Ketahui 2 Cara Membuat Saus Cokelat dari Cokelat Batangan

Ketahui 2 Cara Membuat Saus Cokelat dari Cokelat Batangan

Ada dua cara membuat saus coklat dari coklat batangan, yaitu menggunakan metode panas dan metode dingin. Saus cokelat sendiri dapat Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan baking, seperti untuk menghias kue, filling, dan masih banyak lagi.

Ada dua cara membuat saus coklat dari coklat batangan, yaitu menggunakan metode panas dan metode dingin. Saus cokelat sendiri dapat Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan baking, seperti untuk menghias kue, filling, dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana sih cara membuat saus cokelat dari cokelat batangan? Mari simak bahan-bahan yang perlu Anda siapkan dan langkah-langkahnya di bawah ini!

Cara Membuat Saus Coklat dari Coklat Batangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada dua cara membuat saus cokelat dari cokelat batangan yang dapat Anda gunakan. Namun, sebelum membahas mengenai langkah-langkahnya, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan

Pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan-bahan di bawah ini terlebih dahulu untuk membuat saus cokelat dari cokelat batangan:

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat saus cokelat dari cokelat batangan, yaitu metode panas dan metode dingin. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Metode Panas

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat saus cokelat menggunakan metode panas:

  • Tuang dairy cream ke dalam panci, panaskan pada suhu 90 derajat Celcius.
  • Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi cokelat koin, atau cokelat blok yang sudah dipotong kecil-kecil.
  • Aduk dairy cream dan cokelat hingga meleleh serta tercampur rata.
  • Tambahkan glukosa ke dalam adonan saus cokelat.
  • Aduk adonan saus cokelat menggunakan hand blender.
  • Masukkan mentega lunak ke dalam adonan saus cokelat.
  • Aduk kembali campuran adonan tersebut dengan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Jika sudah, Anda dapat menempatkan saus cokelat yang sudah jadi tersebut ke dalam wadah seperti mangkuk dan langsung menggunakannya, atau dapat juga disimpan terlebih dahulu.

Metode Dingin

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat saus cokelat menggunakan metode dingin:

  • Lelehkan cokelat koin, atau cokelat blok yang sudah dipotong kecil-kecil.
  • Tuang dairy cream ke dalam panci, panaskan pada suhu 40 derajat Celcius.
  • Tuang dairy cream yang sudah panas ke dalam mangkuk yang berisi cokelat koin, atau cokelat blok yang sudah meleleh.
  • Aduk dairy cream dan cokelat hingga tercampur rata.
  • Tambahkan glukosa ke dalam adonan saus cokelat dan aduk menggunakan hand blender hingga tercampur rata.
  • Masukkan mentega lunak ke dalam adonan saus cokelat.
  • Aduk kembali campuran adonan tersebut dengan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Baik itu metode panas maupun metode dingin, Anda dapat mendapatkan saus cokelat dengan kualitas yang sama baiknya jika mengikuti langkah-langkahnya dengan tepat. Untuk mendapatkan arahan yang lebih jelas, Anda dapat menonton video ini: Cara Membuat Cokelat Ganache yang Sempurna

3 Tips Menggunakan Saus Cokelat

Setelah berhasil membuat saus cokelat, ada berbagai macam hal yang dapat Anda lakukan menggunakan saus cokelat tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan saus cokelat yang perlu diketahui.

  1. Menghias Kue

Anda dapat menghias kue menggunakan saus cokelat, seperti untuk cokelat siram pada kue tart. Ketika hendak menghias kue tart menggunakan saus cokelat, Anda harus berhati-hati agar tidak memenuhi seluruh kue dengan saus cokelat. Ikuti cara di bawah ini untuk menghias kue tart menggunakan saus cokelat dengan baik:

  • Pastikan kue tart telah diolesi dengan butter cream secara merata agar hasil dekorasi saus cokelat dapat terlihat mulus.
  • Tuangkan sebagian saus cokelat ke atas kue tart. Sebarkan perlahan di atas kue dengan pisau kue, jangan biarkan setetes cokelat jatuh ke bagian sisi kue.
  • Masukkan saus cokelat ke dalam piping bag, lalu buat pola berupa tetesan-tetesan kecil di atas kue tart.
  • Tambahkan hiasan lain di atas kue tart agar tampilannya dapat lebih cantik. Anda bisa menggunakan buah-buahan, cokelat batangan dengan berbagai bentuk, sprinkles, dan lain sebagainya.

Selain kue tart, masih ada berbagai jenis kue lain yang dapat dihias menggunakan saus cokelat. Pastikan saja Anda menghiasnya dengan rapi agar hasilnya dapat terlihat indah dan cantik.

  1. Filling dan Spreading

Saus cokelat dapat digunakan sebagai filling untuk berbagai macam produk bakery seperti roti dan pastry. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan saus cokelat untuk filling pada croissant, donat, lava cake, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai filling, Anda juga dapat menggunakan saus cokelat sebagai spreading pada berbagai macam produk bakery, baik itu kue, roti, maupun pastry. Anda dapat mengolesi atau melakukan coating menggunakan saus cokelat pada kue spons, praline, dan masih banyak lagi.

  1. Dipping

Salah satu kegunaan paling umum dari saus cokelat adalah sebagai dipping atau saus celup. Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat dicelupkan ke dalam saus cokelat, salah satu yang paling umum adalah churro. Selain itu, Anda juga dapat mencelupkan berbagai macam buah-buahan atau kacangan-kacangan ke dalam saus cokelat untuk menambah kenikmatannya.

Cokelat Terbaik Untuk Membuat Saus Cokelat yang Lezat

Ada berbagai macam jenis cokelat yang dapat digunakan untuk membuat saus cokelat, seperti cokelat compound maupun couverture. Untuk mendapatkan jenis-jenis cokelat tersebut dengan kualitas yang sangat baik, Anda dapat menemukannya di KioskCokelat.

Ada berbagai macam jenis cokelat yang dapat Anda temukan di KioskCokelat, mulai dari compound, couverture, filling, dekorasi, dan masih banyak lagi. Untuk melihat katalog produk kami, Anda dapat klik di sini. Semoga penjelasan mengenai cara membuat saus coklat dari coklat batangan ini dapat berguna untuk Anda ya.