chocolate dipping

3 Cara Membuat Chocolate Dipping yang Tahan di Suhu Ruangan

Membuat chocolate dipping yang tahan di suhu ruangan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi. Penasaran seperti apa tekniknya? Langsung simak informasinya di sini!

Membuat chocolate dipping yang tahan di suhu ruangan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi. Pasalnya menggunakan cokelat dalam sebuah hidangan memang memerlukan perhatian yang lebih daripada bahan-bahan makanan biasanya. Apabila suhu atau temperaturnya tidak tepat maka tekstur dan rasa yang dihasilkan bisa ikut berantakan.


Jika sedang mengembangkan hidangan dengan menggunakan cokelat untuk para pelanggan, pastikan Anda memahami bagaimana cara membuat chocolate dipping dengan baik. Untuk membantu Anda memahami cara pembuatannya, KioskCokelat sudah menyediakan informasi yang lengkap. Langsung simak informasinya di bawah ini!

3 Cara Membuat Chocolate Dipping yang Tahan di Suhu Ruangan

Ketika Anda ingin membuat chocolate dipping yang bisa bertahan di suhu ruangan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Langkah-langkah pembuatannya pun tak bisa sembarangan. Coba ikuti beberapa cara berikut ini. 

1. Menggunakan Mangkuk Kaca atau yang Tahan Panas

Pilihan wadah atau mangkuk untuk melelehkan cokelat memainkan peran penting dalam menjaga suhu cokelat agar tetap stabil. Mangkuk kaca atau mangkuk lainnya yang tahan panas merupakan pilihan yang sangat baik karena mereka memiliki sifat isolator, yakni bahan material yang tidak bisa atau bahkan sulit memindahkan muatan listrik. 


Selain itu bahan tahan panas juga tidak bereaksi dengan cokelat sehingga tidak akan mengubah rasa atau tekstur cokelat. Dengan menggunakan mangkuk tersebut, Anda dapat yakin bahwa cokelat akan tetap dalam kondisi yang baik meskipun dibiarkan pada suhu ruangan.


Baca juga: 3 Cara Membuat Cokelat Coating untuk Kue

2. Siapkan Air Hangat, Bukan Air Panas

Proses tempering cokelat sangat penting untuk menghasilkan cokelat yang memiliki tekstur halus, kilau mengkilap, dan ketahanan yang baik terhadap suhu kamar. Salah satu metode yang umum digunakan untuk tempering cokelat adalah metode au bain marie. 


Dalam metode ini, cokelat dipanaskan secara tidak langsung dengan menggunakan mangkuk yang ditempatkan di atas panci berisi air hangat. Air di dalam panci tidak boleh mendidih atau terlalu panas, melainkan hanya cukup hangat untuk melelehkan cokelat secara perlahan.


Hal ini penting untuk mencegah cokelat terkena suhu tinggi yang bisa mengakibatkan perubahan tekstur dan rasa yang tidak diinginkan. 


Untuk melakukan tempering cokelat menggunakan metode au bain marie, langkah pertama ialah mencincang cokelat menjadi potongan kecil agar meleleh lebih merata. Kemudian letakkan cokelat cincang dalam mangkuk tahan panas dan posisikan mangkuk tersebut di atas panci berisi air hangat. 


Pastikan dasar mangkuk tidak menyentuh permukaan air untuk menghindari overheating. Aduk cokelat secara perlahan dan terus-menerus hingga cokelat meleleh sepenuhnya dan mencapai suhu sekitar 45-50°C untuk cokelat couverture


Setelah meleleh, angkat mangkuk dari panci dan biarkan suhu cokelat turun hingga mencapai sekitar 27-28°C. Untuk mengembalikan kilau dan tekstur yang diinginkan, panaskan kembali cokelat secara perlahan hingga mencapai suhu kerja sekitar 31-32°C.


Proses ini memastikan bahwa kristal-kristal lemak dalam cokelat terbentuk dengan baik untuk menghasilkan cokelat dengan tekstur sempurna dan kilau yang menarik.

3. Lelehkan dengan Lambat pada Suhu yang Tepat

Proses melelehkan cokelat sebaiknya dilakukan dengan lambat dan pada suhu yang tepat. Melelehkan cokelat dengan cepat atau pada suhu yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan cokelat menjadi terlalu cair atau terlalu keras ketika mengeras kembali. 


Ketiga cara di atas bisa Anda praktikkan untuk memastikan cokelat bisa bertahan dalam suhu ruangan. Namun perlu Anda perhatikan bahwa suhu ruangan yang dimaksudkan pun bisa berbeda-beda. Jadi tetap perhatikan kondisi ideal yang diinginkan.


Baca juga: 2 Cara Menggunakan Cokelat Bubuk untuk Minuman

Cara Tempering Cokelat untuk Hasil yang Maksimal

Membuat chocolate dipping yang enak memerlukan proses tempering cokelat yang tepat. Tempering sendiri adalah teknik yang digunakan untuk memastikan bahwa kristal-kristal dalam cokelat diposisikan dengan benar sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan kilau yang cantik.


Kemudian perlu Anda ketahui juga bahwa proses tempering hanya bisa dilakukan untuk cokelat couverture. Kualitasnya yang tinggi memerlukan proses penanganan yang tepat. Supaya hasilnya maksimal, berikut langkah-langkah untuk melakukan tempering cokelat yang bisa Anda ikuti. 

1. Siapkan Peralatan

Sebelum memulai proses tempering cokelat, pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan spatula untuk mencampur cokelat, cokelat couverture Embassy Equatorial Blend, mangkuk tahan panas untuk melelehkan cokelat, serta microwave atau akses ke air panas yang dapat dimasukkan ke dalam mangkuk.


Pastikan semua peralatan yang digunakan sudah bersih dan kering untuk memastikan kualitas cokelat yang dihasilkan tetap optimal.

2. Lelehkan Cokelat dan Aduk Merata Secara Berulang

Proses melelehkan cokelat dalam maksud “tempering” membutuhkan ketepatan suhu dan waktu. Itu sebabnya Anda perlu memasukkan cokelat ke dalam mangkuk tahan panas dan lelehkan di microwave selama 30 detik pada suhu 45-50 derajat Celsius. 


Setelah itu aduk cokelat secara menyeluruh untuk memastikan pelelehan yang merata. Ulangi proses ini dengan memasukkan mangkuk berisi cokelat ke microwave selama 30 detik pada suhu 30-32 derajat Celsius, diikuti dengan aduk secara merata setelahnya. 


Jika masih ada bagian cokelat yang belum meleleh sempurna, ulangi proses ini hingga seluruh cokelat meleleh dengan baik. Proses melelehkan yang perlahan dan merata ini penting untuk menciptakan tekstur cokelat yang halus dan mengkilap.

3. Lakukan Test untuk Memastikan Tempering Cokelat Sudah Benar

Setelah cokelat ditempa dengan benar, Anda dapat melakukan test sederhana untuk memastikan bahwa cokelat sudah siap digunakan. Celupkan ujung spatula ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan dan biarkan selama 5-10 menit pada suhu ruangan yang ber-AC. 


Cokelat yang sudah melalui tempering dengan benar akan mengeras dengan cepat dan memiliki kilau yang indah. Jika cokelat masih terlalu cair atau tidak mengeras dengan baik, Anda mungkin perlu mengulangi proses tempering sambil menambahkan beberapa gram cokelat untuk mencapai hasil yang diinginkan.


Baca juga: 2 Cara Mencairkan Cokelat Blok dengan Benar


Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat chocolate dipping dengan hasil yang memuaskan.


Namun untuk memastikan bahwa cokelat yang digunakan memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, membeli cokelat dari KioskCokelat adalah solusi paling tepat. 


KioskCokelat tidak hanya menyediakan berbagai jenis cokelat berkualitas, tetapi juga berusaha mengemasnya dengan cara yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing jenis cokelat yang dibeli pelanggan.


Jika membutuhkan cokelat dalam jumlah besar untuk keperluan bisnis, Anda tidak perlu khawatir karena KioskCokelat siap memenuhi seluruh kebutuhan.


Kepuasan pelanggan jelas merupakan prioritas utama KioskCokelat dan kami akan senang membantu Anda mendapatkan Tulip Coklat Compound dan couverture berkualitas untuk menghasilkan hidangan terbaik bagi pelanggan. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi website KioskCokelat dan temukan jenis cokelat yang dibutuhkan bisnis Anda!