Apa Itu Teknik Au Bain-Marie Dalam Pengolahan Cokelat?

Apa Itu Teknik Au Bain-Marie Dalam Pengolahan Cokelat?

Teknik au bain-marie menjadi salah satu teknik pengolahan cokelat yang paling sering dilakukan. Apa itu teknik au bain-marie? Pernahkah Anda mendengar nama teknik pengolahan cokelat ini?
Membedah Setiap Proses Tempering Coklat Membaca Apa Itu Teknik Au Bain-Marie Dalam Pengolahan Cokelat? 4 menit Selanjutnya 3 Aneka Olahan Coklat Blok untuk Kreasi Menu Anda

Apabila Anda sering memanggang kue atau mengolah cokelat, Anda pasti sudah sering mendengar teknik au bain marie. Teknik au bain marie menjadi salah satu teknik pengolahan cokelat yang paling sering dilakukan dalam dunia baking. Apa itu teknik au bain-marie? Pernahkah Anda mendengar nama teknik pengolahan cokelat ini?

Melalui artikel ini, Anda akan memahami pengertian dari teknik au bain-marie. Selain itu, tentu saja Anda akan mempelajari cara penerapan teknik au bain-marie untuk mengolah cokelat. Teknik ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan hidangan cokelat terbaik yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mengenal Teknik Au Bain-Marie

melelehkan cokelat au bain marie

Sebelum mencoba menggunakan teknik bain marie ini dalam mengolah cokelat dan memanggang kue, mari mengenalnya terlebih dahulu.

Au bain-marie merupakan istilah yang diambil dari bahasa Prancis yang berarti boiling-water bath. Teknik au bain-marie ini juga lebih dikenal dengan teknik double boiler di mana Anda melelehkan cokelat di atas air mendidih.

Baca juga: Ragam Kreasi Coklat Batang untuk Dijual di Toko Anda

Penggunaan Teknik Au Bain Marie

Memanggang dengan teknik au bain-marie sangat disarankan karena dapat memastikan hasil masakan matang sempurna. Tidak hanya itu, uap air yang dihasilkan dari teknik memasak ini juga memberikan tekstur empuk dan super lembut kepada hasil kue. Biasanya, teknik satu ini digunakan saat memanggang berbagai jenis kue yang harus super moist, seperti Japanese Cheesecake.

Penggunaan teknik au bain marie ini sangat disarankan untuk melelehkan coklat. Mengapa? Karena cokelat tidak akan terkena panas dari api kompor secara langsung, teknik ini memungkinkan Anda untuk melelehkan cokelat dengan sempurna tanpa risiko hangus.

Nah, pada kesempatan kali ini, KioskCokelat akan berfokus pada penggunaan teknik au bain-marie untuk melelehkan dan mengolah cokelat.

Untuk melelehkan cokelat, Anda dapat menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan microwave dan juga au bain-marie. Kedua cara ini paling sering digunakan untuk melelehkan cokelat. Bagi Anda yang tidak memiliki microwave dapat langsung menggunakan teknik au bain-marie yang juga mudah untuk dilakukan.

Bagaimana Cara Mengolah Cokelat dengan Teknik Au Bain-Marie?

mengolah cokelat

Berikut ini, ada 4 tahapan yang perlu Anda lalui untuk mengolah cokelat dengan teknik au bain-marie.

1. Memotong Cokelat

Tahapan pertama untuk mengolah cokelat dengan teknik au bain-marie adalah memotong-motong cokelat terlebih dahulu. Banyak orang yang sering melakukan kesalahan pada tahapan ini dengan memasukkan cokelat dalam bongkahan besar begitu saja tanpa dipotong-potong lagi. Akibatnya, cokelat akan sulit untuk meleleh dengan sempurna dan bahkan akan tersisa gumpalan-gumpalan.

Anda dapat memotong cokelat ke dalam bentuk dadu-dadu kecil. Jika Anda memiliki skill memasak yang lebih tinggi, silakan coba untuk mencincang-cincang cokelat agar lebih mudah meleleh.

2. Persiapkan Peralatan

Setelah cokelat dipotong-potong, masukkan cokelat ke dalam mangkuk besar. Lalu, siapkan juga sebuah panci untuk merebus air. Pastikan ukuran mangkuk cokelat lebih besar daripada pancinya.

Penggunaan mangkuk yang lebih kecil dari ukuran panci akan berisiko terhadap masuknya air ke dalam adonan cokelat. Jika adonan cokelat terkena air sedikit pun, maka kualitas cokelat Anda akan menurun. Oleh karena itu, gunakanlah mangkuk berukuran besar untuk menghindari air masuk ke dalam mangkuk cokelat.

Baca juga: Apa itu Tempering Coklat?

3. Proses Melelehkan Cokelat

Di dalam proses melelehkan cokelat, Anda dapat menggunakan api sedang untuk mendidihkan air. Jangan menggunakan api yang terlalu besar karena ketika air mendidih, gelembungnya dapat muncrat dan masuk ke dalam mangkuk cokelat. 

Perlu diingat juga, agar tidak tersisa gumpalan-gumpalan cokelat, Anda perlu mengaduk-aduk cokelat secara berkala untuk mempercepat proses pelelehan. Bagian ini yang sering kali dilupakan oleh sebagian besar orang sehingga cokelat yang mereka olah tidak meleleh dengan sempurna.

4. Mendinginkan Cokelat

Tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah proses mendinginkan cokelat. Anda cukup meletakkan cokelat yang sudah meleleh di suhu ruangan selama 10 hingga 15 menit. Setelah 15 menit, Anda dapat menggunakan cokelat tersebut untuk hidangan apapun.

Jadi, sekarang Anda sudah paham mengenai teknik au bain-marie, bukan? Teknik ini juga sangat mudah sekali untuk dilakukan dan Anda juga sudah familier dengan seluruh tahapannya. Hanya saja, ada beberapa bagian yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan cokelat leleh yang baik.

Untuk melelehkan cokelat dengan teknik au bain-marie, Anda bisa menggunakan segala jenis macam cokelat mulai dari cokelat compound hingga cokelat couverture. Anda bisa mendapatkan kedua jenis cokelat tersebut melalui website KioskCokelat.

Kami menyediakan berbagai bahan material cokelat berkualitas yang biasa digunakan dalam industri HoReCa (Hotel, Restaurant, dan Cafe). Anda pun juga dapat memesan produk kami untuk bisnis kuliner yang dijalankan saat ini. Hubungi KioskCokelat sekarang juga untuk melakukan pemesanan atau jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait produk yang kami jual.