Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

Anda sedang mencari ide jualan berupa snack cokelat yang siap disantap? Cobalah praline, hidangan cokelat mungil tetapi tidak kalah cantik dan lezat. Banyak sekali jenis-jenis praline yang lezat dan bisa menjadi pilihan menarik bagi pelanggan Anda.

Anda sedang mencari ide jualan berupa snack cokelat yang siap disantap? Cobalah praline, hidangan cokelat mungil tetapi tidak kalah cantik dan lezat. Banyak sekali jenis-jenis praline yang lezat dan bisa menjadi pilihan menarik bagi pelanggan Anda.

 

Kunci terbaik dalam membuat cokelat praline yang sedap dan disukai pelanggan adalah bahan cokelatnya. Namun, Anda harus mengenal dahulu berbagai macam praline yang tidak sedikit variannya. Mari kenali lebih dalam tentang salah satu kreasi cokelat mini yang lezat melalui pembahasan pada artikel ini.

Apa Itu Praline?

Praline adalah hidangan cokelat berukuran kecil layaknya permen dengan isian atau filling di dalamnya. Isian praline biasanya berupa kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, atau pecan. Namun, ada pula pilihan lain untuk filling hidangan ini yang mampu menambah cita rasanya, seperti buah-buahan kering, karamel, krim, selai, dan sebagainya.

 

Terlepas dari ukurannya yang kecil, praline memiliki tampilan yang indah dan menggugah selera. Keindahan hidangan tersebut tentu tak lepas dari kreativitas dan tangan terampil sang koki dalam memasaknya. Pembuatan cokelat praline pun lebih mudah berkat bantuan alat cetakan yang berbentuk cekung. 

 

Ada pula beberapa jenis praline yang rumit dan memerlukan beberapa teknik tertentu untuk membuatnya sehingga Anda tidak hanya membutuhkan cetakan. Ada dua pembagian jenis praline, yaitu berdasarkan negara asal dan teknik membuatnya. Simak penjelasan mengenai jenis-jenis praline di bawah ini.

Jenis-Jenis Praline Berdasarkan Negara Asal

Cokelat praline awalnya berasal dari Prancis. Seiring perkembangannya, hidangan ini mulai populer dan hadir dalam versi yang berbeda di Belgia dan Amerika Serikat. Apa saja perbedaan hidangan praline dari masing-masing negara tersebut?

  1. Praline Prancis

Praline asal Prancis awalnya berupa snack berisi kacang-kacangan tumbuk yang dilapisi dengan cokelat. Oleh karena itu, tidak heran praline orisinil biasanya memiliki filling berupa kacang almond atau hazelnut dan gula karamel yang ditumbuk menjadi bubuk. Tekstur praline Prancis lebih keras daripada versi Amerika Serikat.

  1. Praline Belgia

Tidak seperti praline Prancis, praline asal Belgia memiliki tekstur yang lembut di bagian tengahnya. Kelembutan tersebut berasal dari bentuk isiannya yang cair dan mengandung kombinasi bahan berupa kacang-kacangan, gula, sirup, serta bahan susu lainnya. Namun, ada jenis isian lainnya dalam versi Belgia ini, yaitu kopi, karamel asin, buah ceri, bahkan liquor.

  1. Praline Amerika

Praline versi negeri Paman Sam ini dibuat lebih lembut dan creamy sehingga menyerupai chocolate fudge. Jenis praline ini biasanya memiliki komposisi berupa gula, mentega, krim, dan kacang-kacangan atau sirup yang dimasak dengan suhu medium ke tinggi. Jenis kacang yang paling lazim digunakan untuk praline Amerika adalah kacang pecan.

Jenis-Jenis Praline Berdasarkan Cara Membuat atau Bentuknya

Selain berdasarkan negara asalnya, praline juga dibedakan berdasarkan teknik pembuatannya. Anda pun wajib mengetahui jenis-jenis praline dalam kategori ini supaya dapat menghasilkan bentuk praline yang bervariasi. Apa saja variasi praline tersebut?

  1. Moulded Praline

Pertama adalah moulded praline, jenis praline yang paling mudah dibuat. Alasannya, Anda hanya memerlukan cetakan untuk membentuk adonan praline dalam berbagai bentuk atau pola.

 

Dalam jenis ini, Anda harus mengisi setengah bagian cetakan dengan cokelat leleh terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah mengeras, barulah Anda memasukkan filling dan kembali mengisi cetakan tersebut dengan cokelat sampai penuh.

  1. Piped Praline

Anda memerlukan alat tempur berupa piping bag untuk membuat jenis praline ini. Jenis praline ini biasanya disajikan dalam kemasan yang terbagi menjadi beberapa sekat di dalamnya.

 

Cara membuatnya sederhana, cukup tekan bagian piping bag yang telah diisi cokelat leleh ke dalam kemasan tersebut, kemudian taruh topping di atas sebagai penambah cita rasanya. Anda bisa pula menaruh adonan cokelat di atas loyang apabila ingin memanggang hidangan ini bersamaan dengan topping-nya.

  1. Cut Praline

Terakhir yaitu cut praline, jenis praline yang dibuat dengan cara dipotong sampai bagian filling-nya terlihat. Bisa dibilang bahwa cut praline hampir mirip seperti cokelat truffle karena teknik pembuatannya ini. Perbedaannya, praline membutuhkan kacang sebagai bahan utamanya, sedangkan truffle bisa dibuat tanpa kacang.

 

Proses pembuatan Jenis praline ini dimulai dengan teknik moulded praline, yakni mencetak cokelat leleh dan mengisinya dengan filling. Setelah hidangan terbentuk sempurna, barulah Anda memotong hidangan ini hingga isiannya terekspos.

Bahan Cokelat Terbaik untuk Membuat Praline

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahan cokelat terbaik pasti akan menghasilkan hidangan yang lezat dan disukai pelanggan. Begitu pula untuk praline, Anda memerlukan bahan cokelat yang pas untuk membuat hidangan ini.

 

Pembuatan cokelat praline biasanya dimulai dari melelehkan cokelat compound dengan teknik Au-Bain Marie. Tampilan cokelat lelehnya pun harus mengilap dan tidak kusam sehingga terlihat indah saat dipajang di etalase nanti. Ada pun bahan cokelat compound rekomendasi KioskCokelat untuk membuat praline adalah:

  1. Cokelat Susu Couverture 34% Azalea Embassy

Produk ini sangat pas bagi Anda yang ingin menghasilkan hidangan praline dengan cita rasa susu yang kental. Teksturnya creamy sehingga praline akan terasa lembut di lidah saat disantap.

  1. Dark Chocolate 65% Oceanic Blend Embassy

Ini bukanlah produk dark chocolate couverture biasa. Ada kandungan rasa kacang dan buah-buahan kering yang membuat produk ini makin istimewa. Tidak hanya filling-nya, hidangan praline Anda pun makin kaya dengan cita rasa yang dihasilkan dari bahan cokelat ini. 

  1. Cokelat Putih 33% Zen Embassy

Ingin visual cokelat praline yang lebih berbeda? Pakailah bahan ini untuk menghasilkan praline putih yang menarik dan tidak monoton. Produk ini memiliki perpaduan seimbang antara rasa susu dan vanilla, jadi sangat pas untuk membuat praline dengan varian rasa yang lainnya.


Sudahkah Anda lebih familier dengan jenis-jenis praline setelah membaca artikel ini? Sekarang saatnya untuk mulai berkreasi dan menghasilkan sajian praline yang lezat dengan bahan cokelat terbaik. Hubungi KioskCokelat segera untuk mendapatkan tiga produk cokelat di atas sekarang juga.