Mudah, Ikuti Cara Membuat Garnish Dari Coklat

Mudah, Ikuti Cara Membuat Garnish Dari Coklat

Cara membuat garnish dari cokelat tidaklah sulit mudah, bila Anda mengetahui tipsnya. Melalui artikel ini, KioskCokelat akan membagikan tips untuk membuat garnish cokelat dengan mudah.

Cara membuat garnish dari cokelat sangatlah mudah, bila Anda mengetahui tipsnya. Oleh karena itu, melalui artikel ini, KioskCokelat akan membagikan tips untuk membuat garnish cokelat dengan mudah.

Mengenal Apa Itu Garnish Cokelat

apa itu garnish cokelat

Sebelumnya, mari mengenal apa itu chocolate garnish atau garnish cokelat. Garnish adalah benda atau bahan yang digunakan sebagai hiasan dari sebuah kreasi makanan atau minuman. Tujuan utama penggunaan garnish adalah supaya tampilan sebuah hidangan menjadi lebih menarik atau cantik. Namun, selain itu garnish juga dapat digunakan untuk meningkatkan cita rasa hidangan tersebut dan membuatnya menjadi lebih enak.

Sesuai namanya, garnish cokelat merupakan hiasan makanan atau minuman yang terbuat dari cokelat. Biasanya, garnish cokelat paling sering digunakan untuk menghias kue tart, cake, dan berbagai dessert lainnya.

Baca juga: Apa Itu Cokelat Compound?

Jenis Cokelat yang Cocok untuk Membuat Garnish

Dalam pembuatan garnish ini, Anda dapat menggunakan Tulip White Decor Compound yang lebih mudah untuk dilelehkan, dibentuk, dan juga dikreasikan sebagai garnish jika dibandingkan dengan jenis cokelat couverture. Tidak hanya demkian, varian cokelat putih ini juga dapat diberikan pewarna dan perisa agar tampilan dan cita rasanya menjadi semakin menarik.

Silakan simak cara pembuatan garnish dari cokelat di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Garnish dari Cokelat?

membuat garnish

Untuk membuat cokelat garnish, Anda bisa langsung mengikuti panduan yang telah kami siapkan berikut, yaitu:

1. Melelehkan Cokelat

Tahap pertama dalam membuat cokelat garnish adalah dengan melelehkan Tulip White Decor Compound terlebih dahulu. Mengapa? Karena cokelat leleh lebih mudah untuk dibentuk menjadi berbagai hiasan yang bervariasi dan menarik.

Anda dapat menggunakan 2 metode untuk melelehkan cokelat yaitu dengan menggunakan microwave atau teknik au-bain marie.

Sebelum kami menjelaskan bagaimana cara melelehkan cokelat dengan menggunakan 2 metode tersebut, potong Tulip White Decor Compound batangan hingga kecil sehingga lebih cepat dilelehkan. Selanjutnya, silakan pilih salah satu dari kedua metode berikut ini:

Menggunakan Microwave

Melelehkan cokelat dengan menggunakan microwave sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukkan cokelat ke dalam mangkuk tahan panas. Kemudian, letakkan mangkuk tadi microwave selama 10 detik dengan suhu yang maksimal, keluarkan lalu aduk-aduk cokelat, kemudian masukkan kembali ke dalam microwave. Ulangi tahapan tersebut hingga cokelat meleleh dengan sempurna.

Kunci untuk melelehkan cokelat dengan sempurna adalah proses pengadukannya. Apstikan Anda mengaduk cokelat setiap Anda hendak memasukkannya ke dalam microwave lagi sehingga lelehan cokelat memiliki tekstur yang cair sempurna.

Banyak orang yang hanya mendiamkan cokelat di dalam microwave tanpa diaduk dan hal tersebut akan membuat cokelat tidak meleleh dengan total dan Anda bisa menemukan gumpalan-gumpalan cokelat.

Menggunakan Teknik Au-Bain Marie

Selain microwave, ada juga teknik au-bain marie atau yang bisa disebut juga dengan teknik double boiler. Cara melelehkan cokelat dengan teknik ini adalah dengan menempatkan mangkuk di atas air panas.

Tuangkan cokelat ke dalam mangkuk berukuran besar, lebih besar daripada ukuran panci untuk memanaskan air di bawahnya. Hal ini untuk mencegah air masuk ke dalam lelehan cokelat.

Tentu saja, di dalam penggunaan teknik au-bain marie ini, Anda harus mengaduk-aduk cokelat dengan spatula agar dapat meleleh sempurna dan tidak menggumpal. Selain itu, perhatikan juga penggunaan api untuk memanaskan air. Anda hanya perlu menyalakan api kecil untuk mencegah air meluap karena mendidih.

Baca juga: Ragam Kreasi Coklat Batang untuk Dijual di Toko Anda

2. Mencetak Cokelat

Setelah melalui proses pelelehan cokelat, tahapan selanjutnya adalah mencetak cokelat. Anda dapat menyediakan kertas yang biasa digunakan sebagai alas kue untuk mencetak cokelat.

Anda dapat mencetak cokelat menjadi lembaran yang tipis untuk kemudian dibentuk dengan menggunakan pisau. Cara lainnya untuk membuat garnish cokelat adalah dengan menggunakan penggilas adonan kue.

Anda dapat memasukkan adonan cokelat ke dalam plastik segitiga, lalu buat garis melingkar di atas penggilas adonan kue yang sudah dilapisi dengan kertas. Anda juga bisa melakukan cara ini di atas landasan yang datar untuk menghasilkan bentuk garnish yang berbeda.

3. Mendinginkan Cokelat

Cokelat yang dibentuk dapat didinginkan terlebih dahulu di tempat yang dingin atau Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas selama 5 menit. Pastikan cokelat sudah benar-benar keras sebelum dibentuk atau dikreasikan menjadi garnish.

Baca juga: Apa Perbedaan Ganache dan Glaze untuk Dekorasi Kue?

Mudah sekali bukan cara membuat garnish dari cokelat? Anda sekarang dapat membuat berbagai macam garnish dari cokelat dengan menggunakan panduan di atas.

Sebagai informasi penutup, kami ingin memberitahukan kepada Anda bahwa ada berbagai macam produk cokelat material lainnya yang dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis kuliner Anda. Silakan kunjungi halaman produk KioskCokelat atau hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.