CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Cara Membuat Coklat Cair agar Tidak Cepat Membeku

Cara Membuat Coklat Cair

Masih banyak orang belum mengetahui trik atau cara membuat coklat cair agar tidak membeku. Resep ini sebenarnya mudah dilakukan, tapi membutuhkan teknik tertentu supaya tekstur cokelatnya tidak mengeras saat dilelehkan. Selain itu, ada pula beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan karena membuat cokelat mudah membeku.


Cokelat cair dibutuhkan untuk menambah kelezatan dan keindahan sebuah hidangan. Kreasi cokelat ini dapat diolah menjadi dekorasi, contohnya garnish dengan berbagai bentuk. Tampilan cokelat leleh yang mencair sempurna justru meningkatkan daya tarik menu hidangan di mata pelanggan.

Cara Membuat Coklat Cair Agar Tidak Membeku

Tantangan terbesar dalam melelehkan cokelat adalah menjaga bentuknya agar tetap mencair. Selain itu, tampilan cokelat cair harus tetap mengilap sehingga terlihat menarik saat diaplikasikan sebagai topping atau filling hidangan. Anda membutuhkan teknik yang tepat dalam membuat cokelat cair supaya hasilnya sesuai ekspektasi tersebut.


Ada dua cara yang bisa Anda terapkan dalam melelehkan cokelat, yaitu menggunakan teknik Au-Bain Marie atau microwave. Ikuti panduan membuat cokelat cair yang sempurna di bawah ini.

1. Teknik Au-Bain Marie

Teknik ini dilakukan dengan memasak cokelat di dalam mangkuk yang diletakkan di atas panci air panas. Anda bisa menggunakan Tulip Cokelat Compound Hitam yang mudah dicairkan dan diolah ke dalam berbagai bentuk daripada cokelat couverture.


Pertama, potong cokelat compound kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Anda harus menggunakan mangkuk yang lebih besar daripada panci untuk memanaskan air. Tunggu air hingga panas tapi tidak mendidih, kemudian letakkan mangkuk berisi cokelat di atasnya.


Aduk bahan cokelatnya terus-menerus agar cepat mengencer. Setelah meleleh sempurna, lap bagian bawah mangkuknya supaya tidak ada air yang masuk ke dalam cokelat. Cokelat cair siap diaplikasikan sebagai perisa atau dekorasi hidangan Anda.

2. Menggunakan Microwave

Anda bisa menggunakan microwave untuk cara membuat cokelat cair yang lebih praktis. Meskipun lebih mudah, Anda tidak boleh lengah selama proses melelehkan cokelatnya.


Masukkan potongan cokelat ke dalam microwave, kemudian pasang timer selama 10 detik dan gunakan suhu maksimum. Keluarkan cokelat dan aduk hingga mulai mengental, setelahnya masukkan kembali ke microwave. Ulangi langkah ini sampai cokelat benar-benar meleleh sempurna.

Hindari Kesalahan Ini saat Membuat Cokelat Cair

Banyak orang melakukan beberapa kesalahan umum dalam mengencerkan cokelat. Akibatnya, hasil akhir cokelat leleh memiliki tekstur yang kasar dan hangus saat dimasak. Anda perlu menghindari beberapa kesalahan di bawah ini supaya cokelatnya mencair dengan sempurna.

1. Memotong Cokelat Terlalu Besar

Potongan cokelat yang terlalu besar dan menyerupai balok lebih susah meleleh daripada dipotong kecil-kecil. Akibatnya, cokelat lebih susah diaduk sehingga prosesnya memakan waktu yang lama.

2. Menggunakan Mangkuk Kecil

Jika menggunakan metode Au-Bain Marie, hindari menggunakan mangkuk yang lebih kecil daripada pancinya. Mangkuk berukuran kecil membuat air lebih mudah masuk ke dalam cokelat. Tetesan atau uap air yang masuk dapat merusak tekstur cokelat lelehnya.

3. Mendiamkan Cokelat selama Dimasak

Baik menggunakan metode Au-Bain Marie atau microwave, Anda tidak boleh membiarkan cokelat selama dimasak. Selalu aduk cokelatnya supaya meleleh sempurna dan tidak menyisakan potongan keras di dalamnya. Kesalahan ini cukup sering diabaikan, akibatnya tekstur cokelat jadi membeku.


Selain menerapkan cara membuat cokelat cair agar tidak membeku di atas, Anda perlu memperhatikan bahan cokelat yang digunakan. Dapatkan bahan cokelat berkualitas dari KioskCokelat agar tampilan dan rasa cokelat cairnya semakin sempurna. Silakan hubungi tim KioskCokelat jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami.