CASHBACK Dapatkan store credit* selengkapnya

DISKON ONGKIR Pembelian min 5kg* selengkapnya

KARTON DISKON hingga 3% off. selengkapnya

Ikuti Cara Membuat Coklat Hias yang Mudah

Ikuti Cara Membuat Coklat Hias yang Mudah

Sebagai seseorang yang bekerja di dunia kuliner, terutama di bidang bakery, maka Anda harus mengetahui cara membuat cokelat hias yang unik dan menarik. Jika Anda sedang bingung dan membutuhkan ide kreasi, tenang saja karena KioskCokelat akan membantu Anda!

Hanya dengan bermodalkan Tulip Chocolate Compound yang bisa Anda dapatkan di KioskCokelat dengan mudah, Anda sudah dapat membuat berbagai kreasi cokelat hias yang mampu mempercantik dan memperindah kue buatan Anda.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak artikel di bawah ini dengan saksama!

Apa Itu Cokelat Hias?

cokelat hias

Cokelat hias adalah kreasi cokelat yang biasanya digunakna untuk menghias atau mendekorasi berbagai kreasi kue, cake, dan dessert. Coklat hias dapat dibuat dengan berbagai jenis cokelat, seperti cokelat compound, cokelat couverture, bubuk kakao, cokelat batangan, dan sebagainya.

Beberapa jenis cokelat hias mencakup:

  • Cokelat cair yang dicetak dan di bentuk
  • Chocolate ganache, glaze, frosting, dan cream
  • Cokelat serut

Baca juga: 3 Inspirasi Bentuk Cokelat Valentine yang Cantik dan Menarik

Cara Membuat Cokelat Hias Seperti Pohon

Jika Anda ingin membuat dekorasi cokelat hias yang berbentuk pohon, atau Chocolate Tree, untuk menghias kue Anda atau mungkin hanya ingin dipajang sebagai hiasan pada bakery Anda, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Bahan serta alat yang dibutuhkan untuk membuat cokelat hias ini pun terbilang mudah dicari dan biasanya sudah dimiliki setiap baker. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan Chocolate Tree ini, pertama-tama Anda harus menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang ada di bawah ini:

  • Raspberry
  • Tulip Dark Chocolate Compound
  • Dekorasi bunga dan daun
  • Chocolate chantilly cream
  • Financier
  • Es batu
  • Mangkuk besar
  • Piping bag

Pastikan semua bahan dan alat yang disebutkan di atas Anda siapkan dengan baik, ya.

Cara Membuat

Jika semua bahan-bahan dan alat-alat sudah disiapkan, maka selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini untuk membuat Chocolate Tree:

  1. Lelehkan Tulip Dark Chocolate Compound dan chocolate chantilly cream
  2. Masukkan cokelat yang sudah meleleh ke dalam piping bag
  3. Masukkan es batu ke dalam mangkuk besar
  4. Tuang cokelat di atas es batu yang ada di dalam mangkuk besar menggunakan piping bag, pastikan bentuknya seperti batang pohon
  5. Pastikan apakah cokelat tersebut sudah membeku atau belum, jika sudah membeku maka Anda bisa mengangkatnya untuk mengganti posisinya
  6. Tambahkan lagi cokelat ke dalam batang pohon yang sudah dibuat untuk membentuk batang serta ranting-ranting pohon lainnya, guna memberikan efek 3 dimensi
  7. Jika cokelat tersebut sudah membeku angkat cokelat tersebut
  8. Mulai hias cokelat yang sudah berbentuk pohon tersebut dengan dekorasi daun di beberapa bagian rantingnya
  9. Untuk melengkapi Chocolate Tree tersebut, Anda dapat menambahkan beberapa dekorasi dan dessert sederhana lainnya

    Ta-da! Chocolate Tree pun sudah siap disajikan. Anda dapat memajangnya di dalam pendingin yang memiliki pintu kaca agar dapat terlihat, atau bahkan Anda juga dapat menyajikan cokelat hias ini sebagai salah satu menu yang bisa dipilih oleh pelanggan.

    Nah, jika Anda merasa cara membuat yang sudah disampaikan di atas masih kurang jelas, Anda dapat melihat video ini: Dekorasi Spesial Tulip: Chocolate Tree

    Tidak hanya Chocolate Tree itu saja lho, masih ada banyak cara membuat dekorasi cokelat lainnya yang bisa Anda lihat. Kunjungi saja channel YouTube tersebut dan lihat koleksi videonya, ya!

    Baca juga: Cara Membuat Filling Cokelat Lumer untuk Roti

    Dapatkan Cokelat Berkualitas Tinggi di KioskCokelat

    Jika Anda sedang mencari bahan cokelat untuk bisnis makanan, baik itu bakery, kafe, atau restoran, yang sedang Anda jalankan, maka Anda dapat coba mencarinya di KioskCokelat.

    KioskCokelat menyediakan berbagai produk cokelat untuk bisnis makanan Anda, mulai dari Cokelat Compound, Cokelat Filling, Cokelat Couverture, dan masih banyak jenis cokelat lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk kami, Anda dapat klik di sini.

    Semoga cara membuat cokelat hias Chocolate Tree yang kami sampaikan pada artikel ini dapat dengan mudah dipahami dan dapat membantu bisnis makanan Anda, ya!