3 Tips Menggunakan Cokelat Batangan untuk Brownies

3 Tips Menggunakan Cokelat Batangan untuk Brownies

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan cokelat batangan untuk brownies. Bagaimana caranya? Simak tipsnya melalui artikel dari KioskCokelat berikut ini.

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan cokelat batangan untuk brownies. Kue cokelat yang satu ini memang memiliki rasa cokelat yang sangat kaya dan intens. Tidak mengherankan memang jika ada banyak sekali orang yang menyukainya, terutama bagi pecinta cokelat. Selain itu, brownies juga memang memiliki tekstur yang sangat memanjakan lidah.

Melalui artikel ini, Anda akan mengeksplorasi mengenai apakah cokelat batangan bisa digunakan untuk membuat brownies. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa tips terkait penggunaan cokelat batangan dan rekomendasi produknya yang dapat Anda gunakan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apakah Cokelat Batangan Bisa Digunakan untuk Membuat Brownies?

Apakah Cokelat Batangan Bisa Digunakan untuk Membuat Brownies

Apakah cokelat batangan bisa digunakan untuk membuat brownies? Jawabannya adalah ya, bisa. Cokelat batangan merupakan pilihan yang bagus untuk membuat brownies karena dapat memberikan tekstur yang lebih kaya dan fudgy dibandingkan cokelat bubuk. Anda dapat menggunakan cokelat batangan yang sudah dicincang halus dan dicairkan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya dalam resep brownies.

Cokelat batangan yang Anda gunakan dapat yang berupa compound atau couverture. Tidak seperti untuk dekorasi atau dipping, Anda tidak perlu melakukan tempering terlebih dahulu terhadap cokelat couverture jika ingin menggunakannya untuk membuat brownies. Pastikan saja Anda menggunakan cokelat yang berkualitas tinggi karena cokelat adalah bahan paling esensial dalam pembuatan brownies.

Selain itu, jenis cokelat yang Anda gunakan juga dapat beragam. Umumnya, hampir semua resep brownies memang merekomendasikan Anda untuk menggunakan dark chocolate. Namun, jika sedang tidak memiliki dark chocolate, Anda juga dapat menggunakan milk chocolate. Hanya saja, rasa dan tekstur dari brownies yang dibuat dengan milk chocolate pasti akan sedikit berbeda dari biasanya, yaitu lebih manis dan lebih creamy. Jadi, sesuaikan lagi saja takaran bahannya jika menggunakan milk chocolate.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

3 Tips Menggunakan Cokelat Batangan Untuk Brownies

Tips Menggunakan Cokelat Batangan Untuk Brownies

Masih ada banyak sekali kesalahan menggunakan cokelat batangan yang sering dilakukan oleh orang-orang, terutama yang masih awam, ketika membuat brownies. Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan cokelat batangan untuk brownies yang dapat Anda terapkan.

1. Gunakan Cokelat Batangan dan Cokelat Bubuk

Walaupun sudah disebutkan di atas bahwa menggunakan cokelat batangan dapat lebih baik daripada cokelat bubuk, tetapi sebenarnya gabungan antara cokelat batangan dan cokelat bubuk dapat menghasilkan brownies dengan rasa yang jauh lebih enak. Cokelat batangan dapat memberikan Anda tambahan lemak dan cokelat bubuk dapat memberikan cita rasa cokelat yang lebih kaya dan intens.

2. Gunakan Dark Chocolate

Idealnya, brownies memang harus dibuat menggunakan cokelat hitam, atau setidaknya cokelat yang semi manis atau yang tidak manis sama sekali. Hal tersebut dikarenakan cokelat hitam akan memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi. Dengan begitu, brownies yang dihasilkan akan memiliki cita rasa cokelat yang jauh lebih kaya dan intens daripada brownies yang menggunakan milk chocolate atau cokelat manis lainnya.

3. Gunakan Cokelat Couverture

Pada dasarnya, cokelat couverture memang memiliki kandungan kakao yang lebih besar dibandingkan dengan cokelat compound. Bahkan, lemak yang ada di dalam cokelat couverture pun adalah lemak kakao, bukan lemak nabati seperti yang ada di dalam cokelat compound. Sama seperti dua alasan di atas, makin banyak kandungan kakao, maka akan makin kaya dan intens cita rasa cokelat dari brownies yang Anda buat.

Baca juga: Penggunaan Dark Cokelat Couverture

3 Rekomendasi Cokelat Batangan untuk Brownies

Apabila Anda tertarik untuk membuat brownies, pastikan untuk  menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cokelat batangan untuk brownies dengan kualitas tinggi yang dapat Anda gunakan.

1. Tulip Dark Compound Chocolate

Tulip Dark Compound Chocolate adalah produk cokelat compound premium yang sangat serbaguna untuk segala jenis roti, pastry, dan aplikasi cokelat lainnya. Diproduksi dengan standar kualitas internasional, cokelat batangan ini dibuat dengan bahan-bahan kualitas tinggi dan didesain untuk mudah digunakan di dapur.

Tulip Dark Compound Chocolate memiliki titik leleh yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal untuk segala kebutuhan Anda meskipun sedang berada pada suhu ruangan yang panas atau berada di dalam ruangan tanpa pendingin. Cokelat batangan ini merupakan produk unggulan dari Tulip Chocolate dengan aplikasi yang tidak terbatas.

2. Tulip Milk Compound Chocolate

Tulip White Compound Chocolate merupakan produk cokelat compound bake-stable premium yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan baking. Produk cokelat ini dapat memberikan cita rasa susu yang alami dan telah menjadi produk favorit di kalangan pastry chef dan home baker.

Dengan membuat brownies menggunakan Tulip Milk Compound Chocolate, Anda bisa mendapatkan rasa dan tekstur yang lebih manis dan creamy.  Selain itu, produk cokelat ini juga sangat cocok digunakan sebagai dasar pewarna makanan, cokelat coating, drip cake dan kebutuhan dekorasi.

Baca juga: 3 Cara Membuat Dessert dengan Bahan Dasar Cokelat

3. Tulip Master Baker Dark Compound Chocolate

Tulip Master Baker Dark Compound Chocolate memiliki resep yang sama dengan Tulip Dark Compound, tetapi produk ini hadir dalam ukuran 5 kg. Produk ini sangat serbaguna untuk segala jenis roti, pastry, dan berbagai aplikasi cokelat lainnya. Tulip Master Baker Dark Compound Chocolate adalah cokelat compound yang ideal bagi Anda yang membutuhkan cokelat dalam jumlah besar untuk bisnis Anda.

Apabila Anda tertarik menggunakan cokelat batangan untuk brownies di atas, yuk langsung saja beli produk cokelatnya di KioskCokelat. Ikuti juga tips di atas untuk menghasilkan brownies dengan cita rasa cokelat yang lebih kaya dan intens. Cek juga produk cokelat compound dan cokelat couverture secara lengkap melalui website kami!