggangnya bersama topping terlebih dahulu, atau langsung di-piping ke dalam kemasannya.

3. Cut Praline

Cut praline dibuat dengan menuangkan cokelat ganache ke dalam loyang, lalu tambahkan topping atau isian, dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Biasanya, baker profesional menggunakan guitar cutter atau pastry guitar untuk memotong adonan cokelat praline agar mendapatkan potongan yang sama rata.


Baca juga:  Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat  

Pilihan Isian Coklat Praline Terenak untuk Anda

Rekomendasi isian coklat praline

Apakah Anda tertarik untuk membuat cokelat praline dan memasukkannya ke dalam menu? Yuk simak beberapa rekomendasi isian cokelat praline yang bisa Anda gunakan di bawah ini!

1. Chocolate Ganache

Kembali ke basic memang tidak akan pernah salah. Cokelat praline dengan isian cokelat ganache yang lebih lembut adalah kombinasi rasa klasik yang dapat memanjakan lidah. Bayangkan saja Anda menggigit cokelat dengan tekstur yang agak keras, lalu tiba-tiba lelehan cokelat yang lembut langsung memenuhi mulut. Rasanya dijamin akan bikin ketagihan, deh!


Untuk membuat isian cokelat ganache, Anda dapat mencampurkan krim dengan berbagai produk cokelat yang tersedia di KioskCokelat. Jika ingin mendapatkan rasa cokelat yang intens, gunakan Tulip Dark Chocolate Compound; jika ingin rasa cokelat yang creamy, gunakan Tulip Milk Chocolate Compound; jika ingin yang lebih manis lagi, gunakan Tulip White Compound.

2. Selai Kacang

Siapa sih yang tidak suka dengan perpaduan rasa antara cokelat dan kacang? Selai kacang memang merupakan salah satu isian cokelat praline yang paling umum. Lagi pula, manisan lain yang bernama praline juga memang terbuat dari kacang yang dilapisi karamel. Jika ingin membuat cokelat praline dengan isian kacang, Anda dapat menggunakan Tulip Hazel Delight yang memiliki tekstur sangat lembut.


Baca juga: Aneka Topping Waffle yang Lezat

3. Buah-buahan

Apabila Anda menyukai buah-buahan dan cokelat, yuk langsung saja coba buat cokelat praline dengan isian buah. Ada banyak sekali buah yang cocok digunakan sebagai isian cokelat praline, mulai dari stroberi, bluberi, mangga, pisang, dan masih banyak lagi. Apabila Anda tidak begitu suka buah, tetapi masih ingin mendapatkan rasa buah, coba gunakan lelehan Tulip Strawberry Flavoured Compound sebagai isiannya.

4. Matcha Ganache

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas matcha memang makin meningkat. Tidak mengherankan memang, mengingat matcha memang memiliki rasa yang sangat khas dan lezat. Matcha sendiri merupakan produk olahan teh hijau yang berupa bubuk, tetapi Anda dapat menjadikannya cairan yang kental dengan cara menyeduhkan matcha dengan air, lalu menambahkan cokelat putih seperti Embassy Zen atau Tulip White Compound.

5. Karamel

Anda dapat menggunakan karamel sebagai isian dari cokelat praline. Rasa dari karamel yang manis dan agak smokey akan memberikan sensasi yang sangat berbeda ketika sudah masuk ke mulut daripada cokelat praline dengan isian lainnya. Selain itu, tekstur dari karamel yang dapat mengeras juga membuatnya akan memberikan tekstur yang berbeda ketika digigit.


Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

6. Biji Wijen

Biji wijen memiliki rasa gurih dan beraroma kacang yang khas. Padukan dengan kelembutan creamy dan milky dari  Embassy Zen White Chocolate 33%  dalam ganache Anda untuk menciptakan praline yang lezat. Untuk memperkuat cita rasa susu, gunakan  Embassy Azalea Milk Couverture Chocolate 34%  sebagai cangkang praline Anda.

7. Raspberry

Berikutnya ada beri dan teh yang menjadi perpaduan yang sangat menggugah selera. Raspberry coulis dengan cita rasa asam-manis, dipadukan dengan ganache teh earl grey yang lembut dan menenangkan, akan memanjakan lidah Anda. Para chef kami senang menggabungkan isian raspberry earl grey ini dengan  Embassy Oceanic Blend Dark Couverture Chocolate 65%  untuk menciptakan sensasi rasa yang luar biasa.


Apabila Anda tertarik untuk membuat cokelat praline, langsung saja gunakan produk cokelat dari KioskCokelat , baik untuk membuat cangkangnya maupun sebagai isian cokelat praline.


Kami menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya. Selain menyediakan cokelat dengan kualitas tinggi, kami juga menyediakan layanan yang luar biasa untuk membantu Anda mengembangkan bisnis makanan yang sedang dijalani. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini !