2 Cara Membuat Cokelat Praline yang Lezat

2 Cara Membuat Cokelat Praline yang Lezat

Anda harus mengetahui cara membuat coklat praline, apalagi jika Anda memiliki bisnis makanan seperti bakery atau kafe. Penasaran caranya? Simak selengkapnya di sini!

Anda harus mengetahui cara membuat coklat praline, apalagi jika Anda memiliki bisnis makanan seperti bakery atau kafe. Cokelat praline merupakan permen cokelat dengan isian yang rasanya sangat nikmat dan lezat. Ketika Anda menyediakan cokelat praline sebagai salah satu menu, pasti akan ada banyak orang yang tertarik untuk membeli dan mencicipinya.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara lengkap bagaimana cara membuat coklat praline yang lezat dan disukai oleh banyak orang. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu cokelat praline secara lebih mendalam terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Definisi Cokelat Praline

cokelat praline

Cokelat praline adalah sebuah permen cokelat dengan isian yang berbentuk bulat khas dari Belgia. Istilah “praline” sendiri sebenarnya dapat merujuk kepada dua jenis makanan yang berbeda, yaitu manisan kacang dan permen cokelat. Namun, praline yang merupakan permen cokelat adalah camilan khas Belgia, yang juga dikenal dengan nama chocolate bon bon.

Cokelat praline biasanya memiliki ukuran yang kecil, cukup untuk sekali santap. Selain itu, cokelat praline juga umumnya memiliki bentuk yang bulat, tetapi sudah ada banyak bentuk lainnya seiring dengan perkembangan zaman. Ada banyak sekali isian yang dapat digunakan untuk cokelat praline, seperti pasta cokelat, bubuk kacang, pasta kacang, kopi, hingga karamel.

Terkadang, cokelat praline sering disamakan dengan cokelat truffle. Namun, kedua jenis makanan tersebut sebenarnya sangat berbeda. Cokelat praline memiliki tekstur bagian luar yang lebih keras dan memiliki berbagai macam isian, sedangkan cokelat truffle memiliki tekstur bagian luar dan dalam yang sama-sama lembut dan akan meleleh di mulut serta isian yang biasanya hanya pasta cokelat atau lelehan cokelat.

Baca Juga: Berbagai Bahan Pengisi Cokelat Praline yang Baik

2 Cara Membuat Cokelat Praline

membuat praline

Cokelat praline merupakan permen cokelat yang disukai oleh banyak orang. Rasa dari cokelat praline yang sangat enak berpadu sangat baik dengan ukurannya yang kecil, jadi orang-orang dapat menikmatinya sebagai camilan untuk berbagai macam kegiatan. Apabila Anda tertarik untuk membuat cokelat praline, baik untuk mencicipinya sendiri atau menjualnya, berikut ini ada dua cara membuat coklat praline dengan mudah yang dapat Anda ikuti.

1. Hazelnut Praline

Hazelnut Praline adalah cokelat praline dengan isian pasta kacang hazel yang sangat lezat dan nikmat. Perpaduan shell cokelat praline yang keras dengan isian kacang hazel yang lembut dan nikmat, dapat memanjakan lidah setiap orang yang mencicipinya. Berikut ini adalah resep lengkap cara membuat coklat praline dengan isian kacang hazel.

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Lelehkan Tulip Dark Compound Chocolate menggunakan teknik au bain-marie atau menggunakan microwave. Pastikan saja cokelat dapat meleleh dengan sempurna.
  2. Ketika cokelat sudah meleleh secara menyeluruh, turunkan temperaturnya hingga mencapai suhu 35 derajat Celcius agar cokelat dapat digunakan untuk membuat shell dari praline. Anda  dapat mengaduk-aduk adonan cokelat selama beberapa saat untuk menurunkan suhunya.
    1. Biasanya, suhu dari adonan cokelat yang meleleh dengan sempurna berada pada titik 45 hingga 50 derajat Celcius.
  3. Apabila suhu adonan cokelat sudah sesuai, sekarang Anda perlu membuat shell menggunakan silicon mold.
  4. Setelah shell berhasil dibuat, isi shell tersebut dengan Tulip Hazel Delight.
  5. Diamkan isian selama beberapa saat hingga mengeras, setelah itu tutup lagi shell menggunakan adonan cokelat yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Masukkan cokelat praline ke dalam kulkas, dan biarkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit hingga mengeras dan dingin.
  7. Setelah itu, keluarkan cokelat praline dari kulkas dan biarkan terlebih dahulu selama 3 hingga 4 menit sebelum cokelat praline dilepaskan dari silicon mold.

Adonan cokelat biasanya akan lebih cepat mengeras jika dibuat di ruangan dengan pendingin udara. Oleh karena itu, pastikan untuk menghangatkan cetakan terlebih dahulu hingga mencapai suhu 25 sampai 30 derajat Celcius. Sebaliknya, jika membuat di ruangan tanpa pendingin udara, pastikan untuk mendinginkan cetakan selama kurang lebih 5 menit di dalam kulkas.

2. Hazelnut Pipe Praline

Hazelnut Pipe Praline adalah cokelat praline dengan isian pasta kacang hazel yang lebih creamy dan kaya rasa berkat campuran mentega dan cokelat tambahan di dalamnya. Selain itu, shell-nya juga dibuat menggunakan cokelat susu, jadi rasanya akan lebih manis. Berikut ini adalah cara membuat coklat praline dengan isian pasta kacang hazel yang creamy.

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Untuk base:
    1. Lelehkan Tulip Milk Compound Chocolate menggunakan teknik bain-marie atau microwave. Pastikan suhunya mencapai 37 derajat Celcius.
    2. Menggunakan silicon mold, buat base dari adonan cokelat dengan bentuk yang bulat.
  2. Untuk hazelnut butter cream:
    1. Kocok mentega menggunakan beater hingga lembut.
    2. Tambahkan Tulip Hazel Delight, lalu kocok lagi menggunakan beater sampai tercampur rata dan lembut.
    3. Ganti beater dengan whisk dan aduk adonan filling hingga mengembang.
  3. Proses assemble:
    1. Pipe sedikit adonan cokelat ke bagian base dan tempelkan kacang hazelnut.
    2. Pipe hazelnut butter cream menggunakan nozzle untuk menutupi kacang hazelnut.
    3. Dinginkan cokelat praline dalam kulkas selama kurang lebih selama 15 menit.
    4. Celupkan cokelat praline ke dalam adonan cokelat.
    5. Drizzle dengan Tulip Milk Compound Chocolate dan Tulip White Chocolate Compound yang sudah dilelehkan

Untuk menjaga agar cokelat praline lebih awet, pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah atau stoples yang kedap udara. Jadi, Anda dapat mengirimnya kepada pelanggan dalam keadaan yang tetap segar.

Tertarik untuk mempraktikkan cara pembuatan coklat praline di atas? Langsung saja berbelanja bahan-bahannya di KioskCokelat. Kami juga menyediakan berbagai macam produk cokelat lain yang dapat digunakan untuk membuat berbagai kreasi cokelat yang lezat dan nikmat. Yuk, buat kreasi hidangan yang enak menggunakan produk kami!