Ada Berapa Jenis Coklat Compound?

Ada Berapa Jenis Coklat Compound?

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis cokelat compound yang dapat digunakan untuk membuat berbagai olahan cokelat? Jika Anda ingin mencoba membuat olahan cokelat dengan cara yang mudah, berbagai jenis cokelat compound bisa menjadi alternatif cara membuat olahan cokelat yang enak.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis cokelat compound yang dapat digunakan untuk membuat berbagai olahan cokelat? Jika Anda ingin mencoba membuat olahan cokelat dengan cara yang mudah, berbagai jenis cokelat compound bisa menjadi alternatif cara membuat olahan cokelat yang enak.

Lantas, ada apa saja sih jenis cokelat compound yang dapat digunakan untuk membuat berbagai olahan cokelat? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah inI!

Apa itu Cokelat Compound?

apa itu cokelat compound

Cokelat compound adalah cokelat blok yang memiliki kandungan lemak cokelat atau kakao di dalam komposisinya. Sebagai penggantinya, biasanya cokelat compound mengandung lemak nabati lainnya.

Hal ini membuat cokelat akan lebih mudah meleleh dan dibentuk tanpa harus melalui proses tempering terlebih dahulu. Oleh karena itu, banyak orang yang sering menggunakan berbagai jenis cokelat compound karena lebih mudah digunakan.

Apa Bedanya Cokelat Couverture dan Compound?

Selain cokelat compound, sebenarnya ada satu jenis cokelat lain berdasarkan kandungannya, yakni cokelat couverture. Mari mengenal terlebih dahulu apa saja perbedaan cokelat couverture dan compound.

1. Persentase Cocoa Butter

Perbedaan terbesar antara cokelat compound dan cokelat couverture adalah kandungan cocoa butter atau lemak cokelatnya. Cokelat couverture seringkali disebut sebagai cokelat asli karena terbuat dari campuran cocoa mass dan cocoa butter asli. Jenis cokelat ini memiliki persentase cocoa butter yang tinggi di dalamnya.

Di sisi lain, cokelat compound biasanya mengandung lebih sedikit cocoa butter dibanding cokelat couverture. Sebagai gantinya, cokelat compound biasanya mengandung lemak nabati lain. Lemak nabati yang digunakan dapat berasal dari minyak kelapa sawit, shea butter, dan sebagainya.

Baca juga: Kegunaan Cokelat Compound di Industri Makanan

2. Karakteristik Cokelat

Karakteristik cokelat compound dan couverture pun berbeda karena perbedaan komposisi dan persentase kandungan cocoa butter di dalamnya. Karena kandungan persentase cocoa butter yang tinggi, cokelat couverture memiliki sifat yang tidak mudah meleleh saat disimpan di suhu ruang namun tetap lembut dan lumer di mulut. Tampilan couverture pun lebih mengilap dan mengeluarkan suara snap saat dipatahkan.

Di sisi lain, cokelat compound juga dipengaruhi kandungan lemak yang dimiliki. Sifat cokelat compound tergantung pada produk lemak nabati yang digunakan. Tetapi biasanya, cokelat compound tidak mudah meleleh pada suhu ruang tetapi teksturnya sedikit berbeda dengan cokelat couverture. Penampilannya pun tidak se-glossy cokelat couverture dan tidak memiliki snap saat dipatahkan.

3. Penanganan

Perbedaan terbesar antara kedua jenis cokelat ini adalah cara penanganannya. Cokelat couverture cenderung lebih sulit untuk ditangani oleh pemula karena harus melalui proses tempering. Hal ini dikarenakan kandungan cocoa butter cokelat jenis ini perlu distabilkan terlebih dahulu.

Sebaliknya, penanganan cokelat compound jauh lebih mudah karena bisa langsung dilelehkan dan digunakan untuk membuat beragam kreasi tanpa perlu penanganan khusus. Oleh sebab itu, cokelat compound bisa dijadikan pilihan baik untuk Anda yang baru mulai mengolah cokelat.

4. Harga

Perbedaan terakhir terletak pada harga. Karena kandungan cocoa butter dan cocoa mass yang tingg, harga cokelat couverture relatif lebih mahal dibanding cokelat compound. Di sisi lain, harga cokelat compound lebih terjangkau. Jadi, jangan heran kalau pecinta cokelat gemar membeli cokelat compound.

Tidak hanya demikian, karena perbedaan harganya, cokelat compound juga cocok dijadikan bahan dasar pembuat berbagai kreasi dessert untuk bisnis kecil. Perbedaan harga ini dapat membantu menekan biaya produksi tanpa mengurangi cita rasa.

3 Jenis Cokelat Compound

jenis rasa cokelat compound

Dilihat dari rasanya, cokelat compound sendiri memiliki 3 jenis yaitu: dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Cokelat compound ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan permen cokelat dan aneka jenis kue. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Dark Chocolate

Jenis cokelat compound yang pertama adalah dark chocolate, yang merupakan cokelat yang terbuat dari cocoa powder dan diolah tanpa menambahkan susu. Dark chocolate memiliki tekstur yang lebih padat serta aroma kakao yang lebih kuat dibandingkan dengan kedua jenis cokelat compound lainnya.

Tidak adanya tambahan susu pada komposisinya membuat dark chocolate memiliki tekstur yang lebih kering dan berkapur jika dibandingkan jenis cokelat compound lainnya. Selain itu, dark chocolate juga memiliki rasa yang cokelat yang lebih pekat dan relatif lebih pahit ketimbang varian rasa lain.

Jenis cokelat compound ini biasanya perlu diiris tipis kemudian dilele dan diolah kembali untuk digunakan sebagai tambahan adonan kue atau roti.

2. Milk Chocolate

Sesuai dengan namanya, milk chocolate adalah jenis cokelat compound yang memiliki tambahan kandungan susu di dalam komposisinya. Jika dibandingkan dengan dark chocolate, rasa dari milk chocolate ini lebih creamy karena kandungan susunya. Wajar jika untuk konsumsi langsung, orang-orang lebih banyak menyukai jenis cokelat compound yang satu ini.

Selain rasanya yang lebih manis, tekstur dari milk chocolate juga lebih halus jika dibandingkan dengan dark chocolateMilk chocolate lebih rentan terhadap panas berlebih atau overheating yang akhirnya membuat cokelat gosong.

3. White Chocolate

Berbeda dengan kedua jenis cokelat compound di atas, white chocolate ini sebenarnya tidak mengandung kandungan kakao sama sekali di dalam komposisinya. Hal tersebut juga yang menyebabkan jenis cokelat compound ini memiliki warna putih seperti gading pucat.

Dari segi rasa, white chocolate ini tidak memiliki rasa cokelat sama sekali seperti dark chocolate dan milk chocolate, melainkan malah terasa seperti vanila atau bahan lain yang dimasukkan ke dalam komposisinya. Banyak orang yang bahkan menyebut jenis cokelat compound ini bukan termasuk ke dalam cokelat.

Bagaimana Cara Mendapatkan Cokelat Compound?

Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis yang bergerak di bidang kuliner, Anda pasti membutuhkan bahan dasar seperti cokelat untuk berbagai menu yang disediakan. Cokelat compound merupakan salah satu jenis cokelat yang paling banyak digunakan untuk berbagai olahan makanan, baik itu untuk kue maupun untuk roti.

Untuk mendapatkan cokelat compound dengan kualitas terbaik untuk bisnis makanan, Anda bisa menemukannya di KioskCokelat. Kami menyediakan berbagai jenis cokelat compound yang dapat Anda gunakan untuk berbagai olahan kue dan roti. Yuk berikan pelanggan Anda olahan cokelat dengan kualitas terbaik dari KioskCokelat!