CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Cara Melelehkan Cokelat Compound

2 Cara Melelehkan Cokelat Compound

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara melelehkan coklat compound dengan benar. Padahal, proses penggunaan cokelat compound ini tinggal dilelehkan saja, tidak perlu melalui proses tempering terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara meleleh coklat compound dengan baik dan benar.

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai cara melelehkan coklat compound dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda memahami apa itu cokelat compound terlebih dahulu. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cokelat Compound?

cokelat compound

Cokelat compound merupakan salah satu jenis 'cokelat' yang paling umum digunakan di dalam industri makanan. Cokelat compound ini memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya. Selain itu, cokelat compound juga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari sebagai bahan baku pembuatan makanan hingga untuk dekorasi.

Cokelat compound sendiri dibuat sebagai alternatif yang lebih murah dari cokelat couverture yang merupakan cokelat asli dan memiliki harga yang relatif lebih mahal. Dapat dibilang, cokelat compound adalah cokelat imitasi yang dibuat agar cokelat dapat dijangkau oleh berbagai macam kalangan.

Berbeda dengan cokelat couverture yang mengandung cocoa butter di dalamnya, cokelat compound tidak mengandung cocoa butter sama sekali. Di dalam cokelat compound, fungsi dari cocoa butter digantikan oleh lemak nabati lain, seperti minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Cocoa butter ini memang merupakan bahan yang harganya relatif mahal, dan salah satu bahan utama dalam pembuatan cokelat asli.

Walaupun hanya cokelat imitasi, tetapi cokelat compound juga masih mengandung bubuk kakao di dalamnya. Sama seperti cokelat couverture, cokelat compound juga tersedia dalam beragam persentase kandungan kakao di dalamnya. Selain itu, cokelat compound tersedia dalam berbagai macam varian, seperti hitam, susu, dan putih. Namun, walaupun masih termasuk ke dalam cokelat compound, tetapi cokelat compound putih tidak mengandung kakao di dalamnya.

2 Cara Melelehkan Cokelat Compound

melelehkan cokelat

Ada dua cara yang dapat Anda coba untuk melelehkan cokelat compound dengan baik dan benar, yaitu menggunakan teknik au-bain marie dan menggunakan microwave. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Menggunakan Teknik Au-Bain Marie

Cara menggunakan teknik au-bain marie untuk melelehkan cokelat compound adalah dengan meletakkan potongan-potongan cokelat di dalam sebuah wadah besar, lalu wadah tersebut diletakkan di atas wadah yang lebih kecil dan sudah diisi dengan air yang telah dipanaskan, agar uap yang tercipta tidak masuk ke dalam adonan cokelat.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melelehkan cokelat compound menggunakan teknik au bain marie dengan benar:

  1. Potong cokelat menjadi potongan-potongan yang sangat kecil untuk mempercepat proses pencairan.
  2. Gunakan wadah berukuran besar untuk meletakkan potongan cokelat tersebut.
  3. Letakkan wadah berisi cokelat di atas panci yang berisi air panas. Perlu diingat, panci tersebut harus diisi oleh air panas, bukan air mendidih.
  4. Sementara dipanaskan, aduk adonan cokelat yang ada di wadah besar untuk mempercepat proses pelelehan atau pencairan.
  5. Setelah cokelat meleleh, angkat wadah cokelat dan usap bagian bawahnya agar air tidak masuk ke dalam adonan cokelat.

    Sekarang cokelat compound sudah meleleh dengan sempurna dan sudah siap digunakan untuk berbagai macam keperluan.

    Baca juga: Bagaimana Cara Melelehkan Cokelat Batangan yang Tepat?

    2. Menggunakan Microwave

    Tidak hanya menggunakan teknik au bain marie saja, Anda juga dapat melelehkan cokelat compound menggunakan microwave. Dengan cara ini, Anda bisa tetap mendapatkan cokelat compound dengan hasil leleh yang baik dan sempurna.

    Berikut ini adalah langkah-langkah melelehkan cokelat compound menggunakan microwave yang dapat Anda ikuti:

    1. Potong cokelat menjadi beberapa potongan yang sangat kecil agar proses pelelehan bisa lebih cepat.
    2. Simpan potongan cokelat di dalam sebuah wadah tahan microwave yang dapat menampung adonan cokelat yang meleleh, seperti mangkuk sereal atau mangkuk stainless steel.
    3. Panaskan cokelat di dalam microwave selama 30 detik. Lalu, cek dan keluarkan adonan cokelat dari microwave.
    4. Setelah dicek, aduk adonan cokelat tersebut.
    5. Letakkan kembali cokelat ke dalam microwave dan beri waktu selama 30 detik.
    6. Setelah itu, cek dan keluarkan kembali adonan cokelat dari microwave. Lalu, aduk kembali adonan cokelat tersebut sampai meleleh dengan sempurna.

      Apabila mengikuti langkah-langkah di atas, cokelat compound Anda pasti dapat meleleh dengan baik dan sempurna. Setelahnya, cokelat compound pun siap digunakan untuk berbagai macam keperluan.

      Untuk mendapatkan arahan secara visual mengenai cara melelehkan coklat compound dengan baik dan benar, Anda dapat mengunjungi video berikut ini: 5 Cara Melelehkan Cokelat A la Bain-marie & Microwave yang Baik dan Benar

      Anda juga dapat menelusuri saluran YouTube untuk mendapatkan lebih banyak video tentang cokelat. Ada banyak sekali video yang bisa ditemukan, mulai dari cara membuat kue dengan bahan cokelat hingga tips-tips cara mengolah cokelat. Jangan sampai kelewatan, ya!

      Tips Melelehkan Cokelat Compound Anti Gagal

      Selain mengenal dua metode melelehkan cokelat, yuk simak berbagai tips tambahan ini supaya cokelat lelehan yang dihasilkan sempurna:

      1. Pastikan cokelat batangan telah dipotong kecil-kecil agar proses pelelehan lebih cepat dan mudah.
      2. Terus aduk cokelat selama proses pelelehan agar tidak menggumpal ataupun hangus.
      3. Hindari memanaskan cokelat di atas kompor secara langsung. Apabila terkena api secara langsung, cokelat akan hangus.
      4. Pastikan coklat tidak terkena tetesan ataupun uap air karena dapat menghasilkan seized chocolate yang menggumpal dan kasar.
      5. Hindair menggunakan suhu api yang terlalu panas karena cokelat bisa meleleh dan bertekstur kasar.

      Baca juga: 3 Penggunaan Cokelat Batang Untuk Kue Kering

      Berbagai Macam Kegunaan Cokelat Compound

      kegunaan cokelat compound

      Cokelat compound ini dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan cokelat compound yang perlu Anda ketahui.

      1. Dekorasi

      Cokelat compound memiliki titik leleh yang cukup tinggi. Oleh karena itu, cokelat compound sangat cocok digunakan sebagai dekorasi, terutama dekorasi yang kompleks, karena dekorasi tersebut dapat bertahan lebih lama di suhu ruangan. Jadi, Anda tidak perlu segera memasukkan dekorasi tersebut ke lemari pendingin setelah dibuat.

      2. Sebagai Bahan Pembuatan Makanan

      Walaupun tidak memiliki kualitas yang sebaik cokelat couverture, tetapi cokelat compound juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan makanan. Pastikan saja Anda menggunakan cokelat compound dengan kualitas yang baik agar bisa mendapatkan rasa kecokelatan yang baik pula.

      Baca juga: Cara Membuat Cookies Cokelat Sebagai Menu Kafe

      Apabila membutuhkan cokelat compound untuk berbagai keperluan, baik itu untuk pribadi maupun bisnis, Anda dapat menemukannya di KioskCokelat.

      Selain cokelat compound, kami juga menyediakan berbagai macam jenis cokelat lain yang mungkin Anda butuhkan untuk bisnis kuliner yang sedang dijalankan saat ini. Hubungi kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan atau jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut.