aneka topping waffle

Aneka Topping Waffle yang Lezat

Ada banyak sekali aneka topping waffle yang dapat Anda nikmati. Apa saja? Temukan rekomendasi aneka topping waffle melalui artikel berikut ini.

Ada banyak sekali aneka topping waffle yang dapat Anda nikmati. Waffle sendiri merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi ketika sarapan, terutama di negara Barat seperti Prancis, Belgia, Amerika Serikat, dan Britania Raya. Seiring berjalannya waktu, waffle pun makin populer dan sudah menjadi menu yang umum disajikan di kafe, restoran, hingga toko kue.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa saja aneka topping waffle yang ada, baik itu topping yang manis maupun yang asin. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu waffle secara mendalam terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Waffle

mengenal waffle

Waffle adalah hidangan yang terbuat dari adonan (dough atau leavened batter) yang dimasak di antara dua plat cetakan yang diberi pola untuk memberikan ukuran, bentuk, dan kesan permukaan yang khas (waffle iron). Ada banyak variasi waffle yang dapat Anda temukan berdasarkan jenis waffle iron dan resep yang digunakan.

Biasanya, adonan waffle dibuat dengan mencampur bahan-bahan seperti tepung, telur, susu, dan mentega atau minyak ke dalam wadah lalu diaduk hingga tercampur rata. Adonan waffle kemudian dituangkan ke dalam waffle iron yang sudah dipanaskan, dan dipanggang hingga terlihat kering dan keemasan.

Waffle bisa disajikan sebagai makanan untuk sarapan atau sebagai camilan pada siang hari atau malam hari. Waffle bisa menjadi pilihan makanan menyenangkan bagi orang yang menyukai makanan dengan tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Selain itu, aneka topping waffle yang dapat digunakan juga membuat rasanya makin fleksibel.

Waffle adalah hidangan yang sudah mendunia dan hampir bisa ditemui di setiap negara, walaupun biasanya hanya dengan satu varietas saja. Namun, di Perancis dan Belgia, ada lebih dari selusin varietas waffle yang dapat Anda temukan. Bahkan sekarang, sudah ada banyak toko kue yang menjual frozen waffle yang dapat dipanaskan kembali atau bahkan waffle yang dijual secara komersial di toko ritel.

Indonesia sendiri memiliki salah satu hidangan tradisional yang mirip dengan waffle, yaitu ‘kue gapit’ yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Umumnya, kue gapit terbuat dari tepung tapioka dan dipanggang di antara cetakan besi seperti waffle iron. Nama kue gapit sendiri diambil dari cara memasaknya yang diapit oleh dua plat cetakan. Sama seperti waffle, hidangan ini juga hadir dalam berbagai bentuk dan rasa.

Aneka Topping Waffle yang Lezat

Waffle adalah salah satu hidangan yang sangat fleksibel karena ada berbagai macam topping yang dapat digunakan. Berikut ini adalah aneka topping waffle lezat yang dapat Anda coba.

1. Whipped Cream

Waffle Whipped Cream

Whipped cream adalah topping klasik yang sering digunakan untuk hidangan penutup, termasuk waffle. Jika Anda pernah memesan waffle di kafe atau restoran, kemungkinan besar mereka akan menyajikannya dengan sesendok whipped cream di bagian atasnya. Topping whipped cream ini juga akan sangat cocok jika dipadukan dengan buah seperti buah persik dan stroberi.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

2. Sirup Maple

Di Amerika Serikat, sirup maple adalah topping waffle paling klasik yang masih sering digunakan hingga saat ini. Rasa manis yang khas dari sirup maple akan berpadu sangat baik dengan kelembutan waffle. Tidak heran jika banyak sekali orang Amerika Serikat yang merasa tidak lengkap jika memakan waffle tanpa sirup maple.

3. Gula Halus

Waffle adalah hidangan enak yang sangat simpel, jadi Anda juga bisa menambahkan topping yang simpel seperti gula halus. Biasanya, orang-orang di Amerika Serikat akan menambahkan gula kayu manis sebagai topping, tetapi Anda dapat menambahkan gula halus biasa saja.

4. Es Krim

Waffle Es Krim

Apabila Anda menyukai topping whipped cream, maka Anda juga pasti akan menyukai topping es krim di atas waffle. Perpaduan waffle yang masih hangat dan es krim yang dingin akan benar-benar menggugah selera makan Anda. Hampir semua kafe atau restoran yang menyajikan waffle pasti akan memiliki opsi topping es krim untuk dipilih.

5. Pisang dan Madu

Apabila Anda ingin menggunakan topping yang lebih menyehatkan, coba tambahkan pisang dan madu di atas waffle. Perpaduan rasa manis alami dari pisang dan madu akan sangat memanjakan lidah. Waffle yang Anda sajikan dijamin akan terlihat lebih cantik, dan tentu saja, akan terasa lebih nikmat.

Baca juga: 4 Minuman Cokelat Dingin yang Lezat Untuk Bisnis

6. Sirup Cokelat

Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Hampir semua hidangan penutup pasti akan terasa lebih enak ketika ditambahkan cokelat, termasuk waffle. Rasa cokelat yang khas akan berpadu sangat baik dengan waffle. Jika tertarik menggunakan sirup cokelat untuk topping waffle, Anda dapat menggunakan Tulip Sciroppi yang merupakan sirup cokelat dengan tesktur yang velvety.

7. Selai Cokelat

Apabila Anda ingin mendapatkan rasa cokelat yang lebih kaya dan intens, coba gunakan selai cokelat sebagai topping untuk waffle. Ada banyak sekali pilihan selai cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari Tulip Chocolate Cream yang memiliki rasa cokelat yang kuat atau Tulip Hazel Delight yang memiliki campuran rasa kacang dan cokelat.

Baca juga: 3 Cara Membuat Dessert dengan Bahan Dasar Cokelat

8. Chocolate Chips

Waffle Chocolate Chips

Chocolate chips sebenarnya jarang digunakan sebagai topping waffle yang berdiri sendiri, melainkan lebih sebagai pelengkap. Anda dapat menambahkan choco chips untuk melengkapi topping sirup cokelat, whipped cream, atau es krim. Dengan begitu, Anda akan memiliki tekstur yang lebih kaya di atas waffle. Jika tertarik, Anda dapat menggunakan Tulip Choco Chips.

9. Telur Mata Sapi

Selain topping yang manis, waffle juga bisa lho ditambahkan dengan topping yang asin. Salah satu topping asin yang paling sering ditambahkan adalah telur mata sapi. Biasanya, orang-orang di Amerika Serikat dan Britania Raya akan menambahkan telur mata sapi dan bacon (daging babi) sebagai topping. Namun, jika Anda tidak dapat mengonsumsi daging babi, telur mata sapi saja juga sudah cukup.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

10. Ayam Goreng

Waffle Ayam Goreng

Selain telur mata sapi, ayam goreng juga merupakan salah satu topping asin yang paling sering ditambahkan di atas waffle. Anda dapat menambahkan potongan-potongan (strip) ayam goreng tepung di atas waffle, lalu tambahkan saus asin seperti gravy sauce atau bbq sauce, sesuaikan saja dengan selera.

Apabila Anda tertarik untuk membuat waffle dan mencoba aneka topping waffle di atas, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan dari kualitas terbaik, seperti produk cokelat dari KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai macam produk cokelat lainnya, baik itu cokelat compound maupun cokelat couverture. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami di sini!