CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

5 Perbedaan Coklat Filling dan Glaze untuk Olahan Pastry

perbedaan coklat filling dan glaze

Sering kali, ketika berbicara tentang kue atau cokelat, kita mendengar istilah seperti "filling" dan "glaze". Tapi apa sebenarnya perbedaan cokelat filling dan gaze? Mari kita jelajahi perbedaan mendasar antara cokelat filling dan glaze


Secara sederhana, cokelatfilling adalah lapisan di dalam kue atau cokelat yang memberikan rasa tambahan dan tekstur, sementara glaze adalah lapisan tipis yang diterapkan di permukaan untuk memberikan kilauan dan tambahan rasa. Untuk itu, dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat lebih memahami cara mereka memengaruhi cita rasa dan penampilan dari berbagai hidangan kue dan cokelat.

Apa itu Cokelat Filling

Cokelat filling adalah atau isian di dalam kue, cokelat, atau makanan manis lainnya yang memberikan rasa tambahan dan tekstur. Biasanya terletak di tengah atau di dalam struktur makanan tersebut. Filling cokelat dapat beragam, mulai dari ganache yang lembut dan kaya, hingga selai buah cokelat yang manis dan segar. 


Filling cokelat sering digunakan untuk memberikan dimensi rasa yang lebih kompleks dan untuk menambah kelembutan atau kekentalan pada makanan, seperti dalam kue, truffle, atau bonbon. Melalui berbagai macam resep dan teknik, cokelat filling menjadi salah satu elemen kunci dalam menciptakan pengalaman rasa yang unik dan memuaskan dalam makanan manis.


Baca juga: 5 Rekomendasi Cokelat Filling yang Enak untuk Kreasi Anda

Apa itu Cokelat Glaze

Cokelat glaze adalah lapisan tipis cokelat yang diterapkan di permukaan makanan untuk memberikan kilauan dan tambahan rasa. Glaze cokelat umumnya terbuat dari cokelat yang dilelehkan bersama dengan mentega atau minyak untuk menciptakan tekstur yang halus dan mengkilap. 


Glaze ini dapat diterapkan pada berbagai jenis makanan, seperti kue, donat, atau pastry, untuk meningkatkan penampilan visual mereka dan menambahkan sentuhan cokelat yang lezat. Selain memberikan estetika yang menarik, glaze cokelat juga dapat memberikan sedikit tambahan rasa cokelat yang menyempurnakan pengalaman menyantap makanan tersebut.


Baca juga: Cara Membuat Glaze Topping Donat yang Mengilap

Apa Saja Perbedaan Coklat Filling dan Glaze

Perbedaan antara cokelat filling dan glaze cukup mencolok dalam fungsi, tekstur, dan cara penggunaannya.

1. Fungsi Utama

Cokelat filling berfungsi sebagai lapisan di dalam kue atau cokelat untuk memberikan dimensi tambahan dalam rasa dan tekstur. Filling ini sering kali menjadi titik fokus dalam sebuah kue, menambahkan kelembutan, kekentalan, atau bahkan rasa yang berbeda dari lapisan luar. 


Di sisi lain, cokelat glaze bertujuan untuk memberikan kilauan dan sedikit tambahan rasa cokelat pada permukaan makanan. Glaze ini menutupi makanan dengan lapisan tipis yang mengilap, menambahkan estetika visual yang menarik serta sedikit sentuhan manis yang menyempurnakan rasa.

2. Tekstur

Cokelat filling umumnya memiliki variasi tekstur yang berkisar dari kental hingga lembut, tergantung pada bahan-bahan yang digunakan. Sebagai contoh, ganache, salah satu jenis filling yang populer, terdiri dari campuran cokelat dan krim yang memberikan tekstur lembut dan kaya. 


Di sisi lain, cokelat glaze memiliki tekstur yang halus dan mengalir. Ini memungkinkan glaze untuk dengan mudah diterapkan dan membentuk lapisan tipis yang merata di permukaan makanan, memberikan tampilan yang menggoda dan mengkilap.

3. Cara Penggunaan

Ketika menggunakan cokelat filling, langkah pertama adalah menyiapkan makanan yang akan diisi dengan membuat tempat untuk cokelat filling, seperti membuat rongga di dalam kue atau pastry. Kemudian, cokelat filling diisi ke dalam rongga tersebut sebelum makanan tersebut dibungkus atau dihias lebih lanjut. 


Sebaliknya, cokelat glaze digunakan setelah makanan tersebut matang atau selesai dipanggang. Setelah makanan dingin, glaze cokelat dioleskan atau dituangkan secara merata di atas permukaan makanan. Proses ini memberikan penampilan akhir yang menggoda dan menambahkan sedikit sentuhan manis cokelat pada setiap gigitan.


Baca juga: Apa Perbedaan Ganache dan Glaze untuk Dekorasi Kue?

4. Konsistensi

Cokelat filling umumnya memiliki konsistensi yang lebih tebal dan kaya. Hal ini disebabkan oleh bahan-bahan seperti cokelat, krim, atau selai buah yang digunakan dalam pembuatannya. Konsistensi yang tebal memungkinkan filling untuk tetap berbentuk di dalam kue atau cokelat tanpa merembes keluar. 


Di sisi lain, cokelat glaze memiliki konsistensi yang lebih cair dan mengalir. Hal ini memungkinkan glaze untuk dioleskan atau dituangkan di atas permukaan makanan dengan mudah, membentuk lapisan tipis yang halus ketika mengering.

5. Fungsi Estetika 

Cokelat filling sering kali digunakan untuk memberikan kejutan di dalam kue atau cokelat, menambah dimensi visual dan rasa yang berbeda. Selain itu, filling juga bisa menjadi elemen dekoratif ketika muncul di permukaan makanan, seperti membingkai cokelat atau menambahkan lapisan di antara lapisan kue. 


Di sisi lain, cokelat glaze utamanya berfungsi untuk meningkatkan penampilan visual makanan. Glaze dapat memberikan efek glossy yang mengundang selera dan membuat makanan terlihat lebih menarik, dengan memberikan lapisan mengkilap di permukaan kue, donat, atau pastry.


Baca juga: 7 Jenis Cokelat dalam Pastry dan Kue yang Harus Diketahui


Mengetahui perbedaan antara cokelat filling dan glaze sangat penting bagi siapa saja yang ingin menciptakan kue atau pastry dengan rasa dan penampilan yang sempurna. 


Cokelat filling memberikan rasa kaya dan tekstur lembut di dalam makanan, menambah dimensi dan kejutan dalam setiap gigitan. Sementara itu, cokelat glaze memberikan sentuhan akhir yang mengkilap dan menarik, menambah daya tarik visual yang mengundang selera.


Bagi Anda yang sedang mencari produk cokelat filling berkualitas, kami merekomendasikan Tulip Master Filling dari Kiosk Cokelat. Produk andalan ini hadir dengan kemasan 5 kilogram dan memiliki aroma cokelat yang harum. Sangat mudah diolah sebagai isi roti cokelat atau kue, Tulip Master Filling tersedia dalam dua rasa yang lezat, yaitu Chocolate dan Mochaccino.


Karena, dengan menggunakan Tulip Master Filling, Anda bisa memastikan bahwa setiap kue dan pastry yang Anda buat tidak hanya enak, tetapi juga memikat. Kunjungi Kiosk Cokelat sekarang juga dan temukan berbagai produk cokelat berkualitas untuk memenuhi semua kebutuhan baking dan pastry Anda!