7 Cara Menghias Cake dengan Coklat

7 Cara Menghias Cake dengan Coklat

Dekorasi yang  cantik dapat meningkatkan nilai visual dari sebuah kue. Simak berbagai cara menghias cake dengan cokelat melalui artikel dari KioskCokelat berikut ini.

Dekorasi adalah salah satu komponen penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat sebuah kue. Tampilan visual kue yang indah tentu akan lebih menarik perhatian pelanggan. Untuk membuat dekorasi yang indah dan juga mudah, Anda cukup menggunakan cokelat saja. Lalu, bagaimana cara menghias cake dengan coklat?

Cokelat dapat dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat dekorasi kue. Mengapa Anda harus menggunakan cokelat? Alasannya karena cokelat sangat mudah dibentuk ke dalam berbagai macam jenis dekorasi sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Jika Anda saat ini sedang menjalankan bisnis kue, ada baiknya untuk mempelajari berbagai macam bentuk dekorasi dari cokelat. Anda tidak hanya dapat meningkatkan keindahan visual dari kue yang dibuat, namun juga rasanya tentu akan menjadi lebih nikmat. Penggunaan dekorasi cokelat ini juga tidak hanya dapat digunakan secara khusus untuk kue cokelat saja, namun kue apa pun dapat menggunakan dekorasi ini.

Tertarik untuk mendekorasi kue Anda dengan cokelat? Anda dapat menyimak informasi yang akan KioskCokelat sajikan melalui artikel ini. Ada begitu banyak inspirasi untuk menghias kue dengan cokelat yang bisa Anda dapatkan di sini.

7 Cara Menghias Cake dengan Cokelat 

Berikut ini, Anda akan melihat 7 cara menghias cake dengan cokelat yang mudah dan menarik untuk dicoba.

 

1. Cokelat Ganache

Cokelat dapat dijadikan sebagai ganache yang digunakan untuk melapisi bagian luar kue. Biasanya, cokelat ganache digunakan sebagai bahan pelapis atas pada donat. Namun, ganache juga dapat digunakan sebagai dekorasi dengan cara melapisi keseluruhan bagian luar kue. 

Setelah kue dilapisi dengan cokelat ganache, Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi lainnya seperti buah, taburan kacang, hingga meses. Anda juga bisa menambahkan ganache yang dibuat dari cokelat putih untuk memberikan variasi warna dekorasi kue.

 

2. Cokelat Coating

Selain ganache, kue juga dapat dilapisi dengan cokelat coating yang dibuat dari cokelat couverture. Hal yang membedakan adalah cokelat coating memiliki tekstur yang keras. 

Untuk membuat cokelat coating ini, Anda dapat menggunakan cokelat couverture. Mengapa Anda harus menggunakan cokelat couverture untuk coating? Cokelat couverture memiliki rasa yang lebih chocolaty sehingga akan menguatkan cita rasa cokelat di setiap hidangan yang Anda buat. Jika Anda membutuhkan cokelat couverture berkualitas untuk membuat cokelat coating, silakan liat jajaran produk dari Embassy di sini.

3. Cokelat Butter Cream

Kue tar atau kue ulang tahun biasanya menggunakan butter cream yang dimasukkan ke dalam spuit dengan berbagai macam bentuk sesuai dengan pilihan. Jika Anda ingin menghias kue cokelat, maka cobalah untuk menggunakan campuran butter cream dan cokelat. Tidak hanya tampilannya saja yang terlihat menarik, rasa kue yang Anda buat pun akan lebih lezat dan creamy dengan dekorasi cokelat butter cream.

4. Cokelat Parut

Anda ingin mendapatkan cara dekorasi anti ribet? Cukup sediakan cokelat compound dan parutan keju. Anda dapat memarut cokelat di atas kue yang sudah siap untuk didekor. Olesi kue dengan cokelat filling terlebih dahulu agar cokelat parut tidak terpencar-pencar atau berantakan ketika dimakan.

5. Cokelat Gulung

Ide menghias kue selanjutnya, Anda perlu melelehkan cokelat terlebih dahulu dan tuang lelehan cokelat di atas permukaan datar. Biarkan cokelat hingga dingin, kemudian gunakan spatula untuk mengangkat cokelat sambil membentuk gulungan. Cokelat gulung tersebut dapat digunakan sebagai hiasan kue dengan meletakkannya pada bagian atas atau samping sesuai dengan selera.

6. Cokelat Segitiga

Menggunakan metode yang hampir mirip dengan membuat cokelat gulung, Anda bisa menggunakan alternatif cara dengan membuat pola cokelat segitigas. Cokelat yang sudah dilelehkan di permukaan datar dan didinginkan kemudian dipotong dengan bentuk segitiga. Potongan tersebut dapat dijadikan sebagai hiasan kue yang estetik dan unik.

 

7. Cokelat Tabur

Selain cokelat batang, Anda juga bisa menggunakan cocoa powder untuk menghias cake dengan mudah. Cukup taburkan cocoa powder di seluruh permukaan atas kue yang sudah siap untuk dihidangkan. Kue Anda akan terlihat sederhana, namun tetap menarik dan tentu saja memberikan cita rasa yang nikmat.

3 Tips Mengolah Cokelat untuk Dijadikan Hiasan Cake

Bagaimana cara mengolah cokelat anti gagal untuk dijadikan sebagai hiasan cake? Anda dapat mengikuti berbagai tips mengolah cokelat dengan tepat berikut ini:

1. Memilih Cokelat yang Tepat

Anda perlu memahami bahwa ada cokelat memiliki berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, ada setidaknya 3 tipe cokelat yang dapat digunakan sebagai dekorasi kue yaitu cokelat compound, cokelat couverture, dan cokelat bubuk.


Anda mungkin sudah memahami apa itu cokelat bubuk namun masih belum mengetahui apa perbedaan cokelat compound dan couverture. Cokelat compound merupakan jenis cokelat dengan kandungan minyak sayur yang lebih mudah untuk diolah dibandingkan cokelat couverture. Jika ingin menggunakan cokelat couverture, Anda perlu melalui proses tempering terlebih dahulu.

2. Melelehkan Cokelat dengan Tepat

Cokelat compound atau couverture yang akan diolah biasanya harus dilelehkan terlebih dahulu. Anda perlu melelehkan cokelat dengan tepat. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengaduk-aduk adonan cokelat secara berkala untuk mempercepat proses pelelehan. Tahap pengadukan ini juga dapat mencegah cokelat meleleh dengan tidak sempurna atau menyisakan gumpalan-gumpalan.

3. Menyesuaikan dengan Jenis Kue

Setelah cokelat dilelehkan, Anda perlu mengolahnya kembali sesuai dengan jenis kue yang ingin disajikan. Apabila Anda ingin menyajikan kue tar, maka lelehan cokelat harus dicampurkan dengan butter cream untuk mendapatkan tekstur yang lebih padat. Sebaliknya, jika Anda ingin membuat ganache, maka lelehan cokelat dapat dicampur dengan susu untuk mendapatkan tekstur yang lebih cair. 

Pilihlah Cokelat yang Berkualitas dari KioskCokelat!

Jadi, dari ketujuh cara di atas, ide mana yang ingin Anda coba? Pastikan Anda hanya menggunakan cokelat yang berkualitas untuk membuat dekorasi kue dan juga bahan dasar pembuatan hidangan untuk bisnis kuliner yang dijalankan saat ini.

Untuk mendapatkan produk cokelat berkualitas, Anda bisa langsung melakukan pembelian hanya di KioskCokelat. Kami menyediakan beragam jenis produk cokelat mulai dari cokelat compound, couverture, bubuk, meses, chocolate chips, chocolate chunks, dan masih banyak lagi. Hubungi kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan dalam bentuk satuan maupun karton sesuai dengan kebutuhan bisnis kuliner Anda.