5 Cara Kirim Paket Cokelat Agar Tidak Meleleh

5 Cara Kirim Paket Cokelat Agar Tidak Meleleh

Sebagai pemilik bisnis makanan cokelat, Anda harus mengetahui cara kirim paket coklat agar tidak meleleh. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di sini!

Sebagai pemilik bisnis makanan cokelat, Anda harus mengetahui cara kirim paket coklat agar tidak meleleh. Mengirim paket cokelat memang tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis yang relatif panas. Jika cokelat dibungkus dengan sembarangan, pasti akan jauh lebih cepat meleleh.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara kirim paket coklat agar tidak meleleh dan kondisinya tetap segar ketika sampai di tujuan. Untuk itu, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Cara Kirim Paket Cokelat Agar Tidak Meleleh

Membuat cokelat memang bukan hal yang mudah, bahkan dapat dikatakan sebagai sebuah seni. Namun, mengirim cokelat juga memiliki keahlian khusus tersendiri, apalagi jika cokelat tersebut yang dibentuk sedemikian rupa seperti berbentuk hati, berbentuk bunga, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara kirim paket coklat agar tidak meleleh yang perlu Anda ketahui.

1. Ketahui Titik Leleh Cokelat

Titik leleh rata-rata cokelat adalah antara 30 sampai 32 derajat Celcius, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada bahan khusus yang digunakan dalam produk cokelat tersebut. Karena cokelat adalah makanan, jadi cokelat dikategorikan sebagai barang yang mudah rusak ketika dikirim melalui jasa kurir. Perhatikan kondisi cuaca selama perkiraan waktu pengiriman sehingga Anda dapat memutuskan apakah ini waktu yang tepat untuk mengirim atau tidak.

Sebagai contoh, jika cuaca sedang luar biasa panas, sebaiknya Anda tidak mengirim cokelat terlebih dahulu karena bisa lebih cepat meleleh. Namun, jika Anda memang harus mengirimkannya saat itu juga dan tidak dapat ditunda, coba perhatikan tips lainnya di bawah ini!

2. Kemas Cokelat dalam Keadaan Dingin

kemas cokelat dalam keadaaan dingin

Terlepas dari apakah Anda dapat menunda jadwal pengiriman atau tidak, sangat penting untuk mengemas cokelat dalam keadaan dingin Anda sebelum mengirimnya. Ketika cokelat disimpan dalam keadaan dingin, temperaturnya akan menurun dan akan makin lama cokelat tersebut meleleh. Namun, beberapa cokelat harus disimpan pada suhu ruangan untuk mempertahankan rasanya, jadi pastikan untuk menentukan apakah cokelat Anda dapat didinginkan atau tidak.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu menjauhkan cokelat dari panas langsung atau sumber cahaya. Jika pengiriman memiliki rute yang panjang, maka disarankan untuk menempatkan gel beku atau sumber dingin lainnya di dalam kemasan agar cokelat tetap segar. Dilansir dari Classroom.com, Anda dapat menyimpan gel beku di dalam kemasan cokelat tetapi gel beku tersebut harus dibungkus dengan zipper plastik terlebih dahulu.

3. Kirim Pada Waktu yang Tepat

Untuk mengirim cokelat agar tidak meleleh, Anda harus membuat rencana pengiriman terlebih dahulu. Sebagian besar perusahaan cokelat menghindari pengiriman paket cokelat selama akhir pekan dan hari libur karena lalu lintas yang padat dan volume paket yang lebih tinggi dari biasanya. Jadi, sebaiknya hindari mengirim di akhir pekan, kecuali memang dikirim melalui kurir instan.

Selain itu, Anda juga dapat mengabari konsumen mengenai garis waktu (timeline) pengirimannya agar mereka dapat menerima cokelat secara langsung. Jika memungkinkan, komunikasikan juga dengan kurir bahwa paket tersebut berisi cokelat agar dapat diprioritaskan. Pastikan juga untuk menyegel kemasan cokelat dengan benar agar tidak ada udara yang masuk dan mengoksidasi cokelat.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

4. Gunakan Kemasan yang Tepat

gunakan kemasan yang tepat

Kemasan yang digunakan untuk mengirimkan paket cokelat harus yang dapat menahan panas dari luar, menjaga kondisi cokelat, serta terlihat cantik dan menarik. Jika cokelat sudah dimasukkan ke dalam bungkusannya, baru setelah itu Anda bisa mengemasnya untuk dikirim sebagai paket. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk mengemas paket cokelat.

  • Kotak Berinsulasi: Kotak ini berfungsi untuk menahan panas dari luar kemasan. Pastikan setidaknya ukuran kotak ini lebih besar dua kali lipat dari bungkusan cokelat sehingga ada ruangan lebih untuk memasukkan bahan pelindung bungkusan cokelat.
  • Bubble Wrap: Anda dapat menggunakannya untuk menstabilkan bagian dalam paket. Selain itu bubble wrap juga akan meminimalkan dampak jalan bergelombang pada cokelat Anda.
  • Cold Pack: Anda dapat menggunakan gel beku atau sumber dingin lainnya untuk menjaga kesegaran cokelat. Mudahnya, cold pack ini akan berfungsi sebagai kulkas portabel di dalam kemasan. Pastikan untuk membungkusnya menggunakan zipper plastik terlebih dahulu.
  • Dekorasi dan Lain-Lain: Anda dapat mendekorasi kemasan agar lebih terlihat cantik dan menarik, seperti menggunakan pita dan memberikan kartu ucapan. Jangan lupa untuk memasukkan branding Anda di dalam kemasan. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan instruksi penyimpanan cokelat di rumah agar konsumen dapat menyimpannya dengan benar.

Baca juga: 2 Cara Pembuatan Cokelat Praline dan Resepnya

5. Gunakan Pengiriman yang Cepat

Biasanya, jasa pengiriman akan memiliki berbagai macam jenis pengiriman, dari yang paling cepat hingga yang normal. Untuk menghindari paket cokelat agar tidak meleleh, sebaiknya gunakan jenis pengiriman yang paling cepat. Pastikan untuk menggunakan jenis pengiriman yang dapat sampai keesokan harinya.

Selain itu, biasanya juga jasa pengiriman memiliki opsi pengiriman cold care service atau yang dapat menjaga agar paket yang dikirimkan tetap dalam keadaan dingin. Jika memang jasa pengiriman di area rumah memiliki opsi tersebut, lebih baik gunakan saja agar cokelat yang dikirim lebih aman.

Apabila memungkinkan, akan lebih baik untuk menggunakan pengiriman yang same day atau instan. Jika memang konsumen berada di satu kota, lebih baik gunakan yang same day atau instan tersebut. Walaupun harganya relatif lebih mahal, tetapi jenis pengiriman tersebut dapat benar-benar mencegah paket cokelat agar tidak meleleh.

Bagaimana, tidak begitu sulit kan untuk menjaga paket cokelat agar tidak meleleh ketika dikirim? Nah, jika Anda membutuhkan cokelat untuk membuat berbagai kreasi makanan, yuk belanja saja di KioskCokelat. Kami menyediakan cokelat couverture maupun cokelat compound dan ada berbagai macam varian cokelat yang dapat ditemui. Semoga penjelasan mengenai cara kirim paket coklat agar tidak meleleh di atas dapat membantu Anda, ya!