Cokelat Ganache: Definisi, Cara Membuat, dan Kegunaan

Cokelat Ganache: Definisi, Cara Membuat, dan Kegunaan

Cokelat ganache adalah salah satu produk olahan cokelat yang sangat berguna untuk berbagai macam keperluan baking. Simak cara pembuatannya secara lengkap di sini!
3 Tips Menggunakan Cokelat Batangan untuk Brownies Membaca Cokelat Ganache: Definisi, Cara Membuat, dan Kegunaan 5 menit Selanjutnya Apa Itu Fat Bloom?

Cokelat ganache adalah salah satu produk olahan cokelat yang sangat berguna untuk berbagai macam keperluan baking. Anda dapat membuat cokelat ganache menggunakan cokelat batangan, baik itu cokelat compound maupun cokelat couverture. Pastikan saja untuk menggunakan cara yang tepat dan bahan yang berkualitas tinggi.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai cokelat ganache secara lebih mendalam, mulai dari pengertiannya hingga cara pembuatannya. Selain itu, Anda juga akan dapat mengetahui apa saja kegunaan dari cokelat ganache. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Definisi Cokelat Ganache

Definisi Cokelat Ganache

Chocolate ganache adalah sejenis saus, atau isian yang terbuat dari lelehan cokelat dan liquid seperti susu, krim, dan lain-lain.

Produk olahan cokelat ini biasanya digunakan untuk melapisi kue, sebagai isian pastry, dan sebagai drizzle di atas berbagai macam dessert. Selain itu, cokelat ganache juga merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam pembuatan cokelat truffle untuk dijadikan sebagai isiannya.

Baca juga: 3 Cara Membuat Dessert dengan Bahan Dasar Cokelat

Cara Membuat Cokelat Ganache

Cara membuat cokelat ganache sebenarnya sangat mudah, bahkan Anda dapat menggunakan peralatan yang biasanya sering dipakai di dapur. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk ditemukan, antara lain:

Setidaknya, ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat cokelat ganache, yaitu metode panas dan metode dingin. Berikut ini adalah cara membuat cokelat ganache dengan mudah dan sederhana.

1. Metode Panas

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat cokelat ganache menggunakan metode panas:

  1. Siapkan mangkuk, masukkan potongan Tulip Dark Compound Chocolate ke dalamnya.
  2. Siapkan panci dan simpan di atas kompor, tuangkan dairy cream ke dalamnya.
  3. Panaskan dairy cream hingga mencapai suhu 90 derajat Celcius. Cek temperaturnya menggunakan termometer masak.
  4. Tuang dairy cream yang sudah dipanaskan ke dalam mangkuk yang berisi cokelat dan diamkan selama beberapa saat. Lalu, aduk hingga cokelat meleleh dan tercampur rata dengan dairy cream.
  5. Tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat ganache tersebut. Lalu, aduk menggunakan hand blender.
  6. Masukkan mentega lunak ke dalam adonan cokelat ganache. Aduk kembali menggunakan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Mudah sekali, kan? Selain metode panas, Anda juga dapat menggunakan metode dingin yang sama mudahnya.

2. Metode Dingin

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat cokelat ganache menggunakan metode dingin:

  1. Lelehkan cokelat menggunakan teknik au bain marie atau double boiler. Masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Siapkan panci dan simpan di atas kompor, lalu tuangkan dairy cream ke dalamnya.
  3. Panaskan dairy cream hingga mencapai suhu 40 derajat Celcius. Cek temperaturnya menggunakan termometer masak.
  4. Tuang dairy cream yang sudah dipanaskan ke dalam mangkuk yang berisi lelehan cokelat. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan glukosa ke dalam adonan cokelat ganache. Aduk menggunakan hand blender hingga tercampur rata.
  6. Masukkan mentega lunak ke dalam adonan cokelat ganache sederhana. Aduk kembali menggunakan hand blender agar adonan dapat ter-emulsify dengan baik.

Ta-da! Sekarang cokelat ganache sudah jadi dan dapat diaplikasikan untuk berbagai macam keperluan baking. Apabila Anda membutuhkan instruksi visual untuk membuat coklat ganache, kunjungi video berikut ini: Cara Membuat Cokelat Ganache yang Sempurna

3 Kegunaan Cokelat Ganache

Cokelat ganache adalah salah satu produk olahan cokelat yang paling fleksibel karena dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan cokelat ganache dalam baking yang perlu Anda ketahui.

1. Frosting atau Topping

Frosting atau Topping Ganache

Cokelat ganache bisa digunakan sebagai frosting atau topping untuk kue dengan cara dioleskan ke atas kue yang sudah dingin atau dipotong menjadi bagian-bagian kecil. Cokelat ganache yang digunakan sebagai frosting atau topping kue biasanya akan mengeras setelah dioleskan ke atas kue.

Cokelat ganache yang dibuat dengan benar pasti akan memiliki tampilan yang mengilap sehingga kue akan terlihat lebih menarik. Selain itu, cokelat ganache juga bisa memberikan rasa yang lezat dan creamy bagi kue. Tidak heran memang jika ada banyak sekali baker yang suka menggunakan cokelat ganache.

Baca juga: Mengulas Cara Membuat Dessert Box Cokelat

2. Untuk Membuat Truffle

Untuk Membuat Truffle

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cokelat ganache merupakan bahan yang esensial dalam pembuatan cokelat truffle. Pada dasarnya, cokelat truffle adalah cokelat ganache kental yang dibuat menjadi berbentuk bola-bola kecil dan ditaburi dengan bubuk kakao. Selain itu, Anda juga dapat mencelupkan kembali cokelat truffle yang sudah mulai mengeras ke dalam lelehan cokelat atau adonan cokelat ganache yang cair.

3. Isian

Isian Ganache

Ada banyak sekali jenis kue yang menggunakan cokelat ganache sebagai isiannya, seperti cupcake, brownies, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa jenis pastry juga ada yang menggunakan cokelat ganache sebagai isiannya. Cokelat ganache sendiri dapat memberikan rasa manis khas cokelat dan tekstur yang lebih creamy pada kreasi baking yang Anda buat.

Sekarang sudah tahu kan kalau cokelat ganache adalah produk olahan cokelat yang sangat fleksibel? Jika Anda ingin membuatnya, langsung saja gunakan produk cokelat dari KioskCokelat. Selain itu, kami juga menyediakan cokelat ganache siap pakai yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar produk kami, silakan kunjungi KioskCokelat di sini!