metode au bain marie

Panduan Metode Au Bain-Marie untuk Melelehkan Cokelat

Metode au bain-marie adalah salah satu cara terbaik untuk melelehkan cokelat. Melalui metode ini, Anda dapat melelehkan cokelat dengan sempurna. Simak caranya di sini!

Metode au bain-marie adalah salah satu cara terbaik untuk melelehkan cokelat. Melalui metode ini, Anda dapat melelehkan cokelat dengan sempurna jika dilakukan dengan benar. Cokelat sendiri memang merupakan bahan yang sensitif terhadap panas, jadi jika Anda salah sedikit saja ketika melelehkannya maka kualitas cokelat akan menurun.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan metode au bain-marie untuk melelehkan cokelat, mulai dari pengertiannya hingga cara melakukannya dengan benar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips menggunakan metode au bain-marie. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Metode Au Bain-Marie

au bain marie

Metode au bain-marie, atau yang lebih dikenal dengan nama water bath dan double boiler, adalah teknik memasak yang biasanya digunakan melelehkan cokelat atau membuat beberapa jenis makanan yang lembut di bagian dalamnya. Metode au bain-marie biasanya meliputi memanaskan bahan atau adonan makanan dengan menggunakan uap dari air panas.

Mirip dengan konsep mengukus, metode au bain-marie akan memanfaatkan energi panas yang dihasilkan dari uap air panas untuk melelehkan cokelat atau memasak makanan. Namun bedanya, bahan atau adonan makanan tidak bersentuhan langsung dengan uap air atau api, sehingga makanan dapat dipanaskan secara perlahan dan dapat memberikan hasil akhir yang lebih lembut.

Di dalam dunia patisserie, metode au bain-marie biasanya digunakan untuk membuat makanan yang terbuat dari telur dan susu. Makanan yang dihasilkan dari metode ini biasanya akan memiliki tekstur yang cenderung kering di bagian luar, tetapi akan sangat lembut di bagian dalamnya. Makanan seperti custard, creme brulee, cheesecake, dan makanan sejenis lainnya sangat cocok jika dibuat dengan menggunakan metode au bain-marie.

Baca juga: Ragam Kreasi Coklat Batang untuk Dijual di Toko Anda

Cara Melelehkan Cokelat Menggunakan Metode Au Bain-Marie

metode au bain marie

Cara melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Wadah besar
  • Panci kecil, ukurannya harus lebih kecil daripada wadah yang digunakan
  • Kompor
  • Spatula

Setelah alat-alat tersebut disiapkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie.

  1. Potong-potong cokelat hingga menjadi beberapa bagian yang sangat kecil agar proses pelelehan dapat lebih cepat. Anda dapat menggunakan cokelat koin agar tidak perlu memotong cokelat terlebih dahulu.
  2. Simpan potongan cokelat di wadah yang lebih besar.
  3. Siapkan panci dan masukkan air, lalu panaskan air tersebut di atas kompor dengan api kecil. Air tersebut tidak perlu sampai mendidih, cukup panaskan saja.
  4. Letakkan wadah cokelat di atas panci yang sudah berisi air panas.
  5. Selama ada di atas panci, aduk-aduk cokelat yang ada di dalam wadah untuk mempercepat proses pelelehan.
  6. Setelah cokelat meleleh dengan sempurna, angkat wadah cokelat dan usap bagian bawahnya untuk mencegah air masuk ke dalam adonan cokelat.

Ta-da! Sekarang cokelat sudah berhasil dilelehkan menggunakan metode au bain-marie. Sangat mudah, kan? Jika Anda ingin mendapatkan instruksi melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie secara visual, kunjungi video berikut: 5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar.

Telusuri juga kanal YouTube tersebut untuk mendapatkan resep kue berbahan cokelat, tips mengolah cokelat, dan video mengenai cokelat lainnya. Ada banyak sekali video yang dapat berguna bagi Anda, apalagi jika sedang belajar baking dan mengolah cokelat.

Baca juga: Apa itu Tempering Cokelat?

Tips Melelehkan Cokelat Menggunakan Metode Au Bain-Marie

Walaupun mudah untuk dilakukan, tetapi Anda tidak dapat melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie dengan sembarangan. Mari simak beberapa tips melakukan metode au bain-marie di bawah ini!

1. Perhatikan Wadah yang Digunakan

Ketika melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie, Anda harus menggunakan wadah yang lebih besar untuk menampung cokelat daripada wadah untuk air panas. Hal ini perlu diperhatikan agar uap yang dihasilkan dari air panas tidak masuk ke dalam adonan cokelat, yang mana dapat merusak tekstur dari cokelat yang dilelehkan.

2. Perhatikan Suhu

Cokelat adalah bahan yang sangat sensitif, terutama pada perubahan temperatur. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan suhu dari air panas ketika melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie. Suhu dari air tidak boleh terlalu panas dan terlalu dingin. Jika terlalu panas, maka cokelat akan mudah terbakar atau gosong; di sisi lain, jika suhunya terlalu dingin, maka cokelat tidak akan meleleh.

Selain itu, temperatur dari ruangan tempat Anda melelehkan cokelat juga akan sangat krusial pada hasil akhirnya. Pastikan untuk melelehkan cokelat di ruangan yang sejuk atau memiliki pendingin ruangan. Dengan begitu, cokelat dapat meleleh dengan lebih baik dan memberikan hasil akhir yang lebih lembut.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengeraskan Cokelat Tanpa Kulkas?

Dapatkan Cokelat Berkualitas Tinggi di KioskCokelat

Setelah mempelajari cara melelehkan cokelat menggunakan metode au bain-marie, sekarang Anda sudah dapat menggunakan lelehan cokelat tersebut untuk berbagai keperluan memasak atau baking. Nah, jika Anda membutuhkan produk cokelat dengan kualitas terbaik, apalagi untuk sebuah bisnis makanan, langsung saja berbelanja di KioskCokelat.

Kami menyediakan berbagai macam jenis cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari cokelat couverture maupun cokelat compound. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai produk cokelat seperti cokelat batangan, cokelat bubuk, hingga cokelat dekorasi yang dapat Anda gunakan. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk kami, kunjungi kami di sini!