Mengenal Jenis-Jenis Cokelat Dalam Pastry

Mengenal Jenis-Jenis Cokelat Dalam Pastry

Apakah Anda tahu ada berbagai jenis-jenis coklat dalam pastry? Beragam jenis cokelat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda mulai dari filling, coating, glaze, hingga dekorasi.
9 Jenis Coklat dan Fungsinya Membaca Mengenal Jenis-Jenis Cokelat Dalam Pastry 7 menit Selanjutnya Macam-Macam Coklat Untuk Topping Makanan

Apakah Anda tahu ada berbagai jenis-jenis coklat dalam pastry? Beragam jenis cokelat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda mulai dari fillingcoatingglaze, hingga dekorasi.

Apabila Anda saat ini ingin membangun bisnis pastry atau bahkan sedang menjalankannya, sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis cokelat yang sering digunakan di dalam pastry. Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari informasi lengkapnya seputar aneka cokelat yang tentu sayang jika dilewatkan.

Mengenal 7 Jenis Coklat Dalam Pastry

Berikut ini, ada tujuh jenis cokelat yang paling sering digunakan di dalam pembuatan aneka dessert, kue, dan pastry, yaitu:

1. Compound Chocolate

cokelat compound

Jenis cokelat yang pertama adalah compound chocolate atau cokelat compound. Cokelat jenis ini memiliki bentuk seperti blok atau batangan besar yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti isian pastry, cokelat sirup, celupan cokelat, pasta cokelat, dan masih banyak lagi.

Chocolate compound menjadi jenis cokelat yang paling sering digunakan untuk mereka yang baru saja terjun ke dunia pastry. Hal ini dikarenakan pengolahan cokelat compound sangatlah mudah. Karena mudah diolah dan sering dijadikan bahan pembuatan kue oleh pemula, beberapa orang juga menyebut compound chocolate sebagai cokelat masak atau cooking chocolate.

Selain itu, cokelat compound juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Karena meskipun jenis cokelat ini tetap terbuat dari biji kakao, biasanya cokelat batangan compound tidak mengandung cocoa butter. Lemak kakao pada cokelat compound biasanya digantikan dengan tambahan minyak nabati lainnya.

Terkait rasa, pilihan jenis cokelat compound pun cukup beragam, yakni:

  • Dark chocolate atau cokelat hitam
  • Milk Chocolate atau cokelat susu
  • White Chocolate atau cokelat putih
  • White chocolate yang diberikan berbagai varian perisa dan pewarna

Untuk mengolah coklat compound, Anda cukup melelehkannya dengan dua cara. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan microwave dan cara yang kedua dengan menggunakan teknik au bain-marie.

Jika Anda membutuhkan bahan material cokelat compound berkualitas, KioskCokelat memiliki rekomendasi produk yaitu Cokelat Compound Hitam Tulip. Cokelat ini berbentuk blok dengan ukuran 1 kg untuk setiap bungkusnya. Anda tentu dapat memesan dalam jumlah banyak untuk kebutuhan bisnis kuliner. Kiosk Cokelat juga menyediakan Cokelat Compound Hitam Tulip dalam bentuk karton yang bisa Anda cek di sini.

Baca juga: Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

2. Couverture Chocolate

cokelat couverture

Couverture chocolate atau cokelat couverture adalah jenis cokelat yang dibuat dari biji kakao seutuhnya. Jenis cokelat ini memiliki reputasi sebagai "cokelat murni" atau bahkan "cokelat terbaik" karena mengandung lemak cokelat atau cocoa butter. Karena kandungannya, jenis cokelat couverture dapat membuat aroma dan rasa pada kue pastry lebih kuat, mewah, dan otentik.

Dari segi rasa, biasanya pilihan rasa couverture chocolate yang dapat Anda beli lebih terbatas, yakni:

  • Dark chocolate atau cokelat hitam
  • Milk Chocolate atau cokelat susu
  • White Chocolate atau cokelat putih

Akan tetapi, cokelat couverture memiliki proses pengolahan yang cukup rumit. Anda perlu melakukan proses tempering terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan cokelat couverture di dalam hidangan pastry.

Baca juga: Cokelat Compound vs Couverture: Apa Perbedaan Keduanya?

Couverture chocolate memiliki kelebihan dari segi rasa cokelat yang lebih pekat dan memiliki warna yang lebih mengilap sehingga jenis cokelat ini lebih sering digunakan oleh baker profesional. Bagi para pemula, penggunaan couverture chocolate akan terasa lebih sulit karena harus melalui proses tempering terlebih dahulu. Tanpa ada proses tempering, maka olahan cokelat yang dihasilkan menjadi kurang bagus baik dari segi rasa maupun tekstur.

Apa itu proses tempering? Sederhananya, proses tempering merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mengolah cokelat dengan memainkan suhu tersebut. Tujuan dari dilakukannya proses ini untuk menjaga kualitas cokelat couverture agar kandungan lemak di dalamnya tidak terpencar atau yang biasa disebut dengan fat bloom.

Anda pasti sering mendengar istilah fat bloom, bukan? Fat bloom merupakan kondisi di mana kandungan lemak dalam cokelat muncul ke permukaan. Apabila cokelat mengalami fat bloom, akan terasa bekas lemak yang tersisa di lidah ketika Anda memakannya.

Proses tempering ini melalui 2 tahapan di mana Anda perlu memanaskan cokelat pada di bawah suhu 54oC atau 130oF. Jika cokelat dipanaskan lebih dari suhu tersebut, maka kualitas cokelat couverture akan menurun.

Tahapan selanjutnya merupakan tahap pendinginan. Anda dapat mendinginkan cokelat couverture di suhu ruangan tanpa harus memasukkannya ke dalam kulkas. Setelah cokelat agak dingin, Anda baru bisa menggunakannya ke dalam olahan pastry

Cokelat couverture sendiri dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti cokelat compound. Namun, cokelat ini paling sering digunakan sebagai coating karena tampilannya yang lebih cantik dan mengilap.

Untuk rekomendasi produk cokelat couverture, kami memiliki 3 produk unggulan yang dapat menarik perhatian Anda. KioskCokelat menyediakan Embassy Oceanic BlendEmbassy Continental Blend, dan terakhir Embassy Torres.

Baca juga: 3 Pilihan Cara Menghias Kue Kering dengan Cokelat Leleh

3. Bubuk Cokelat

bubuk coklat

Bubuk cokelat atau cocoa powder sering dicampurkan dalam adonan kue dan pastry. Sesuai dengan namanya, jenis cokelat satu ini berbentuk bubuk kering yang halus sehingga mudah dicampurkan ke adonan pastry, campuran bahan kue, dijadikan filling pastry, dan bahkan dijadikan bahan dasar minuman untuk menemani berbagai kudapan pastry yang lezat.

Coklat bubuk sendiri dibuat dari bahan yang sama seperti kedua jenis cokelat sebelumnya, yakni biji kakao. Cokelat bubuk terbuat dari biji kakao yang telah dipanggang dan telah mengalami ekstraksi mentega cokelat atau cocoa butter. Pada umumnya, coklat bubuk dapat mengandung sekitar 8% hingga 26% cocoa butter.

Pada umumnya, coklat bubuk dijual tanpa bahan aditif lain, sehingga berwarna cokelat pekat dan memiliki cita rasa yang pahit. Tetapi, terkadang Anda juga dapat menemukan bubuk cokelat yang mengandung gula dan bahkan susu sehingga lebih manis dan praktis untuk digunakan dalam membuat berbagai kreasi makanan dan minuman. Salah satu contoh bubuk cokelat seperti ini adalah Tulip Cioccolato.

Selain Cioccolato, KioskCokelat juga memiliki berbagai pilihan coklat bubuk murni dengan kadar lemak coklat yang berbeda, seperti Tulip Burgundy Cocoa PowderTulip Noir Cocoa Powder, dan Tulip Bordeaux Cocoa Powder.

4. Cokelat Coating

Pernahkah Anda melihat produk pastry atau kue yang dilapisi dengan cangkang cokelat yang terlihat begitu menarik? Produk coklat yang digunakan untuk hasil tersebut merupakan chocolate coating. Mengapa menggunakan chocolate coating dan bukan jenis-jenis cokelat yang lain?

Chocolate coating lebih mudah leleh dan tekstur lelehannya lebih cair dibanding jenis cokelat lain. Jadi, hasil lelehannya ini lebih mudah digunakan untuk melapisi produk pastry tanpa perlu dicampur minyak atau susu lagi. Selain itu, hasil cangkang yang dihasilkan pun lebih gelap, mengilap, dan menarik. Tidak hanya demikian, rasanya pun cenderung lebih manis, cokelat masak cenderung terasa pahit sehingga kurang pas untuk digunakan melapisis pastry.

Jika anda tertarik untuk menggunakan chocolate coating untuk pastry Anda, mari mencoba Tulip Chocolate Coating yang berkualitas tinggi.

5. Chocolate Chips dan Chunks

Siapa yang tidak suka dengan chocolate chips? Perpaduan rasanya memang sangat pas dengan pastry dan berbagai kue lainya. Selain mudah ditemukan di supermarket, harga chocolate chips pun terjangkau, sehingga cocok untuk dijadikan bahan pastry yang tidak membuat kantong bolong. Selain itu, choco chips untuk masak juga bisanya tidak mudah meleleh saat dipanggang, jadi cocok untuk membuat pastry yang cantik.

Anda bisa mencoba Tulip Choco Chips ataupun Tulip Choco Chunks untuk potongan cokelat yang lebih ireguler.

Baca juga: Cara Membuat Cookies Cokelat Sebagai Menu Kafe

6. Pasta Cokelat

Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa pastry yang renyah dipadukan dengan pasta cokelat yang meleleh di mulut. Pasta cokelat adalah salah satu isian cokelat terbaik untuk pastry. 

Tidak perlu repot-repot membuat cokelat cair sendiri karena ada Tulip Cokelat Filling Hitam. Dengan aroma yang wangi dan rasa cokelat yang pekat, pasta coklat siap pakai ini akan membuatkan aneka dessert dan pastry Anda menjadi lebih memikat.

7. Cokelat Cream

Semua orang dijamin suka dengan rasa chocolate cream alias krim cokelat. Dengan tekstur yang lembut dan creamy serta rasa cokelat yang pekat dan manis, krim cokelat biasanya digunakan sebagai isian pastry dan aneka dessert lainnya. 

Tulip Chocolate Cream Ganache yang lezat dijamin akan memberikan dimensi baru pada hidangan pastry Anda. Tidak hanya itu, Kiosk Cokelat juga memiliki produk coklat krim lain, yakni Tulip Hazel Delight yang dapat digunakan sebagai isian, olesan, dan pelapis untuk semua produk pastry Anda. Rasa gurih khas dari kacang hazelnut digabungkan dengan cokelat akan membuat siapa saja ketagihan

Baca juga: 2 Cara Membuat Cookies Tanpa Oven

Tentu saja, melalui website KioskCokelat, Anda dapat mencari berbagai bahan material cokelat berkualitas lainnya seperti chocolate chipschocolate baton, dan masih banyak lagi. Anda dapat langsung melihat bagian produk kami untuk mencari bahan material cokelat yang dibutuhkan.

KioskCokelat merupakan official store dari PT. Freyabadi Indotama yang sejak lama menyuplai bahan material cokelat kualitas kepada banyak klien yang menjalankan bisnis di bidang HoReCa (Hotel, Restaurant, dan Cafe). Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan produk kami untuk menghasilkan hidangan pastry berkualitas agar customer puas dan terus membeli produk-produk yang dijual. Hubungi KioskCokelat sekarang juga untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda ingin melakukan pemesanan.