Ikuti Cara Membuat Ganache Di Sini

Ikuti Cara Membuat Ganache Di Sini

Ganache merupakan bahan pelapis kue yang dapat menambah cita rasa yang lezat pada kue cokelat atau menu dessert. Ganache juga membuat hidangan memiliki tampilan yang lebih menarik minat pembeli. Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis bakery, mengetahui cara membuat ganache tentu hal yang sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan.

Ganache merupakan bahan pelapis kue yang dapat menambah cita rasa yang lezat pada kue cokelat atau menu dessert. Ganache juga membuat hidangan memiliki tampilan yang lebih menarik minat pembeli. Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis bakery, mengetahui cara membuat ganache tentu hal yang sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan.

Penasaran bagaimana cara membuat ganache yang lezat? Anda akan memahami cara pembuatan ganache yang tepat melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Ganache?

pengertian ganache

Kata ganache sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya adalah cokelat dan krim. Dalam industri kue, ganache merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah bahan lapisan kue yang terbuat dari campuran cokelat dan heavy cream.

Cokelat ganache sering digunakan sebagai topping pada beberapa jenis kue cokelat, seperti muffincupcake, bolutart dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang menggunakan ganache untuk puding.

Pengaplikasian coklat ganache pada kue dapat menambah rasa dan juga tekstur yang unik. Tekstur ganache sendiri biasanya cenderung lebih kental dan halus. Namun, pada beberapa hidangan kue, tekstur ganache dapat dibuat lebih cair.

Idealnya, tentukan terlebih dahulu jenis kuenya sebelum membuat ganache agar teksturnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena jika lapisan ganache yang dibuat tidak sesuai dengan kuenya maka akan membuat tampilannya menjadi kurang menarik dan bahkan dapat mengubah rasa.

Baca juga: Apa Itu Teknik Au Bain-Marie Dalam Pengolahan Cokelat?

Resep Cokelat Ganache Simpel

cara membuat ganache

Cara pembuatan ganache sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Simak penjelasannya berikut ini agar ganache yang Anda buat dapat memiliki cita rasa yang lezat dan juga tampilan yang menarik.

Bahan-Bahan

Sebelum membuat ganache, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang digunakan untuk membuat ganache juga sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat ganache:

  • Cokelat batangan atau koin;
  • Dairy Cream;
  • Glukosa atau Invert Sugar, dan;
  • Mentega

Metode Dingin

Dalam membuat ganache, terdapat dua metode yang dapat dilakukan, yaitu metode dingin dan panas. Bagaimana caranya? Simak penjelasan detailnya berikut ini.

Untuk membuat coklat ganache dengan metode dingin, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Potong cokelat hingga menjadi bagian kecil-kecil, kemudian lelehkan menggunakan microwave atau gunakan teknik au-bain marie.
  2. Panaskan dairy cream di atas kompor dengan suhu 40oC.
  3. Tuangkan dairy cream yang sudah dipanaskan ke dalam wadah yang berisi cokelat dan kemudian aduk hingga tercampur rata menggunakan hand blender.
  4. Selanjutnya masukkan glukosa dan aduk lagi sampai semua adonan menyatu.
  5. Terakhir, tambahkan mentega lalu diaduk hingga semuanya tercampur dengan sempurna.
  6. Tunggu beberapa saat agar ganache mengental.
  7. Cokelat ganache enak kini siap digunakan untuk melapisi atau menghias kreasi Anda.

Metode Panas

Sedangkan untuk metode panas, Anda bisa mengikuti caranya sebagai berikut:

  1. Iris-iris cokelat batang agar lebih kecil dan masukkan kedalam mangkuk.
  2. Tuang dairy cream ke panci dan panaskan menggunakan kompor dengan suhu 90oC.
  3. Campurkan dairy cream dengan cokelat yang sudah disiapkan sebelumnya lalu aduk menggunakan spatula.
  4. Cokelat akan meleleh perlahan, aduk hingga cokelat meleleh sempurna dan tercampur rata.
  5. Tambahkan glukosa, lalu aduk lagi adonan cokelat ganache dengan hand blender.
  6. Masukkan mentega dan aduk kembali hingga semua bahan menyatu dengan sempurna.
  7. Diamkan sebentar agar ganache mendingin dan cokelat ganache siap digunakan untuk menghias kreasi Anda.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

3 Tips Tambahan Membuat Ganache

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat membuat ganache agar hasilnya lebih sempurna.

1. Pastikan Semua Bahan Tercampur dengan Sempurna

Anda harus memastikan bahwa semua bahan telah tercampur dengan sempurna dan jangan sampai ada cokelat yang menggumpal. Bahan yang tidak tercampur dengan baik dapat mengakibatkan tekstur ganache kurang halus sehingga kurang enak untuk dinikmati.

2. Jangan Terlalu Manis

Dalam membuat ganache, usahakan rasanya jangan terlalu manis. Rasa manis yang terlalu berlebihan akan membuat ganache terasa enek ketika dimakan. Gunakan glukosa secukupnya agar rasa manisnya tetep terjaga dan pas.

Baca juga: Apa Perbedaan Ganache dan Glaze untuk Dekorasi Kue?

3. Buat Perbandingan Bahan yang Pas

Perbandingan bahan cokelat dan dairy cream yang digunakan dalam membuat ganache juga perlu diperhatikan agar tekstur yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tekstur yang terlalu kental atau cair akan sulit diatur, sehingga membuat tampilan kue Anda menjadi kurang menarik.

Jenis Cokelat Terbaik untuk Membuat Ganache

cokelat untuk membuat ganache

Cokelat merupakan bahan dasar yang sangat penting dalam pembuatan cokelat ganache yang enakGunakanlah cokelat dengan kualitas terbaik dari KioskCokelat agar ganache yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat dan nikmat. KioskCokelat menyediakan beberapa pilihan cokelat yang bisa Anda gunakan sebagai bahan membuat ganache berikut ini:

1. Cokelat Compound Hitam Tulip

Cokelat Compound Hitam Tulip memiliki cita rasa yang premium dengan aroma yang khas dan kuat. Cokelat ini hadir dengan warna gelap yang mengkilap, sehingga dapat membuat tampilan kue Anda lebih cantik dan menarik minat konsumen. 

2. Cokelat Compound Putih Tulip

Jika Anda penyuka cokelat putih, Cokelat Compound Putih Tulip ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membuat ganache cokelat putih dengan warna yang cerah dan rasa susu yang banyak diminati menggunakan cokelat ini.

3. Cokelat Compound Stroberi Tulip

Anda bisa menggunakan Cokelat Compound Stroberi Tulip untuk menciptakan ganache dengan aroma stroberi yang kuat dan menyegarkan. Cokelat Compound Stroberi Tulip ini akan membuat kue Anda memiliki tampilan yang unik dan beda dari yang lainnya.

4. Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65%

Embassy Oceanic Blend Dark Chocolate Couverture 65% merupakan cokelat koin dengan sensasi rasa kacang dan buah-buahan kering yang menggoda. Cokelat ini juga mengandung ekstrak vanila alami yang membuatnya memiliki wangi yang khas.

5. Embassy Continental Blend Dark Chocolate Couverture 75%

Embassy Continental Blend Dark Chocolate Couverture 75% hadir dalam bentuk koin yang mudah dilelehkan, sehingga cocok untuk pembuatan ganache. Cokelat ini memiliki sensasi pahit-manis yang seimbang dengan cita rasa nutty yang membuatnya tidak enek saat dikonsumsi.

Apakah Anda sudah memahami penjelasan yang kami sampaikan di atas? Jika Anda tertarik untuk mencoba produk cokelat berkualitas dari KioskCokelat, silakan kunjungi halaman produk KioskCokelat sekarang juga. Masih ada banyak pilihan produk lainnya yang mungkin saja sesuai dengan yang Anda butuhkan.