Ketahui 7 Tips Buat Cokelat Sendiri di Rumah

Ketahui 7 Tips Buat Cokelat Sendiri di Rumah

Tertarik untuk buat cokelat sendiri di rumah untuk dijual kembali? Ikuti tips dari KioskCokelat di artikel ini supaya berhasil membuat cokelatnya

Ide buat coklat sendiri di rumah pasti pernah terlintas di benak Anda. Kabar bagusnya, Anda bisa mewujudkan ide tersebut menjadi kenyataan. Hasil pembuatan cokelatnya bisa diolah kembali menjadi hidangan cokelat lainnya atau langsung dijual kepada pelanggan Anda. Bagaimana tips membuat cokelat homemade yang lezat? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Apakah Membuat Cokelat Sendiri Memungkinkan?

Pertanyaan ini pasti kerap terlintas di benak Anda. Ya, banyak orang meragukan bahwa cokelat batangan alias cokelat blok bisa dibuat sendiri di rumah. Mereka cenderung beranggapan bahwa proses pembuatan cokelat memerlukan alat atau mesin khusus. Faktanya, cokelat homemade bisa dibuat hanya dengan bahan dan alat sederhana yang bisa ditemukan di dapur.

Cokelat compound dan cokelat couverture merupakan bahan yang bisa diandalkan untuk membuat cokelat batangan. Namun, untuk menghasilkan cokelat batang yang lebih menarik, Anda bisa menambahkan bahan kering seperti dry nuts, rice crispy, kacang almond, dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan dark chocolate couverture Embassy Equatorial Blend yang berbentuk koin sehingga lebih mudah meleleh. Untuk melelehkan cokelat couverture, gunakan metode Au-Bain Marie untuk melelehkan cokelat dan pastikan proses tempering sempurna agar mendapatkan tampilan akhir mengilap. 

Setelah diaduk hingga lumer, tuangkan adonan tersebut ke dalam mangkuk kosong, kemudian tambahkan bahan perisa tambahan seperti gula, kacang almond, atau karamel di dalamnya. Bahan yang sudah tercampur rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan cokelat batang untuk didinginkan kemudian di lemari es.

Baca juga: Cara Membuat Filling Cokelat Lumer untuk Roti

7 Tips Terbaik untuk Buat Cokelat Sendiri di Rumah

Ada beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan agar berhasil dalam membuat cokelat sendiri di rumah. Ikuti tips di bawah ini untuk menghasilkan cokelat batangan sesuai ekspektasi Anda.

1. Hindari Air Mendidih

Suhu selalu menjadi kunci penting dalam memasak hidangan. Bahkan dalam pembuatan cokelat batang pun, Anda perlu memperhatikan suhu yang tepat saat merebus air. Kuncinya, Anda harus memastikan air dimasak sampai panas, tetapi tidak dibiarkan mendidih. Air yang mendidih akan meluap dan uap airnya akan masuk ke dalam mangkuk cokelat yang digunakan.

2. Miliki Peralatan yang Lengkap

Pastikan Anda memiliki peralatan lengkap untuk membuat cokelat batang agar hasilnya bervariasi. Selain cetakan cokelat batangan biasa, Anda pun dapat menggunakan cetakan dengan bentuk yang bervariasi, seperti huruf atau karakter tokoh. Cara buat cokelat sendiri ini bisa pula digunakan untuk membuat praline, jadi pastikan Anda memiliki cetakannya.

Baca juga: 3 Inspirasi Bentuk Cokelat Valentine yang Cantik dan Menarik

3. Tambahkan Perisa ke Dalam Cokelat

Anda pasti ingin menghasilkan cokelat dengan rasa yang bervariasi agar sama seperti produk cokelat lainnya. Oleh karena itu, tambahkan beberapa bahan untuk melengkapi cokelat, contohnya kacang hazel, potongan buah, biskuit, atau kismis. Bahan rempah-rempah seperti bubuk kayu manis pun bisa ditambahkan agar cokelat Anda terlihat lebih khas.

4. Jangan Takut Bereksperimen

Cokelat batang yang sudah jadi bisa Anda olah kembali menjadi berbagai hidangan menarik. Cobalah bereksperimen membuat hidangan dari cokelat batang sendiri. Lagi pula, ciri khas bisnis Anda makin bertambah karena beberapa resep hidangan yang disajikan menggunakan cokelat hasil buatan tangan sendiri.

5. Tambahkan Berbagai Topping Lezat

Coklat batangan memang enak, akan tetapi, Anda bisa membuat kreasi Anda menjadi lebih lezat dan menarik dengan berbagai topping. Coklat batangan yang dijual di supermarket pada umumnya memiliki tambahan topping kacang yang memberikan tekstur renyah dan rasa gurih. Tetapi, Anda bisa menggunakan berbagai topping lainnya, seperti:

  • Susu bubuk
  • Coklat bubuk
  • Campuran buah kering
  • Buah-buahan segar
  • Permen
  • Aneka biskuit
  • Pasta cokelat
  • Cokelat cair berwarna-warni yang dibuat dengan coklat putih dan pewarna makanan

Berikan topping pada cokelat batang setelah campuran cokelat telah dituang ke dalam cetakan. Selanjutnya, jangan lupa untuk simpan di dalam kulkas agar cokelat mengeras dan topping menempel sempurna pada cokelat batang.

Baca juga: Cara Membuat Cookies Cokelat Sebagai Menu Kafe

6. Berhati-hati Saat Melepaskannya dari Cetakan

 

Sudah selesai membuat dan mencetak cokelat ala rumahan Anda? Keluarkan cokelat dari cetakan dengan berhati-hati. Bila tidak, Anda berpotensi mematahkan dan merusak tambilan coklat batang Anda. Lakukan secara perlahan dan bersabarlah saat melepaskannya dari cetakan. Pastikan Anda melakukannya di meja atau permukaan stabil lainnya sehingga cokelat tidak mudah jatuh ataupun terbentur.

7. Gunakan Kemasan yang Baik dan Menarik

Hasil olahan cokelat batang memang sangat cocok untuk usaha kuliner. Selain lezat, tampilannya pun sangat menarik. Agar pelanggan semakin tertarik untuk membeli cokelat Anda, pastikan Anda menggunakan kemasan yang baik dan cantik untuk produk Anda. Kemasan yang baik pun dapat membantu cokelat agar lebih awet dan tidak mudah leleh pada saat pengiriman.

Baca juga: 3 Penggunaan Cokelat Batang Untuk Kue Kering

Berbagai Ide dan Cara Menikmati Cokelat

Sudah selayaknya Anda menikmati hasil kerja keras setelah mencoba membuat cokelat sendiri di rumah. Anda bisa mencoba berbagai cara menikmati cokelat di bawah ini daripada sekadar menyantapnya seperti snack biasa.

1. Sajikan dengan Susu Hangat

Cokelat dan susu hangat merupakan perpaduan komplet untuk menikmati waktu senggang. Siapkan segelas susu hangat, lalu masukkan cokelat yang sudah dipotong di dalamnya. Tunggu hingga meleleh dan nikmati minuman susu cokelat hangat yang unik.

2. Buat Cokelat Leleh

Ide lain untuk menikmati cokelat adalah melelehkannya. Namun, pastikan cokelat mencair sempurna dan tidak menggumpal saat dilelehkan. Anda bisa menggunakan microwave untuk melelehkan cokelat, kemudian mengeluarkan cokelatnya setiap satu menit untuk diaduk agar tidak menggumpal.

3. Sajikan dengan Snack Lainnya

Cokelat akan lebih lengkap apabila Anda menyantapnya dengan pilihan snack lainnya. Contohnya, stroberi atau buah lainnya yang dicelupkan ke dalam lelehan cokelat untuk snack yang lebih sehat. Opsi lainnya, oleskan lelehan cokelat di atas roti sebagai menu sarapan pagi yang cukup mengenyangkan.

Baca juga: 2 Cara Membuat Cookies Tanpa Oven

Pilihlah Bahan Baku Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Tidak ada yang bisa menandingi kelezatan cokelat kreasi Anda apabila dibuat menggunakan bahan terbaik. Untuk membuat cokelat sendiri di rumah, Anda memerlukan cokelat couverture dari Embassy Chocolate agar rasanya lebih kaya. Ada tiga varian cokelat bubuk yang dapat dipilih, yaitu:

  • Embassy Continental Blend: cokelat couverture hitam dengan kadar kakao sebesar 75% sehingga memiliki sensasi rasa pahit dan manis di dalamnya. Anda bebas berkreasi dengan bahan perisa apa pun untuk memperkaya cita rasa cokelat yang ingin dibuat.
  • Embassy Azalea: cokelat couverture susu dengan kandungan kakao mencapai 34%. Hasilnya, cokelat Anda akan terlihat lebih kental dan creamy dengan cita rasa susu di dalamnya.
  • Embassy Equatorial Blend: cokelat couverture hitam dengan kandungan kakao sebesar 56%. Cita rasa pahit dan manis yang dihasilkan lebih lembut sehingga lebih lezat saat disantap.

Tidak masalah apabila Anda tidak mau repot buat cokelat sendiri di rumah. Kami menyediakan seri Tulip Cokelat Compound yang siap diolah menjadi berbagai kreasi hidangan. Setiap bahan cokelatnya sangat serbaguna sehingga Anda bisa mengolahnya menjadi filling, coating, bahkan dekorasi cokelat yang indah.

Ingin berkonsultasi mengenai produk yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi KioskCokelat segera untuk mendapatkan produk cokelat terbaik dari Embassy Chocolate untuk menghasilkan hidangan yang membuat pelanggan Anda terkesan.