cokelat praline

4 Jenis Cokelat Untuk Membuat Praline

Ada banyak jenis coklat untuk membuat praline yang dapat Anda gunakan. Praline adalah camilan cokelat yang sangat populer, terutama di negara-negara Eropa. Simak di sini!

Ada banyak jenis coklat untuk membuat praline yang dapat Anda gunakan. Praline adalah camilan cokelat yang sangat populer, terutama di negara-negara Eropa. Biasanya, praline terbuat dari shell cokelat yang memiliki isian pasta cokelat, kacang-kacangan, atau bahkan buah-buahan dan masih banyak lagi.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa saja jenis coklat untuk membuat praline yang dapat digunakan. Namun sebelum itu, mari simak penjelasan mengenai apa itu praline di bawah ini!

Definisi Cokelat Praline

praline chocolate

Cokelat praline adalah camilan asal Belgia yang secara tradisional berbentuk bulat dan memiliki berbagai macam isian, seperti saus cokelat, kacang-kacangan, hingga buah-buahan. Cokelat praline biasanya memiliki ukuran kecil yang cukup untuk sekali makan. Selain berbentuk bulat, Anda juga dapat menemukan cokelat praline dengan bentuk lain pada zaman modern.

Di Belgia, "praline" merujuk kepada sebuah camilan atau permen cokelat yang memiliki isian. Istilah "praline" sendiri berasal dari Belgia. Namun, di Prancis, yang oleh orang Belgia disebut praline, biasanya disebut "crotte de chocolat". Praline dari Prancis biasanya merujuk pada sebuah manisan kacang yang dilapisi oleh karamel. Agar lebih mudah membedakannya, praline asal Belgia juga sering disebut sebagai chocolat bon bon.

Terkadang, cokelat praline sering disamakan dengan cokelat truffle. Akan tetapi, kedua jenis camilan tersebut sebenarnya sangat berbeda. Cokelat praline memiliki tekstur luar yang lebih keras dan isiannya yang beragam, sedangkan cokelat truffle memiliki tekstur luar dan dalam yang sama lembutnya dan akan lumer di mulut. Selain itu, isian dari cokelat truffle juga biasanya hanya berupa pasta coklat atau cokelat leleh.

Baca juga: Berkenalan dengan Jenis-Jenis Praline yang Lezat

4 Jenis Cokelat Untuk Membuat Praline

jenis cokelat untuk praline

Anda dapat membuat cokelat praline baik itu menggunakan cokelat compound maupun cokelat couverture. Berikut ini adalah beberapa jenis cokelat, baik itu compound maupun couverture yang dapat digunakan untuk membuat praline.

1. Dark Chocolate

Dark chocolate, atau cokelat hitam, merupakan jenis cokelat dengan kandungan kakao yang paling besar daripada jenis cokelat lainnya. Artinya, cokelat hitam akan memiliki rasa cokelat yang lebih kuat dan intens. Selain itu, warna yang dihasilkan dari cokelat hitam juga cenderung lebih pekat, serta lebih mengilap jika Anda menggunakan cokelat couverture.

Cokelat hitam juga sangat cocok dijadikan sebagai isian dari praline. Selain dari tampilannya yang lebih pekat, cokelat hitam juga memang memiliki aroma yang cukup kuat, membuatnya dapat lebih menggugah selera. Beberapa produk cokelat hitam yang dapat Anda gunakan untuk membuat praline adalah Embassy Continental Blend untuk cokelat couverture dan Tulip Dark Compound Chocolate untuk cokelat compound.

Baca juga: 9 Jenis Coklat dan Fungsinya

2. Milk Chocolate

Milk chocolate, atau cokelat susu, adalah jenis cokelat yang memiliki rasa susu. Kandungan kakao yang ada di dalam cokelat susu memang tidak sebesar cokelat hitam, tetapi cokelat susu memiliki rasa yang lebih manis dan tekstur yang lebih creamy. Jika tidak begitu menyukai rasa cokelat yang pekat, cokelat susu merupakan pilihan terbaik untuk membuat praline.

Warna yang dihasilkan oleh cokelat susu lebih cerah daripada cokelat hitam, tetapi akan tetap terlihat mengilap jika menggunakan cokelat couverture. Jika ingin membuat praline menggunakan cokelat susu, Anda dapat menggunakan Embassy Azalea untuk cokelat couverture dan Tulip Milk Compound Chocolate untuk cokelat compound.

3. White Chocolate

White chocolate, atau cokelat putih, adalah jenis cokelat yang memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang lebih creamy dari jenis cokelat lainnya. Kandungan kakao yang ada di dalam cokelat putih sangat kecil, biasanya hanya terdapat melalui lemak kakao (pada cokelat couverture), dan bahkan cokelat compound putih tidak memiliki kandungan kakao sama sekali.

Cokelat putih akan menghasilkan warna putih yang agak pucat, seperti warna gading. Jika Anda menggunakan cokelat couverture, Anda juga bisa menghasilkan tampilan yang mengilap. Beberapa produk cokelat putih yang dapat Anda gunakan untuk membuat praline adalah Embassy Zen untuk cokelat couverture dan Tulip White Compound untuk cokelat compound.

4. Strawberry Chocolate

Seperti namanya, strawberry chocolate adalah jenis cokelat yang mengandung dan memiliki rasa stroberi di dalamnya. Biasanya Anda memang hanya akan menemukan cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, sekarang Anda sudah dapat menemukan cokelat stroberi.

Apabila Anda ingin membuat praline dengan rasa buah-buahan yang lebih pekat, cokelat stroberi sangat cocok untuk Anda gunakan. Cokelat stroberi akan menghasilkan warna merah muda atau pink yang akan terlihat sangat lucu. Salah satu produk cokelat stroberi yang dapat Anda gunakan untuk membuat praline adalah Tulip Strawberry Flavoured Compound.

Baca juga: Cara Membuat Cokelat Ganache Sederhana dan Mudah

Cara Membuat Cokelat Praline yang Enak dan Lezat

Apabila Anda tertarik untuk membuat cokelat praline menggunakan salah satu jenis cokelat di atas, kami memiliki resep yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Pertama-tama Anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, antara lain:

Setelah bahan-bahan telah disiapkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya!

  1. Untuk shell:
    1. Lelehkan Tulip Milk Compound Chocolate menggunakan teknik au bain marie atau menggunakan microwave. Pastikan suhunya mencapai 37 derajat Celcius.
    2. Buat base berbentuk bulat dari adonan cokelat menggunakan silicon mold.
  2. Untuk filling:
    1. Kocok mentega menggunakan beater hingga lembut.
    2. Tambahkan Tulip Hazel Delight dan kocok lagi hingga tercampur rata dan lembut.
    3. Ganti beater dengan whisk, lalu aduk adonan filling hingga mengembang.
  3. Proses assemble:
    1. Pipe sedikit adonan cokelat ke bagian base dan tempelkan kacang hazelnut.
    2. Pipe adonan filling menggunakan nozzle untuk menutupi kacang hazelnut.
    3. Dinginkan praline dalam kulkas selama kurang lebih selama 15 menit.
    4. Setelah dingin, celupkan praline ke dalam adonan cokelat.
    5. Drizzle dengan Tulip Milk Compound Chocolate dan Tulip White Compound yang sudah dilelehkan.

Ta-da! Sekarang cokelat praline sudah dapat Anda sajikan. Jika Anda membutuhkan arahan untuk melelehkan cokelat dengan benar, pastikan untuk melihat video berikut ini: 5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar.

Apabila Anda ingin membeli produk cokelat untuk membuat praline, langsung saja kunjungi KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai jenis cokelat yang dapat Anda gunakan, mulai dari cokelat hitam, cokelat susu, cokelat putih, hingga cokelat stroberi. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk kami, kunjungi kami di sini!