CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

2 Cara Membuat Krim Coklat dengan Mudah

krim cokelat

Krim cokelat atau yang bisa juga disebut dengan cokelat ganache sering digunakan sebagai bahan pelapis kue. Namun, tahukah Anda bagaimana cara membuat krim cokelat yang tepat dan lezat?

Krim cokelat dapat memengaruhi cita rasa dari setiap kue yang Anda buat, apalagi jika kue tersebut merupakan produk yang dijual dalam bisnis kue Anda. Anda tentu saja ingin menyajikan kue dengan kualitas rasa yang baik kepada pelanggan, bukan?

Oleh karena itu, melalui artikel ini, KioskCokelat ingin membagikan beberapa tips kepada Anda mengenai cara pembuatan krim cokelat yang mudah dengan menggunakan 4 bahan saja. Selain itu, kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk cokelat material yang mungkin dibutuhkan dalam bisnis kue Anda.

Bagaimana Cara Membuat Krim Cokelat?

Dalam membuat krim cokelat, ada 2 cara yang dapat Anda gunakan yaitu cara panas dan cara dingin. Kedua cara ini membutuhkan bahan yang sama, yaitu:

  • Dairy Cream
      • Glukosa
      • Mentega

    Cokelat Compound Hitam Tulip harus dicincang atau dipotong-potong hingga kecil terlebih dahulu sebelum kita memasuki proses pembuatan krim cokelat. Jika cokelat sudah dipotong, maka Anda bisa langsung memilih salah satu dari kedua cara di bawah ini:

    1. Cara Panas

    Berikut panduan untuk membuat krim cokelat dengan cara panas:

    1. Siapkan sebuah panci dan tuangkan dairy cream ke dalamnya. Panaskan di atas kompor dengan suhu 90oC.
    2. Tuang dairy cream ke dalam mangkuk yang sudah berisikan cokelat yang telah dipotong-potong sebelumnya. Aduk hingga cokelat meleleh dengan sempurna.
    3. Selanjutnya, tambahkan glukosa ke dalam adonan krim cokelat. Anda dapat menggunakan hand blender untuk mengaduk adonan krim cokelat.
    4. Terakhir, masukkan mentega dan aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur rata.
    5. Diamkan krim cokelat sekitar 15 hingga 20 menit sebelum Anda menggunakannya sebagai pelapis kue.

    Baca juga: Aneka Olahan Cokelat Untuk Dijual

      2. Cara Dingin

      Selain cara panas, ada juga cara dingin untuk membuat krim cokelat. Cara pembuatannya hampir mirip, yaitu sebagai berikut:

      1. Lelehkan cokelat yang sudah dipotong dengan menggunakan microwave. Anda juga bisa melelehkan cokelat dengan teknik au-bain marie atau yang biasa juga disebut dengan teknik double boiler (melelehkan cokelat di atas air panas).
      2. Panaskan dairy cream di atas kompor dengan suhu 40oC.
      3. Campurkan kedua cairan (dairy cream dan cokelat leleh) lalu aduk hingga keduanya menyatu dengan sempurna.
      4. Tambahkan glukosa, lalu mentega, aduk dengan menggunakan hand blender hingga semua bahan tercampur dengan rata.
      5. Krim cokelat siap untuk digunakan.

      Baca juga: 2 Cara Pembuatan Cokelat Praline dan Resepnya

      Apa Saja Rekomendasi Produk KioskCokelat untuk Membuat Krim Cokelat?

      Selain Cokelat Compound Hitam Tulip, ada juga berbagai pilihan cokelat lainnya dari KioskCokelat yang dapat menjadi rekomendasi untuk Anda. Inilah beberapa rekomendasi produk pilihan dari kami, yaitu:

    1. Cokelat Compound Susu Tulip: Jika ingin mendapatkan krim cokelat yang lebih manis dan creamy, Anda dapat menggunakan Cokelat Compound Susu Tulip yang memiliki kandungan susu di dalamnya.
    2. Cokelat Compound Hitam Master Baker Tulip: Jenis cokelat ini hampir mirip dengan Cokelat Compound Hitam Tulip Biasa. Hanya saja, penggunaan cokelat ini dapat dikhususkan untuk krim cokelat yang akan digunakan sebagai isian dari roti atau pastry.
    3. Itulah beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda coba untuk membuat krim cokelat. Anda dapat melihat berbagai cokelat material lainnya melalui website KioskCokelat.

      KioskCokelat menjual berbagai bahan material cokelat mulai dari cokelat compound, cokelat couverture, chocolate chips, dan masih banyak lagi. Seluruh produk kami dikhususkan bagi para pemilik bisnis kue dan roti, termasuk Anda. Jadi, hubungi kami sekarang juga dan sekian informasi mengenai cara membuat krim cokelat dengan mudah.